Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruKandungan Skincare Penghilang Flek Hitam untuk Wajah Cerah Merata

Kandungan Skincare Penghilang Flek Hitam untuk Wajah Cerah Merata

Kandungan skincare penghilang flek hitam berguna untuk menjadikan warna kulit menjadi lebih merata.

Keberadaan bintik-bintik gelap atau noda bekas jerawat terasa sangat mengganggu dan mengurangi percaya diri. Untuk itu, kamu membutuhkan skincare yang bisa mengatasi masalah pigmentasi.

Masalah pigmentasi berupa flek hitam atau noda bekas jerawat memang sering terjadi. Dalam kasus jerawat yang tidak mendapat penanganan tepat, pasti akan meninggalkan bekas membandel.

Sementara flek hitam bagi sebagian orang terjadi karena faktor usia, bisa juga muncul akibat tidak memakai sunscreen.

Baca Juga: Kandungan Skincare untuk Jerawat, Teliti Sebelum Membeli

Itulah sebabnya mengapa penggunaan sunscreen sangat penting, karena sinar matahari bisa memicu flek muncul. Akan tetapi jangan khawatir, karena flek bisa hilang asal telaten dalam merawat kulit.

Berikut ini adalah kandungan skincare penghilang flek hitam yang kamu butuhkan untuk masalah pigmentasi.

Berikut Kandungan Skincare Penghilang Flek Hitam

Ada beberapa kandungan pada produk perawatan kulit yang bisa menghilangkan flek hitam. Sebelum membeli skincare, ada baiknya periksa terlebih dahulu kandungannya. Karena setiap kulit memiliki kebutuhan yang berbeda.

Niacinamide

Salah satu kandungan skincare penghilang flek hitam adalah niacinamide. Kandungan ini merupakan senyawa turunan vitamin B yang bersifat larut dalam air dan minim iritasi.

Kamu bisa menggunakan produk-produk yang mengandung niacinamide untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah.

Selain flek hitam, niacinamide juga bisa mengempeskan jerawat dan mengontrol produksi minyak berlebih.

Baca Juga: Sabun Wajah pH Rendah, Gak Bikin Kulit Kaku

Oleh karena itu, banyak orang mengincar skincare yang mengandung niacinamide karena manfaatnya tidak berfokus pada satu keluhan.

Kamu bisa mengkombinasikan niacinamide dengan kandungan-kandungan lain, namun apabila terjadi iritasi segera hentikan pemakaian.

Alpha Arbutin

Untuk menjadikan wajah lebih cerah merata, kita bisa menggunakan skincare yang mengandung alpha arbutin.

Tahukah kamu? Arbutin merupakan zat turunan hidroquinon yang lebih aman karena berasal dari ekstrak buah berry dan pohon pir.

Kandungan skincare penghilang flek hitam ini bekerja dengan cara menghambat produksi melanin penyebab penggelapan kulit.

Arbutin akan bekerja maksimal jika kamu menggunakan sunscreen dan mendapat jam tidur yang cukup.

Ketika terkena sinar matahari, maka kulit akan menjadi lebih gelap dan kusam. Maka dari itu, sebaiknya gunakan sunscreen pagi hari sebelum beraktivitas meski kamu hanya berada di dalam rumah.

Vitamin C

Sebagai zat antioksidan, vitamin C dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C termasuk kandungan skincare penghilang flek hitam, karena ia bekerja mencerahkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Banyak orang mengandalkan serum vitamin C sebagai pertolongan darurat pada flek membandel.

Manfaat lain dari vitamin C adalah mencegah penuaan dini. Alasannya karena vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan, maka ia pun bisa memperlambat kemunculan kerutan dan garis halus.

Kamu bisa mendapatkan vitamin C tidak hanya dari skincare, tapi juga sayur dan buah-buahan.

Licorice

Sejak jaman dulu, licorice atau ekstrak akar manis telah menjadi ramuan herbal untuk menyehatkan lambung dan kerongkongan.

Dalam dunia kecantikan, licorice berguna untuk merawat kulit sensitif, meredakan kemerahan, hingga mencerahkan kulit. Pemakaian licorice secara rutin dapat menjadikan warna kulit jadi lebih merata.

Licorice merupakan kandungan skincare penghilang flek hitam yang bekerja menangkal efek buruk sinar UV. Kita tahu bahwa sinar matahari adalah musuh utama bagi kulit karena bisa menimbulkan berbagai keluhan.

Baca Juga: Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Pencegahan yang Wajib Anda Tahu

Oleh karena itu, menggunakan skincare licorice bisa menjadi solusi untuk masalah pigmentasi seperti flek hitam dan bekas jerawat.

Alpha Hydroxy Acid (AHA)

AHA adalah salah satu zat aktif yang populer dalam exfoliating toner. Kandungan ini bekerja pada pH kulit rendah, bekerja mengangkat sel kulit mati dan memudarkan flek hitam.

AHA memiliki beberapa nama, yaitu glycolic acid dan lactic acid. Setiap produk menggunakan konsentrat AHA sebanyak 5-10% tergantung dari komposisi.

Biasanya semakin tinggi konsentrat AHA yang digunakan, maka frekuensi pemakaian tidak perlu setiap hari.

Semisal jika kamu menggunakan exfoliating toner dengan konsentrat AHA 6%, maka pemakaian produk cukup 1-2 kali dalam seminggu.

Pemakaian AHA cukup efektif dalam menghilangkan flek hitam, namun kamu tidak bisa mengkombinasikan zat ini bersama vitamin C dan retinol.

Itulah beberapa kandungan skincare penghilang flek hitam. Sebelum membeli produk, ada baiknya membaca komposisi dengan teliti agar tidak salah pilih. Membaca ulasan beauty influencer sebanyak mungkin bisa membantumu menemukan skincare yang sesuai. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -