Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita PangandaranKembangkan Sport Tourism, KONI Pangandaran Gelar Olahraga Petanque

Kembangkan Sport Tourism, KONI Pangandaran Gelar Olahraga Petanque

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pernah mendengar olahraga Petanque? Meski jarang didengar, namun olahraga yang satu ini mulai digandrungi masyarakat Indonesia.

Petanque sendiri merupakan olahraga ketangkasan melempar bola dari besi metal (boules), mendekati bola target yang terbuat dari kayu (Jack).

Oleh karena itu, dengan makin banyaknya penggemar olahraga ini, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menggelar Fun Petanque Savana Beach Pangandaran, di Pantai Madasari, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (15/1/2022).

Ketua KONI Pangandaran Agus Mulyana mengatakan, gelaran tersebut sebagai sport tourism, yakni memperkenalkan wisata lewat olahraga.

Selain itu, penyelenggaraan Petanque tingkat nasional ini baru pertama kali diadakan di Pangandaran.

Agus juga mengakui, bahwa olahraga yang satu ini masih asing didengar. “Akan tetapi, menurutnya, ternyata banyak atlet Pangandaran yang luar biasa,” katanya kepada awak media, Sabtu (15/1/2022).

Sementara untuk peserta, awalnya pihaknya membatasi jumlahnya. Karena sebelumnya hanya untuk persiapan Porda Jabar saja.

Akan tetapi, ternyata antusias yang mengikuti event olahraga Petanque luar biasa. Jadi, bukan hanya daerah Jabar saja, melainkan DKI, Banten, Jateng, Aceh, dan Yogyakarta juga ikut serta.

“Ada 105 tim yang ikut event tersebut,” ucapnya.

Agus berharap, kedepan event tersebut bisa ditingkatkan ke event internasional, dalam mendukung Pangandaran menjadi wisata yang mendunia.

Event Olahraga Petanque di Pangandaran Bantu DBON

Lebih lanjut Agus menambahkan, pihaknya mengangkat sport tourism yakni olahraga digabung dengan pariwisata, yang sesuai dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Artinya, jelas Agus, pihaknya sudah berupaya membantu pemerintah meningkatkan perekonomian masyarakat. Terlebih saat ini yang masih dalam pandemi Covid-19, baik dari segi olahraga dan pariwisatanya.

“Kita bersama-sama mempromosikan pariwisata Pangandaran, berikut juga bidang olahraganya yang memiliki potensi prestasi tinggi,” ucapnya.

Melihat banyak yang ikut dalam event olahraga Petanque tersebut, pihaknya berencana akan menjadi kalender tahunan.

“Sekaligus mempromosikan pariwisata dengan olahraganya. Jadi kita akan kembangkan sesuai yang berkaitan dengan wisata. Seperti balap sepeda, berkuda dan lainnya,” katanya.

Tanggapan Ketua DPRD Pangandaran

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin, mengapresiasi langkah Ketua KONI dengan mengadakan event olahraga Petanque.

Padahal, katanya, belum ada anggaran dari pemerintah daerah dalam menyelenggarakan event tersebut. Namun, KONI Pangandaran sudah bisa mengadakan penyelenggaraan event olahraga tingkat nasional.

“Saya merasa bangga kepengurusan KONI yang baru bisa menyelenggarakan event olahraga seperti Fun Petanque Savana Beach,” kata Asep.

Suksesnya event tersebut, membuat Asep kedepan akan memikirkan untuk anggarannya, demi mengangkat potensi dan juga pariwisata Pangandaran.

“Perlu dukungan semua pihak. Walaupun olahraga ini belum familier, tapi sudah mampu mengangkat prestasinya. Bisa kita dorong menjadi agenda rutin setiap tahun,” pungkasnya. (Madlani/R5/HR-Online/Editor-Adi)