Rabu, Januari 19, 2022
BerandaBerita PangandaranPoktan Situhiang dan Ibu-ibu PKK di Pangkalan Pangandaran Tanam Kencur

Poktan Situhiang dan Ibu-ibu PKK di Pangkalan Pangandaran Tanam Kencur

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kelompok Tani (Poktan) Siutuhiang Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Pangandaran, Jabar tanam pohon kencur Senin (10/1/2022).

Penanaman pohon kencur ini merupakan kolaborasi Poktan dengan TP PKK Desa Pangkalan.

“Kegiatan ini diharapkan bisa menunjang kebutuhan rempah rimpang di wilayah Pangandaran,” ujar salah seorang anggota Kelompok Tani Situhuang Taryana.

Baca juga: Pembangunan Kantor Baru Bupati Pangandaran Butuh Rp 49 Miliar

Ia mengatakan, setelah Kelompok Tani Situhiang Pangandaran menanam jahe di atas lahan sekitar 2, hektar kini kita menanam kencur dan bekerjasama dengan ibu- ibu PKK.

“Saya berharap Desa Pangkalan kedepan menjadi sentra tanaman rempah rimpang untuk mencukupi lebutuhan pasar di wilayah Langkaplancar,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Pangandaran Wawan Kustaman mengapresiasi penanaman pohon kencur oleh Poktan Situhiang yang bekerjasama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesjahteraan Keluarga.

“Ini harus menjadi contoh cara pemberdayaan yang melibatkan pihak petani dan PKK dengan harapan adanya peningkatan ekonomi dan demi terciptanya ketahanan pangan,” ujar Wawan Kustaman.

Lanjutnya, dalam masa pemulihan ekonomi di masa Pandemi Covid 19, sudah saatnya masyarakat bangkit.

“Poktan Situhiang dan PKK diharapkan bisa mendorong dan memotivasi semua kalangan, terlebih tanah di wilayah Langkaplancar tergolong subur,” pungkasnya. (Enceng/R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -