Kamis, Januari 13, 2022
BerandaBerita CiamisKenalkan Sejarah Galuh, Pemain PSGC Ciamis Ziarah ke Astana Gede Kawali

Kenalkan Sejarah Galuh, Pemain PSGC Ciamis Ziarah ke Astana Gede Kawali

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebagai upaya memperkenalkan sejarah Galuh, pelatih dan para pemain PSGC Ciamis melaksanakan ziarah dan latihan di lapangan Astana Gede Kawali, Rabu (12/1/2021).

Kegiatan tersebut juga merupakan persiapan jelang bergulirnya Kompetisi Liga 3 Indonesia Babak Nasional yang rencananya akan dilaksanakan akhir bulan Januari 2022.

Saat melakukan ziarah dan berdoa ke makam Dalem Adipati Singacala, para pemain dan pelatih PSGC Ciamis ditemani oleh juru pelihara dan tokoh agama setempat.

Pelatih Kepala PSGC Ciamis Heri Rafni Kotari mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda latihan rutin yang selalu dilaksanakan para pemain.

Namun saat ini tempatnya berbeda, bukan di Stadion melainkan di Lapangan Astana Gede Kawali.

“Kegiatan ini dalam rangka memperkenalkan sejarah Galuh kepada para pemain, sehingga nantinya para pemain bisa mempunyai kebanggaan tersendiri saat membela PSGC Ciamis,” katanya.

Baca juga: Pemkab Ciamis Pastikan Semua Venue Porprov Jabar Siap

Menurutnya, Astana Gede Kawali ini merupakan salah satu Cagar Budaya yang berada di Ciamis.

Di dalamnya terdapat beberapa prasasti peninggalan Kerajaan Galuh.

“Tidak hanya itu, PSGC Ciamis juga mempunyai julukan Laskar Singacala. Tentunya, ini kebanggaan bagi PSGC karena Adipati Singacala ini merupakan tokoh penyebar agama Islam di zaman Kerajaan Galuh,” tuturnya.

Selain Astana Gede Kawali kata HRK, minggu depan juga tim PSGC Ciamis akan melakukan latihan di Lapangan Sepak Bola Ciung Wanara di Karangkamulyan, Cijeungjing, Ciamis.

“Kita juga akan ziarah ke situs budaya Karangkamulyan, karena selain dijuluki Laskar Singacala, PSGC Ciamis juga dijuluki Laskar Ciung Wanara,” ucapnya.

HRK menambahkan, kegiatan ziarah ke situs peninggalan Kerajaan Galuh akan terus dilakukan menjelang bergulirnya kompetisi Liga 3 Babak Nasional.

“Mudah-mudahan setelah mengenal sejarah Galuh, para pemain PSGC bisa tampil berbeda dan semangat lagi saat kompetisi di Liga 3 Indonesia Babak Nasional nanti,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -