Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita CiamisKawasan Gunung Sindangrasa Ciamis Dirintis Jadi Obwis Alam Religi

Kawasan Gunung Sindangrasa Ciamis Dirintis Jadi Obwis Alam Religi

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kawasan Gunung Sindangrasa, Desa Cintanagara, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, akan dijadikan objek wisata alam dan religi oleh pemerintah desa setempat.

Usman, Kasi. Kesejahteraan Desa Cintanagara mengatakan, rencana tersebut berangkat dari keinginan masyarakat dan melihat Kawasan Gunung Sindangrasa memiliki panorama alam yang indah.

“Berangkat dari keinginan masyarakat itu maka luas lahan sekitar 10 hektar yang ada disekitarnya kini mulai dirintis untuk dijadikan objek wisata alam dan religi,” kata Usman, Sabtu (29/01/2022).

Ia juga menjelaskan bahwa, pengembangan desa wisata sudah menjadi agenda pembangunan yang cukup efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekaligus mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes).

Baca Juga : Camat Jatinagara Dorong Destinasi Wisata Gunung Sindangrasa Ciamis Segera Dibenahi

Menurut Usman, berhasil tidaknya membangun obyek wisata alam tergantung pada kesiapan pemerintah dan masyarakat itu sendiri.

Karena pemerintah dan masyarakatnya yang akan berperan sebagai tuan rumah, sekaligus menjadi pelaku penting dalam desa wisata secara menyeluruh. Baik mulai dari tahapan perencanaan hingga implementasinya.

Dalam merintis untuk menjadikan obyek wisata, lanjut Usman, pemerintah desa dan masyarakat kini sudah mulai membangun gazebo serta toilet di sekitar Kawasan Gunung Sindangrasa.

Pihaknya pun berharap fasilitas penunjang lainnya bisa segera terwujud. Sehingga objek wisata alam dan religi ini bisa bersaing dengan obyek wisata lainnya.

“Dengan adanya obyek wisata bisa mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi dan menjadi sumber PADes Cintanagara,” pungkasnya. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)