Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruJenis Las untuk Knalpot yang Bagus dan Penting Anda Pahami

Jenis Las untuk Knalpot yang Bagus dan Penting Anda Pahami

Jenis las untuk knalpot penting untuk Anda ketahui, sebab setiap mesin las biasanya memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Seperti trafo las yang kini membawa banyak kelebihan daripada mesin las karbit.

Terutama dalam hal kapasitas pemakaian dan teknologi untuk perindustrian, baik industri kecil, menengah, juga besar.

Karena pemakaian produksi juga berbeda-beda, maka kebutuhan mesin las akan terbagi menjadi beberapa jenis.

Baca Juga: Bahan Knalpot yang Bagus, Simak Rekomendasi Terbaik Berikut Ini

Ini Dia Jenis Las untuk Knalpot yang Wajib Anda Ketahui

Di zaman industrialisasi seperti sekarang ini, maka pengelasan adalah sebuah pekerjaan yang cukup penting. Baik itu untuk bidang konstruksi maupun peralatan keseharian, seperti dunia otomotif.

Jadi, mesin las sendiri merupakan alat yang berguna untuk menyambung bahan seperti logam atau besi supaya menjadi satu kesatuan.

Sementara itu, prinsip kerja dari mesin las yaitu dengan cara memanaskan atau membakar kawat khusus sebagai pengelasan.

Sedangkan untuk mengatasi knalpot yang bocor, maka langkah yang tepat adalah dengan menambalnya atau las knalpot. Hal ini berguna untuk mengoptimalkan dan menjaga kinerja mesin kendaraan tersebut.

Baca Juga: Knalpot Mobil Keluar Air, Jangan Panik! Ini Penyebabnya

Bagaimana Teknik Las Knalpot?

Jenis las untuk knalpot listrik bisa menyatukan pelat tipis, misalnya breaker tipis dan lain sebagainya.

Sedangkan las argon biasanya berguna untuk bracket tebal serta pipa knalpot. Lalu hasil dari pengelasan akan tebal.

Nantinya hasil lasnya tidak terlalu mencolok, maka pengelasan perlu dilakukan dengan baik supaya tidak kehilangan estetika barang tersebut.

Meski demikian, pengelasan seperti ini juga harus dilakukan oleh tenaga handal dan profesional. Metal Inert Gas atau MIG caranya adalah dengan menggunakan spool kawat pengamanan.

Kemudian bakar hingga meleleh dan menempel. Biasanya teknik yang satu ini bisa Anda lakukan untuk jenis knalpot baja ringan, alumunium, dan stainless steel.

Baca Juga: Tanda Oli Mesin Mobil Berkurang, Salah Satunya Asap Knalpot Pekat

Pengelasan TIG

Jenis las untuk knalpot model Tungsten Inert Gas atau TIG biasanya adalah khusus untuk bahan material yang ukurannya lebih tipis. Jadi, mesin las ini bisa Anda atur kekuatannya agar menghasilkan pengelasan yang Anda inginkan.

Selain itu, juga tidak akan merusak maupun membekas pada suatu objek, termasuk pada knalpot kendaraan. Sehingga ini menjadi salah satu kelebihan pada teknik pengelasan TIG tersebut.

Apabila knalpot Anda mengalami kebocoran, maka mesin motor secara perlahan dapat panas berlebih atau overheat. Hal ini bisa terjadi sebab mesinnya tidak mampu bekerja lebih stabil.

Sehingga berakibat pada proses pendinginan bagian mesin menjadi tidak optimal. Apabila tidak segera Anda perbaiki, maka bisa menimbulkan masalah besar.

Jenis las untuk knalpot selanjutnya adalah Las Asetilyn yang lebih cocok untuk mengelas bahan-bahan tipis seperti baja ringan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -