Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruKomponen Kaki-Kaki Mobil, Ketahui Daftar dan Fungsinya

Komponen Kaki-Kaki Mobil, Ketahui Daftar dan Fungsinya

Komponen kaki-kaki mobil merupakan bagian penting yang mendukung performa mobil Anda. Namun masih banyak orang yang menyampingkan peran dari komponen vital ini. Selain menjadi penopang, juga sebagai penentu kenyamanan Anda.

Selain sahabat terbaik perjalanan, mobil juga jadi sahabat sehari-hari. Sehingga mendukung berbagai aktivitas dan keperluan Anda. Performanya pun menjadi perhatian. Terutama pada kaki-kaki mobil.

Fungsi Komponen Kaki-Kaki Mobil yang Perlu Diketahui

Komponen ini perlu diservis secara berkala dan rutin. Hal ini memungkinkan Anda mengetahui kerusakan serta kendala sehingga perjalanan akan semakin nyaman.

Oleh karena itu, Anda perlu mengenali beberapa komponen dari kaki-kaki mobil serta fungsinya.

Baca juga: Ciri Kaki-kaki Mobil Rusak dan Bahayanya yang Perlu Diwaspadai

Ban Mobil

Untuk komponen pertama adalah ban mobil. Setiap kendaraan memiliki roda yang memiliki peran penting untuk jalannya kendaraan.

Roda ini memiliki fungsi sebagai penahan seluruh berat kendaraan. Selain itu, menjadi bantalan yang menghubungkan kendaraan dengan permukaan jalan.

Dengan adanya roda ini, maka kenyamanan saat berkendara di jalan yang tidak rata semakin baik dan menahan goncangan pada jalan berlubang.

Roda tersebut terdiri dari ban luar, velg ban dalam, dan pentil. Ada juga yang terdiri dari pentil, velg, dan ban.

Ban yang baik dan nyaman adalah ban anti slip, bagus, dan empuk. Jika terjadi kebotakan, maka Anda harus segera menggantinya demi keamanan.

Ban yang gundul menjadi licin, sulit bermanuver, dan kehilangan arah. Perhatikan tekanan angin, seringlah membersihkan ban dan berkendara dengan kecepatan terbaik.

Baca juga: Penyebab Mobil Tidak Bisa di Spooring Hingga Waktu yang Tepat

Tie Rod

Komponen kaki-kaki mobil ini memiliki fungsi menghubungkan setir serta pengikat ban agar mudah berbelok kanan maupun kiri. Tie rod tersebut berbentuk bulat seperti kelereng.

Tie rod ini sama pentingnya demi menjaga daya ikat. Sehingga tidak terjadi kelonggaran yang menyebabkan bunyi pada bagian roda. Selain itu, membuat roda tetap dalam kondisi stabil.

Umumnya yang membuat tie rod cepat longgar karena benturan keras serta usia penggunaan lama. Kerusakan pada komponen ini terasa saat berjalan pada permukaan yang rusak maupun jalan berlubang.

Cara melihatnya adalah dengan menggunakan dongkrak sambil menggoyang-goyangkan roda ke kiri maupun kanan. Jika goyang, maka terjadi kerusakan.

Sedangkan tie rod sistem kemudi mobil terdiri dari dua bagian yaitu tie rod end dan inner tie rod. Setiap ukuran tidak sama.

Suspensi

Komponen kaki-kaki mobil satu ini merupakan benda yang memiliki fungsi sebagai peredam kejutan maupun getaran mobil ketika jalanan tidak rata sehingga semakin nyaman berkendara dan mudah dikendalikan.

Biasanya komponen ini berada antara bodi kerangka mobil dan roda. Gunanya adalah meredam kejutan pada permukaan jalan sehingga lebih stabil. Selain itu, membuat roda mencengkram lebih kuat pada kondisi jalan yang terlewati.

Ada 2 tipe suspensi yaitu type independent atau bebas dan tipe rigid. Pada tipe bebas, kondisi roda dapat bergerak bebas karena roda kanan dan kiri tidak terhubung dengan axle. Hal ini membuat kedua roda tidak saling mempengaruhi.

Sekarang ini tipe tersebut sudah mulai banyak tersemat pada mobil keluaran baru serta harganya sangat mahal. Namun konstruksinya juga rumit.

Hal ini dengan tujuan meningkatkan kenyamanan serta stabilitas dalam berkendara saat berada di jalanan apapun.

Sementara komponen kaki-kaki mobil tipe rigid tidak dapat bergerak bebas. Hal ini kondisi axle terhubung langsung dengan frame pegas dan body mobil.

Bearing

Bearing memiliki fungsi sebagai bantalan roda sehingga dapat berputar dengan memperkecil gaya gesek yang terjadi pada sumbu putar sehingga lebih halus.

Komponen ini sangat vital. Apabila terjadi bearing roda cepat panas hingga berlebih serta bergetar, maka komponen putar di dalamnya menjadi rusak dan patah.

Kerusakan komponen kaki-kaki mobil ini terjadi karena kualitas barang, usia pemakaian, hingga cara penggunaannya.

Bushing

Bushing merupakan karet sebagai peredam getaran sehingga tidak mengganggu komponen logam lainnya. Terdiri dari bushing swing arm yang bertugas meredam getaran saat mobil berjalan.

Sementara bushing stabilizer sebagai pengikat ke chassis mobil. Kerusakan umumnya terjadi karena suhu mesin yang panas dan membuat karet menjadi getas.

Selain itu, guncangan keras pada jalan berlubang dan beratnya beban kerja yang diterimanya. Sehingga komponen kaki-kaki mobil tersebut sangat penting Anda perhatikan. (R10/HR Online)

- Advertisment -