Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita BisnisManfaat IPO Bagi Investor, Perusahaan, Hingga Cara Kerjanya

Manfaat IPO Bagi Investor, Perusahaan, Hingga Cara Kerjanya

Manfaat IPO penting bagi investor dan perusahaan. Sebelum perusahaan melakukan IPO, tentu terdiri dari beberapa pemegang saham. Pemegang saham perusahan tersebut biasanya dari keluarga atau teman dekat saja.

Sehingga masyarakat umum tidak dapat memiliki aset tersebut untuk pembelian saham. Namun, berbeda jika IPO sudah kembali bergabung. Ketika perusahaan telah melakukan IPO, maka bisa dibilang go public.

Tujuan hal ini yaitu mendapatkan modal untuk membeli saham dari perusahaan. Menariknya lagi, investasi melakukan IPO sudah terjamin oleh bank investasi, pialang, atau kelompok perantara.

Melalui IPO saham dijual dan didistribusikan dalam membeli saham dari sebuah perusahaan. IPO sendiri pada umumnya terdiri dari berbagai investor.

Akan tetapi, ada catatan penting yaitu investor tidak akan memperoleh saham yang diinginkan. Hal ini karena penjualan harga saham IPO terbatas. Lantas apa manfaat saham IPO? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Investasi Koleksi Lego Lebih Menguntungkan Dibanding Saham

Segudang Manfaat IPO Bagi Investor dalam Perusahaan

IPO atau singkatan dari Initial Public Offering tentu sudah tidak asing lagi. Istilah yang satu ini sering investor gunakan untuk menjelaskan kondisi sebuah perusahaan.

Perusahaan tersebut yang tadinya hanya tertutup kemudian menjadi terbuka. Sehingga kepemilikan saham tidak hanya untuk perusahaan saja. Akan tetapi, melalui IPO perusahaan akan go public.

Bahkan manfaatnya untuk para investor yaitu membantu memberikan kesempatan yang sama untuk ambil bagian dalam pemesanan saham IPO.

Baca Juga: Crypto Winter 2022 Akan Terjadi? Para Investor Harus Siaga!

Cara Kerja IPO

Setelah Anda tahu manfaat IPO bagi investor, kini perlu juga mengetahui bagaimana cara kerjanya. Sebuah perusahaan yang go public tidak hanya terjadi begitu saja.

Pada umumnya, sebuah perusahaan IPO harus bekerja sama dengan penjamin emisi. Dalam hal ini, butuh banyak persyaratan penting yang nantinya dapat membantu untuk evaluasi nilai perusahaan.

Untuk perusahaan yang akan melakukan IPO, membutuhkan persiapan dokumen lebih awal. Setelah itu, lanjut untuk permohonan izin perjanjian saham ke BEI.

Selanjutnya penyampaian izin ke JK. Lalu yang terakhir, penawaran umum atau pencatatan dalam BEI.

Baca Juga: Cara Mengetahui Saham Uptrend Terbaik dalam Dunia Investasi

Keuntungan Perusahaan yang Go Public

Selain investor, perusahaan telah memiliki banyak keuntungan. Masuk dalam kancah IPO menjadi impian semua para investor. Ada banyak manfaat dari IPO untuk perusahaan.

Mulai dari sumber pendanaan investasi yang cukup besar daripada sebelumnya. Bahkan ada manfaat lain yaitu menaikkan nilai saham.

Selain itu, perusahaan akan menjadi terkenal. Untuk itu, dalam melakukan aplikasi tentu harus lebih bijak.

Adanya hal ini mampu memunculkan citra dari perusahaan. Dengan modal dan citra yang baik, menjadi kunci perusahaan yang berkembang.

Ada lagi manfaat IPO bagi investor dan perusahaan yang bisa Anda dapatkan dari pengadaan IPO. Semakin besar nilai saham, tentu mempengaruhi nilai pajak yang terbayar. (R10/HR-Online)

- Advertisment -