Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariTak Cuma Peduli Hutan, KTH Kertaharja Juga Bagikan Sembako di Ciamis

Tak Cuma Peduli Hutan, KTH Kertaharja Juga Bagikan Sembako di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tidak hanya peduli hutan, Kelompok Tani Hutan (KTH) Kertaharja Nusantara juga membagikan sembako kepada puluhan warga Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (23/1/2022).

Ketua KTH Kertaharja Nusantara, Nana Wijaya mengatakan, pihaknya menyalurkan bantuan sembako untuk jompo dan lansia, berkat adanya bantuan dari Perhutani KRPH Ciamis.

“Bantuan ini bersumber dari dana sharing perhutani.  Kami selaku KTH tengah melaksanakan amanah. Salah satunya adalah program sosial seperti saat ini Alhamdulillah berkat adanya dana sharing dari perhutani, warga bisa terbantu,” katanya kepada HR Online, Minggu (23/1/2022).

Selain membagikan bantuan sembako, pihaknya juga mengalokasikan dana untuk sarana lingkungan warga di tepi hutan, serta bantuan untuk sarana pendidikan.

“Insyaallah dana sharing ini akan kita salurkan sesuai maksud dan tujuan KTH Kertaharja Nusantara. Yaitu mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan taraf perekonomian,” terangnya 

Lanjut Nana, KTH Kertaharja Nusantara kedepannya mempunyai program penghijauan serta menjaga sumber air untuk ketahanan kehidupan di masa depan.

Seperti program menanami pohon kedap air di sepanjang saluran air yang ada di lingkungan hutan perhutani.

Pasalnya, menurut Nana, saat ini ekosistem tanah sudah mulai rusak. Sehingga perlu adanya upaya untuk menjaga dan melestarikan alam.

“Salah satunya adalah menjaga kestabilan air, dengan cara menanami pohon kedap air sepanjang saluran anak sungai yang ada di wilayah kami,” jelasnya.

Nana juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Perhutani, yang telah bekerja sama dan memberikan lahan kosong sebagai sumber peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara pantauan HR di lapangan, petugas perwakilan Perhutani juga ikut hadir bersama KTH Kertaharja Nusantara saat membagikan sembako untuk jompo dan lansia Desa Kertahayu Ciamis. (Suherman/R5/HR-Online/Editor-Adi)