Selasa, Januari 25, 2022
BerandaBerita TerbaruKeutamaan Surah Al-Baqarah Menjadi Peluang Emas untuk Manusia

Keutamaan Surah Al-Baqarah Menjadi Peluang Emas untuk Manusia

Keutamaan surah Al-Baqarah merupakan salah satu ilmu pengetahuan penting dalam Islam. Namun, pastinya bukan hanya Al-Baqarah saja yang mempunyai keutamaan. 

Semua surah yang terdapat dalam Al-Qur’an pastinya juga akan memberi kita manfaat dahsyat bagi kita atau siapapun yang mau membacanya. Selalu mengutamakan untuk mencari keridaan Allah SWT.

Mengapa secara menyeluruh? Seperti yang sudah kita ketahui, Al-Qur’an itu merupakan penenang bagi kita.

Jadi, semua yang terdapat dalam Al-Qur’an itu akan memberikan kita kebaikan. Baik untuk kehidupan dunia maupun akhirat.

Maka dari itu, sekarang ini banyak dari kalangan orang tua maupun anak yang ingin menjadi hafidz atau penghafal Al-Quran.

Surah kedua dalam Al-Qur’an ini setelah Al-Fatihah yang menjadi pembukaan. Al-Baqarah bukan surah yang pertama kali turun, namun menjabat sebagai surah yang ayatnya paling banyak. Terdiri dari 286 ayat, termasuk surah Madaniyyah, dan di sinilah ayat kursi berada.

baca juga: Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu, Allah Mudahkan Jalan Menuju Surga

Pahami Keutamaan Surah Al-Baqarah dalam Al-Qur’an

Buya Hamka pernah mengatakan bahwa nama surah dalam Al-Qur’an itu sebagai tanda. Perihal namanya juga tidak begitu penting daripada apa yang menjadi isi atau uraian di dalamnya. Itulah yang lebih penting dari namanya.

Namun, sebelum kita membahas apa saja keutamaan surah Al-Baqarah ini, ketahuilah bahwa Rasulullah SAW sudah menamainya dengan mendapatkan petunjuk dari Allah melalui malaikat Jibril.

Dalam hadis riwayat Tirmidzi menjelaskan, seperti yang sudah Abu Hurairah katakan, Rasulullah mengatakan, segala hal yang berada di dunia ini mempunyai puncak.

Sebab, dalam Al-Qur’an puncaknya adalah Al-Baqarah. Sedangkan dalam surah tersebut juga terdapat tuan dari ayat lainnya, yakni ayat kursi.

Namun, bukan hanya itu saja yang menyebabkan surah kedua dalam Al-Qur’an mempunyai keutamaan. Sebab, ayat yang lainnya juga demikian. Jadi, sangat sayang untuk kita lewatkan. Penasaran apa saja? Langsung saja, berikut ini penjabarannya.

baca juga: Keutamaan Saling Memaafkan Menjadikan Hidup Lebih Tenang

Terlindungi dari Godaan Setan

Untuk keutamaan surah Al-Baqarah yang pertama adalah menghindarkan atau melindungi kita dari godaan setan yang terkutuk.

Mungkin menurut kita itu lebih pandai daripada setan. Tetapi bagaimana kenyataanya? Justru setanlah yang lebih pandai daripada kita.

Sebab apa? Meskipun manusia dibekali dengan otak dan akal pikiran, tapi masih mudah terjerumus dan tergoda dengan bisikan setan.

Dengan niat yang ikhlas dan tulus mengharap rida Allah SWT, luangkan sedikit waktu untuk membaca surah yang berarti sapi betina ini.

Alasannya adalah rumah yang dibacakan dengan surah tersebut tidak akan dimasuki oleh setan. Surah satu ini juga bisa kita katakan menjadi surah yang memberikan perlindungan.

baca juga: Shalat Tahiyatul Masjid, Penjelasan Lengkap Tata Cara dan Keutamaan

Diberikan Kecukupan

Siapapun yang membaca surah ini, maka keutamaan Al-Baqarah yang akan ia dapatkan adalah Allah SWT memberikan kecukupan.

Sebagaimana dalam hadis riwayat Ibnu Majah, menjelaskan bahwa siapapun yang membaca dua ayat terakhir Al-Baqarah ketika malam hari, Allah akan memberikan kecukupan.

Sehingga dengan surah ini, kita juga bisa menekankan dalam diri bahwa hanya dengan berharap kepada Allah. Allah yang Maha Kaya, Luas, dan Maha Memberi.

Usaha keras kita yang sudah diimbangi doa, bisa kita tambah lagi dengan membaca surah Al-Baqarah dan dapatkan banyak keutamaan.

Menjadi Penghuni Surga

Perihal surga, kita memang harus berlomba-lomba mendapatkannya. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Misalnya saja dengan menjadi orang yang ahli dalam ibadah salat, puasa, sedekah, ataupun lainnya.

Karena mereka yang ahli dalam ibadah puasa, baik sunnah maupun wajib, kelak akan masuk surga dengan melewati pintu surga Ar-Royyan. Sudah pernahkah Anda mendengarkan hal ini?

Tetapi, ternyata keutamaan surah Al-Baqarah itu juga akan menjadi penyebab kita masuk surga. Apakah hanya dengan membacanya saja sudah cukup?

Memang, namun meski sekedar membacanya, jangan berharap pujian dari manusia. Niatkan semua hanya untuk Allah.

Ayat kursi yang merupakan bagian dari Al-Baqarah juga menjadi peluang emas bagi umat muslim masuk surga. Terlebih kita bisa membacanya rutin setelah melakukan ibadah wajib.

Hal penting yang tidak ketinggalan adalah keutamaan surah Al-Baqarah ini juga menyebabkan Allah mengabulkan permohonan kita. Setiap kita pasti memiliki keinginan yang ingin sekali terkabul. Dekatlah dengan Allah, itulah kuncinya. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -