Jumat, Januari 21, 2022
BerandaBerita TerbaruGanti System UI Android Membuat Tampilan Menarik dan Keren

Ganti System UI Android Membuat Tampilan Menarik dan Keren

Ganti system UI Android tidak bisa dilakukan begitu saja. System UI mungkin sudah banyak terdengar di telinga masyarakat yang telah menggunakan ponsel Android.

Sistem UI ialah desain tampilan suatu perangkat Android. Desain dari sistem yang satu ini dapat berupa gambar tombol, menu, ikon, dan masih banyak lainnya.

Semua yang berkaitan dengan penampilan antar muka perangkat Android Anda. Sistem UI Android memiliki peran yang cukup penting.

Karena itulah saat peran penting tersebut sedang bermasalah, sebaiknya mencoba untuk mengatasinya dengan cara update sistem UI Android.

Apalagi bagi Anda yang memiliki hobi otak-atik Android, bisa menambahkan tampilan antarmuka pengguna perangkat tersebut. Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan aplikasi Xposed dan Xblast.

Cara mudah dan aman yang bisa Anda lakukan ini bisa digunakan untuk mengubah tampilan sistem UI pada perangkat Android.

Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengubah warna baterai, letak jam, efek rotasi, dan yang lainnya. Apalagi kini penggunaan ponsel Android semakin canggih.

Sehingga dapat memastikan jika banyak fitur menarik dan canggih untuk memaksimalkan fungsi ponsel tersebut. Bahkan termasuk cara ganti system UI Android.

Baca Juga: Cara Mengganti Background Zoom di HP Android atau iPhone 

Pengertian dan Cara Ganti System UI Android

Sebelum Anda tahu bagaimana cara ganti system UI, pastikan tahu dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan hal tersebut. Sistem UI itu sendiri merupakan sistem user interface atau tatap muka.

Pada sistem yang satu ini terdapat pengaturan berkaitan dengan berbagai tampilan. Sehingga tampilan ponsel Anda bisa diubah dengan mudah.

Baik mulai dari tampilan tombo, font, berisikan ikon, status bar, tema, dan sejenisnya. Apalagi mengingat jika sistem UI memang menjadi salah satu yang cukup penting.

Sebaiknya jangan sampai sistem tersebut mengalami kerusakan. Jika sampai rusak tentu akan berakibat fatal.

Bisa-bisa akan terjadi adanya pop up notifikasi permasalahan sistem UI yang mengakibatkan aktivitas dengan perangkat Android terganggu.

Karena itulah Anda perlu tahu bagaimana cara upgrade atau ganti system UI Android. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan update sistem tersebut. Berikut yang bisa Anda lakukan.

Menggunakan Laptop

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk upgrade UI Android. Salah satu cara ganti system UI Android yaitu melalui laptop atau PC. Anda bisa buka website resmi melalui perangkat Android.

Selanjutnya masuk dalam website Anda menuju halaman support. Dari sinilah Anda bisa langsung isi informasi perangkat agar dapat melakukan pembaruan.

Selain itu, ada juga cara lain yaitu melalui download device management. Setelah download device management, selanjutnya install. Fungsi dan nama suatu perangkat pun tidak sama.

Baca Juga: Ganti Nomor WhatsApp di HP Android dan iPhone, Ikuti Cara Ini

Semua tergantung dari produsen smartphone itu sendiri. Setelah instal, barulah Anda bisa kembali menuju situs produsen dari perangkat Anda.

Anda cukup mencari pembaruan yang ada dan download melalui device management. Dengan melakukan kedua hal tersebut, segera sambungkan perangkat Android ke PC.

Gunakan kabel data untuk menghubungkan antara keduanya. Setelah terhubung, buka laman device management.

Cari perintah upgrade yang biasanya berada pada bagian atas dropdown. Klik update dan lanjutkan perintah hingga upgrade selesai.

Menggunakan Custom ROM

Cara ganti system UI Android selanjutnya yaitu dengan custom ROM. Custom ROM memiliki banyak fitur tambahan dengan tampilan yang sudah melewati kustomisasi.

Dengan melalui flash custom ROM ke versi Android terbaru, tentu akan melakukan upgrade meski smartphone tidak dapat upgrade ulang.

Cara yang bisa Anda lakukan yaitu memasang custom ROM terlebih dulu. Bahkan Anda juga bisa mengganti sistem UI melalui rooting ROM.

Baca Juga: Ganti Launcher HP Android, Beri Tampilan Home Screen Lebih Menarik

Melalui Over The Air

Selain cara tersebut, masih ada yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mengeditnya melalui Over The Air.

Cara yang satu ini cukup mudah. Anda pastikan memiliki koneksi internet untuk melakukan cara ganti system UI.

Setelah terkoneksi, Anda perlu buka pengaturan Android. Sebaiknya gunakan jaringan WiFi dan tunggu proses download pembaruan sistem selesai.

Restart perangkat setelah selesai melakukan download. Ada beberapa cara upgrade atau ganti system UI Android, sesuaikan dengan yang Anda rasa nyaman. (R10/HR-Online)

- Advertisment -