Sabtu, Januari 22, 2022
BerandaBerita CiamisInsiden Lingkaran Setan, Kwarcab Ciamis: Itu Penganiayaan Terencana

Insiden Lingkaran Setan, Kwarcab Ciamis: Itu Penganiayaan Terencana

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Ciamis, H. Nanang Permana meminta kepada aparat penegak hukum agar mengusut tuntas permasalahan dugaan penganiayaan pada siswa SMAN 1 Ciamis, Jawa Barat. 

“Pasalnya, jika memang anak-anak saat kegiatan pramuka ‘Lingkaran Setan’ itu saling pukul. Itu adalah penganiayaan terencana bukan spontan, maka dari itu usut tuntas permasalahan itu,” ujar Nanang, Kepada HR Online, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: SMAN 1 Ciamis Tak Tahu Ada Kegiatan Lingkaran Setan, Cuci Tangan?

Nanang selaku ketua Gerakan Pramuka  Kwarcab Ciamis menyesalkan dan mengutuk keras atas apa yang terjadi pada siswa SMA Negeri 1 Ciamis yang telah menimbulkan  korban pada kegiatan pramuka ‘Lingkaran Setan’.

“Kegiatan Pramuka itu bahkan di setiap tingkatan itu tidak mengajarkan kekerasan seperti itu. Jadi saya anggap itu kegiatan di luar Pramuka sekalipun memakai baju Pramuka,” ucapnya.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Lingkaran Setan SMAN I Ciamis yang Memakan Korban

Menurutnya, tindakan kekerasan itu melanggar janji moral dan kode kehormatan gerakan Pramuka yang di antaranya, Dasa Darma Pramuka. Dalam Dasa Darma itu ada salah satu darma yang bunyinya cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

“Bagaimana mungkin kasih sayang terhadap manusia itu diwujudkan dengan saling pukul. Ini kegiatan barbar yang tidak pernah diajarkan di gerakan Pramuka di berbagai tingkatan baik di tingkatan siaga, penegak, golongan penggalang, pandega, dan pramuka dewasa pembina juga tidak diajarkan,” tuturnya.

Maka dari itu, lanjut Nanang, pihaknya selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Ciamis meminta aparat hukum agar bisa menyelesaikan permasalahan ini secara hukum.  

“Karena kalau setiap orang memukul itu jika terbukti benar adanya ini adalah penganiayaan terencana bukan spontan. Usut tuntas semua orang yang terlibat di dalamnya,” pungkasnya. (Ferry/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -