Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita TerbaruHerbal Untuk Penyakit Maag, Ini Pilihan yang Praktis dan Efektif

Herbal Untuk Penyakit Maag, Ini Pilihan yang Praktis dan Efektif

Ada banyak herbal untuk penyakit maag yang bisa Anda pilih untuk mengatasi gangguan perut tersebut. Selain bersifat alami yang relatif aman, efektivitas herbal ini juga tidak kalah dengan obat kimia dalam mengatasi keluhan penyakit maag.

Penyakit maag tentunya Anda sudah sangat sering mendengar nama gangguan yang satu ini. Tak sedikit orang yang sering mengeluhkan gangguan jenis ini. Penyakit ini juga termasuk popular khususnya pada era modern saat ini.

Maag atau dispepsia sendiri adalah suatu kondisi gangguan kesehatan berupa rasa nyeri yang berasal dari bagian lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan. Penyakit ini terjadi karena beberapa faktor sebab.

Penyakit maag memang bisa muncul karena berbagai macam hal. Seperti adanya luka terbuka yang terdapat pada bagian dalam lambung, infeksi bakteri Helicobacter pylori, serta efek samping penggunaan obat tertentu.

Pada sebagian besar kasus, gangguan pada perut ini tidak perlu sampai memeriksakan ke dokter. Penyakit maag sebenarnya masih efektif dengan menggunakan herbal. Namun apabila penyakit maag Anda tidak kunjung pulih dalam beberapa hari sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Apalagi jika gejala yang Anda alami disertai dengan muntah serta susah untuk menelan sehingga membuat berat badan menurun. Kondisi ini menandakan penyakit Anda sudah kronis dan perlu penanganan dari dokter.

Obat Herbal Untuk Penyakit Maag

Saat ini Anda sudah bisa menemukan berbagai macam obat yang bisa mengatasi penyakit maag. Namun tentunya akan lebih aman jika menggunakan cara-cara yang alami seperti yang akan kita ulas kali ini.

Nah, berikut ini beberapa pilihan obat herbal untuk penyakit maag yang bisa Anda pilih. Bahan ini bisa menjadi cara mengatasi gangguan maag dengan cara alami yang aman namun cukup efektif.

Sari Kedelai

Salah satu cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit maag adalah dengan menggunakan sari kedelai. Makanan ini sudah terbukti secara efektif dapat mengatasi penyakit maag.

Untuk menggunakannya Anda bisa menyangrai biji kedelai. Kemudian haluskan menggunakan blender. Setelah itu Anda bisa menyeduhnya menggunakan air panas, dan minumlah air seduhan sari kedelai ini secara rutin.

Biji Pepaya

Obat herbal untuk penyakit maag yang juga bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit maag adalah dengan menggunakan biji pepaya. Selain buahnya yang enak, bagian bijinya terkenal memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk menggunakannya Anda bisa menjemur biji pepaya hingga kering. Setelah itu tumbuklah hingga halus kemudian seduhlah menggunakan air panas. Minumlah air seduhan ini secara rutin hingga gangguan maag berkurang.

Kunyit

Cara alami selanjutnya yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit maag adalah dengan herbal dari manfaat kunyit. Herbal ini sudah dikenal luas sebagai salah satu tanaman obat tradisional untuk berbagai penyakit.

Anda bisa memarut kunyit dan memeras airnya. Setelah itu tampunglah dalam sebuah wadah. Anda bisa meminum air kunyit tersebut secara teratur satu hari sekali hingga penyakitnya mulai menghilang.

Daun Jambu Biji

Pilihan obat herbal untuk penyakit maag lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit maag yakni dengan menggunakan daun jambu biji. Bahan ini sangat kaya akan kandungan berbagai zat yang dapat mengatasi sakit maag.

Untuk menggunakannya sangatlah mudah, Anda cukup merebus beberapa lembar daun biji dalam tiga gelas air hingga mendidih, setelah itu Anda bisa meminum ramuan tersebut.

Temulawak

Temulawak juga bisa menjadi salah satu obat herbal untuk penyakit maag yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya. Rimpang ini terkenal dalam berbagai pengobatan tradisional. Termasuk manfaat temulawak ini cukup efektif dalam mengatasi gangguan maag.

Untuk menggunakannya, sebaiknya iris temulawak menjadi beberapa bagian dan rebuslah menggunakan 8 gelas air hingga mendidih. Setelah itu dinginkanlah sebentar dengan cara mengangin-anginkannya.

Anda bisa meminum air rebusan temulawak secara rutin satu kali sehari hingga sakit maag Anda benar-benar sembuh. Saat ini juga banyak toko yang jual temulawak dalam bentuk bubuk yang praktis.

Demikianlah beberapa pilihan obat herbal untuk penyakit maag yang tak kalah efektif dengan obat kimia. Pilih yang sesuai dengan kondisi penyakit hingga sembuh. Namun jika kondisi tak membaik juga sebaiknya segera periksakan ke dokter.

- Advertisment -