Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita NasionalKereta Cepat Jakarta-Bandung Rampung Akhir April 2022

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rampung Akhir April 2022

Berita Nasional, (harapanrakyat.com),- Kereta cepat Jakarta-Bandung akan rampung akhir April 2022, setelah manajemen KCJB (Kereta Cepat Jakarta-Bandung) mendatangkan langsung ahli grouting asal China sebanyak 17 orang.

Hal itu dikatakan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan melalui akun instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Rabu (12/01/2022).

Ia menargetkan pengerjaan mega proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung rampung pada akhir bulan April 2022 mendatang. Sekaligus menggenapkan sebanyak 13 terowongan lainnya yang memiliki panjang keseluruhan totalnya mencapai 16.662 meter.

Melalui akun instagramnya, Luhut juga menuliskan bahwa KCJB mendatangkan orang-orang yang hebat. Yakni para ahli bidang konstruksi yang berasal dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Baca Juga : Kereta Api Luar Biasa Mulai Beroperasi, Ini Rute dan Harga Tiketnya

Para ahli tersebut akan dibantu 17 ahli grouting yang berasal dari China. Sehingga target pekerjaan mega proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa rampung akhir April tahun ini.

Meski demikian, Menko Luhut Binsar Pandjaitan meminta progres pengerjaannya harus hati-hati. Pasalnya, tantangan geografis cukup tinggi, terutama terowongan.

Ia menyebutkan, kesulitan dalam proses pengerjaan pembangunan terowongan tersebut semakin kompleks lantaran berada pada area clay shale.

Sebab, jenis tanah dengan memiliki karakteristik sangat gampang lapuk jika terkena air serta terekspos oleh penggalian konstruksi.

Oleh karena itu, Menko Luhut kembali meminta agar pengerjaan mega proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini harus benar-benar cermat dan hati-hati.

Selain itu, pertimbangan dari faktor keselamatan pun perlu mendapat perhatian yang serius. Karena, kata Luhut, sejak negara ini berdiri belum pernah melakukan pembangunan mega proyek seperti ini. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -