Jumat, Januari 21, 2022
BerandaBerita BisnisInvestasi Asing di Indonesia, Kenali Syarat dan Manfaatnya Lebih Dulu

Investasi Asing di Indonesia, Kenali Syarat dan Manfaatnya Lebih Dulu

Investasi asing di Indonesia memberikan penanaman modal untuk dapat melakukan usahanya. Investasi yang satu ini bisa juga disebut dengan penanaman modal asing atau PMA.

PMA juga terkenal sebagai investasi asing langsung yang bisa dari perorangan maupun perusahaan.

Dalam investasi ini bisa dengan menggunakan penanaman modal patungan atau modal asing seluruhnya.

Seperti yang sudah sering Anda tahu jika saat ini investasi justru semakin banyak berlangsung. Hal ini bukan tanpa alasan. Melakukan investasi juga bisa membantu kebutuhan finansial Anda di masa mendatang.

Sebab dengan melakukan penanaman modal, bisa memperoleh keuntungan baik dalam jangka panjang atau pendek. Hal ini juga terjadi pada warga asing.

Sehingga menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini dengan maksud untuk dapat menjalankan usahanya, baik secara kerjasama maupun mandiri.

Baca Juga: Prospek Investasi Emas Digital Diprediksi Terus Membaik di Tahun 2022

Pahami Syarat Investasi Asing di Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki penduduk cukup banyak. Jumlah kinerja dan sumber daya alamnya juga besar. Sehingga menarik masyarakat asing untuk melakukan investasinya di Indonesia.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebagai pelaku yang bertanggung jawab terhadap investasi, baik dalam maupun luar negeri. Ada beberapa persyaratan investasi asing di Indonesia.

Syarat penanaman modal di Indonesia harus mendirikan sebuah usaha berdasarkan bidang yang ada dalam KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia).

Perusahaan asing itu memiliki bentuk PT yang minimal 2 orang pemegang saham. Investor asing perlu memperhatikan panduan bidang usaha yang terbuka dan tertutup.

Untuk investor asing wajib mematuhi peraturan Perpres No. 44 Tahun 2016. Jika bidang usaha tidak tercantum dalam daftar tersebut, menandakan kepemilikan saham asing bisa mencapai 100%.

Adapun nilai minimum investasi asing yang masuk Indonesia yaitu sekitar Rp 10 miliar. Sebab jumlah minimal yang tersetor pada bank Indonesia sekitar Rp 2,5 miliar.

Baca Juga: Jenis Saham Komoditas di Indonesia yang Terbukti Menjanjikan

Manfaat Investasi Asing Bagi Indonesia

Investasi asing di Indonesia semakin banyak. Hal ini juga dapat diambil manfaatnya untuk bangsa sendiri.

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan yaitu modal baru guna membantu berbagai sektor yang kekurangan dana.

Bahkan investasi asing juga bisa memberikan lowongan pekerjaan untuk dapat mengurangi pengangguran.

Tidak hanya itu saja, masuknya investasi asing juga memiliki peran dalam munculnya teknologi baru.

Baca Juga: Produk Investasi dengan Risiko Tinggi, Pilihan Tepat untuk Investor Muda

Sehingga lama-kelamaan produk tersebut akan berkembang. Manfaat yang paling tampak yaitu mampu meningkatkan pendapatan negara melalui pajak.

Selain itu, juga menjaga silaturahmi atau hubungan baik dengan dua negara yang bersangkutan.

Investasi tidak hanya terjadi dalam satu negara saja. Padahal banyak hal yang perlu Anda tahu tentang investasi asing di Indonesia. Kenali syarat dan manfaatnya untuk Indonesia. (R10/HR-Online)

- Advertisment -