Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita TasikmalayaKnalpot Bising Disulap Jadi Robot Transformer Raksasa di Tasikmalaya

Knalpot Bising Disulap Jadi Robot Transformer Raksasa di Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 200 knalpot bising disulap jadi robot transformer raksasa. Knalpot tersebut hasil razia jajaran Satlantas Polres Tasikmalaya, Polda Jabar selama Operasi Lilin Lodaya Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2022.

Knalpot bising yang terkumpul kemudian oleh Satlantas Polres Tasikmalaya ditata hingga berbentuk menyerupai robot transformers.

Bahkan, robot hasil karya polisi ini berdiri kokoh tepat depan kantor pelayanan SIM Satlantas Polres Tasikmalaya. Hal itu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat supaya kendaraannya tidak menggunakan knalpot brong atau bising.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya, AKP Ryan Faisal mengatakan, pihaknya mengumpulkan knalpot bising hasil razia selama Operasi Lilin Lodaya Nataru yang jumlahnya mencapai 200 knalpot.

Baca Juga : Polres Tasikmalaya Ungkap Kasus Narkoba, 1 Pelaku Jualan Kelapa Muda

“Hasil razia tersebut kita manfaatkan. Knalpot bising ini kita jadikan barang bukti yang kita sita dari para pengendara sepeda motor yang mengganggu kenyamanan pengendara lainnya. Sehingga menjadi tidak tertib saat berlalu lintas lantaran suaranya bising,” kata AKP. Ryan, Selasa (04/01/2022).

Pihaknya sengaja mengumpulkan hasil razia knalpot bising ini dan menjadikan monumen atau patung berbentuk robot transformer. Kemudian, memajangnya depan kantor pelayanan SIM.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar dalam berkendara tidak menggunakan dan memakai knalpot dengan suara yang bising,” katanya.

Selain melakukan penyitaan, imbuh AKP. Ryan, penggunanya juga akan mendapatkan sanksi sebagaimana Pasal 285 ayat 1.

“Dalam pasal 285 ayat 1, setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot, bisa kena sanksi dan pidana,” tandasnya. (Apip/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -