Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruKingdom pada Hewan: Pengertian dan Ciri-Cirinya

Kingdom pada Hewan: Pengertian dan Ciri-Cirinya

Kingdom pada hewan adalah salah satu tahapan taksonomi. Taksonomi sendiri adalah klasifikasi makhluk hidup berdasarkan kesamaan cirinya.

Ada beberapa tingkatan taksonomi, salah satunya kingdom animalia atau kingdom pada binatang. Klasifikasi dari kingdom animalia berdasarkan pada organisme yang tidak memiliki dinding sel.

Ada juga kingdom tumbuhan yang berdasarkan tidak adanya klorofil. Namun, saat ini mari bahas mengenai kingdom animalia atau hewan terlebih dahulu.

Baca Juga: Klasifikasi Makhluk Hidup Berdasarkan 5 Kingdom, Apa Saja?

Arti dan Ciri-Ciri Kingdom pada Hewan

Pada dasarnya ada banyak sekali hewan di dunia ini. Oleh karena itu, untuk memudahkan pendataan, maka diciptakanlah sebuah klasifikasi.

Setiap hewan atau tumbuhan menjadi satu klasifikasi berdasarkan kesamaan cirinya. Kingdom adalah salah satu dari klasifikasi makhluk hidup tersebut.

Kingdom animalia adalah sekelompok makhluk hidup yang beragam dari berbagai ukuran. Secara garis besarnya, kingdom animalia terbagi menjadi dua, yaitu vertebrata dan invertebrata.

Vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki tulang belakang. Kebalikannya, invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang dan susunan saraf mereka terletak di bawah saluran pencernaan.

Untuk dapat mengenali hewan yang termasuk dalam kelompok kingdom animalia, maka perlu mengetahui terlebih dahulu ciri-cirinya sebagai berikut.

Baca Juga: Pengertian Ordo dan Contohnya Dalam Biologi, Ini Dia!

Dapat Bergerak

Semua hewan di dalam kelompok kingdom hewan tentunya memiliki sistem gerak. Hal yang membedakan hanyalah alat penggerak mereka saja. Ada yang bergerak dengan kaki, perut, atau sayap.

Tidak Memiliki Dinding Sel

Berbeda dengan sel pada tumbuhan, animalia tidak memiliki fungsi dinding sel. Fungsi dinding sel sendiri adalah agar memberikan kesan keras atau kaku untuk melindungi isi sel di dalamnya.

Meski tidak memiliki dinding sel, klasifikasi kingdom animalia tetap memiliki fungsi membran sel. Tidak adanya dinding sel pada hewan juga menjadikan gerak hewan lebih aktif.

Habitat

Ciri dari kingdom pada hewan selanjutnya dapat terlihat dari habitat mereka. Tempat tinggal atau habitat dari hewan-hewan di dalam kingdom bisa di mana saja. Mulai dari perairan, seperti perairan tawar, perairan asin, dan tanah.

Sistem Organ

Hewan yang termasuk ke dalam klasifikasi kingdom animalia memiliki banyak sistem organ. Fungsi dari sistem organ tersebut sangat spesifik dan penting untuk hewan bertahan hidup.

Baca Juga: Pengertian Spesies dan Contohnya Dalam Klasifikasi Makhluk Hidup

Sistem organ kingdom animalia terdiri dari sistem skeletal (rangka), sistem pencernaan, sistem otot, produksi, sirkulatori, hormon, dan sistem imun. Tentunya sistem organ tersebut memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

Bentuk Tubuh

Pada animalia di dalam klasifikasi kingdom, bentuk tubuh mereka sebagian besar berbentuk simetris bilateral. Selain itu, hewan sederhana memiliki tubuh yang asimetris dan lainnya.

Bentuk tubuh hewan ini tentunya muncul dari adaptasi mereka dalam mendapatkan makanan.

Contoh klasifikasi kingdom pada hewan seperti Filum Porifera (organisme sederhana), Filum Chordata (memiliki tulang rawan), Filum Annelida (parasit alam), Filum Echinodermata (keluarga bintang laut) dan lain sebagainya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -