Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFungsi VPN untuk Android, Salah Satunya Amankan Data Pribadi

Fungsi VPN untuk Android, Salah Satunya Amankan Data Pribadi

Fungsi VPN untuk android sama seperti perangkat lainnya. Virtual Private Network merupakan sebuah layanan yang mana penggunanya secara pribadi dapat mengakses situs lewat server jaringan lainnya.

Hal tersebut dapat diartikan VPN ini bisa menghubungkan handphone atau komputer ke perangkat lainnya pada tempat yang berbeda.

Layanan VPN juga akan membuat penggunanya bisa mengakses situs dengan alamat IP yang baru secara anonim.

Bahkan VPN dapat Anda gunakan dalam berbagai platform, salah satunya smartphone Android. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasannya mengenai fungsi VPN.

Kenali Fungsi VPN untuk Android

Baca Juga : Penggunaan Aplikasi Android di Windows 11 Praktis Tanpa Perlu Emulator

Awal Penggunaan VPN

Awalnya VPN ini merupakan sebuah alat untuk mengamankan koneksi jaringan antar gedung perkantoran, dan jaringan kantor ini dapat Anda gunakan dari rumah maupun tempat lain.

Namun, sekarang ini masyarakat umum juga sudah banyak yang menggunakan VPN. Tujuannya agar mendapatkan koneksi jaringan ke internet secara pribadi yang aman, serta mampu mengakses secara remote pada suatu jaringan.

Baik secara umum maupun pribadi VPN akan memberikan kemudahan penggunanya untuk akses ke website. Caranya dengan mengubah jaringan atau jalur koneksi lewat server serta menyembunyikan adanya pertukaran data.

Contohnya, ketika pengguna mengakses situs milik negara lain. Maka hal tersebut akan membuat penggunanya masuk ke dalam situs luar negeri menggunakan IP yang berbeda.

Baca Juga : Aplikasi Concept For Android, Ini Pilihan Terbaiknya!

Dengan begitu pengguna bisa mengakses situs tetapi tidak dapat akses dari negara sendiri tanpa VPN.

Fungsi VPN untuk Android salah satunya melindungi saat Anda melakukan pertukaran data dari WiFi atau melalui jaringan yang tidak bisa dipercaya.

Hal ini akan membantu Anda saat pertukaran data menggunakan jaringan dalam ruang publik seperti bar, cafe, dan sejenisnya.

Mengamankan Informasi Pribadi Secara Anonim

Fungsi VPN untuk Android juga bisa menyembunyikan tempat Anda secara nyata atau real time dan langsung.

Baca Juga : Aplikasi Detektor AirTags Android dari Apple, Ketahui Cara Kerjanya!

Sehingga tidak bisa sembarang orang dapat mengetahui keberadaan Anda ketika melakukan akses. Lokasi yang terdeteksi biasanya tempat server VPN dimana Anda berada.

ByPass

Selain itu, VPN juga bisa membuat Anda melewati batasan geografi pada situs video atau streaming.

Data Dienkripsi

Fungsi VPN untuk Android yang selanjutnya yaitu data dienkripsi saat Anda melakukan proses pertukaran data dengan situs aplikasi online.

Jadi, meskipun ada seseorang yang melihat apa yang komputer kirim, mereka hanya lihat informasi yang telah terenkripsi. Bukan data mentahnya saja.

Enkripsi Informasi Perangkat

Dengan menggunakan VPN maka seseorang tidak akan mudah untuk mengidentifikasi perangkat apa yang Anda pakai, atau apa yang sedang Anda lakukan. (R3/HR-Online/Editor-Eva)