Senin, Januari 24, 2022
BerandaBerita CiamisKesbangpol Sebut Ormas di Ciamis Mencapai 357

Kesbangpol Sebut Ormas di Ciamis Mencapai 357

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ciamis, Jabar, menyebut saat ini tercatat ada 357 organisasi masyarakat (Ormas) di Kabupaten Ciamis.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ormas Kesbangpol Ciamis Wawan Setiawan SH M.Si mengatakan, jumlah tersebut berdasarkan organisasi yang memberi laporan ke Kesbangpol.

“Itu yang tercatat di kami, mungkin saja ada ormas di Ciamis yang belum mencatatkan organisasinya ke Kesbangpol,” ujar Wawan Selasa (11/1/2022).

Selain ormas, dari total 357 itu termasuk juga di dalamnya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), OKP, organisasi profesi dan yayasan.

“Jadi semisal Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) juga PGRI itu tercatat sebagai ormas,” katanya.

Baca Juga: Duh! Beras BPNT di Ciamis Kuning dan Bau, KPM Kecewa

Yang jelas kata Wawan, organisasi atau lembaga yang sudah berbadan hukum dan memiliki akta notaris bisa tercatat di Kesbangpol.

Kesbangpol Ciamis lanjutnya, juga memberikan hibah ke beberapa ormas. “Hibah ada tapi tidak semua kebagian, karena memang anggarannya sedikit,” ungkapnya.

Bagi ormas yang mendapat bantuan hibah, pihaknya kerap memberikan bimbingan teknis (Bimtek) agar dalam pelaksanaan kegiatan dan laporan pertanggungjawaban dilakukan dengan benar.

Pihaknya juga tahun kemarin melakukan pembinaan terhadap anggota ormas, dengan mengikutsertakan mereka dalam pelatihan membengkel.

“Dengan kegiatan pembinaan itu kami harap mereka bisa memiliki keterampilan untuk bekerja atau membuka usaha,” pungkas Wawan Setiawan. (R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -