Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita CiamisKelenteng Hok Tek Bio Ciamis Bersolek Jelang Imlek 2022

Kelenteng Hok Tek Bio Ciamis Bersolek Jelang Imlek 2022

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Menjelang acara tahun baru Imlek, Kelenteng Hok Tek Bio Ciamis, Jawa Barat terus bersolek.

Pantauan HR Online Minggu (30/1/2021), kelenteng yang berada di Jalan Ampera II No. 17 terus dihias semenarik mungkin. Mari mulai dari pemasangan lampion merah dan aksesoris lain.

Hal tersebut dilakukan, karena tahun Imlek nanti adalah shio Macan, yang filosofinya adalah kerja keras. 

Ratusan lampion telah terpasang pada bagian atap Kelenteng Hok Tek Bio. Terlihat ada kertas yang menggantung pada lampion tersebut, yang merupakan harapan pada Imlek tahun ini.

Sebelumnya, para pengurus dan jemaat juga telah membersihkan atau memandikan beberapa patung dewa penghuni kelenteng. Seperti patung dewa yang terkenal yakni Dewi Kwan Im atau Kwan Im Pau Sat, serta patung dewa lainnya.

Pegawai Kelenteng Duren mengatakan, menyambut jelang perayaan tahun baru Imlek ini telah dilakukan sejak minggu kemarin. Dari mulai memandikan patung dewa, memasang lampion serta membersihkan area kelenteng.

“Setiap tahun juga sama. Namun saat ini kami kita rias sebagus mungkin, supaya lebih menarik dari tahun sebelumnya,” katanya kepada HR Online Minggu (30/1/2022).

Selain adanya lampion yang merupakan ciri khas tahun baru Imlek, dalam Kelenteng Kelenteng Hok Tek Bio juga ada lilin besar berwarna merah.

Lilin tersebut berat mencapai 500 kilogram, dengan ketinggian lebih dari 2 meter. Kemudian ada juga lilin dengan ketinggian 1 meter dan berat 50 kilogram. 

“Imlek sekarang adalah shio macan. Jadi harus lebih kerja keras lagi. Mudah-mudahan bisa lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)