Jumat, Januari 21, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Tea Tree Oil untuk Wajah dan Tubuh

Manfaat Tea Tree Oil untuk Wajah dan Tubuh

Manfaat tea tree oil tidak hanya sebagai perawatan kulit, tapi juga bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah kesehatan.

Jenis oil yang berasal dari tanaman asli Australia ini memang sudah dikenal sejak 100 tahun lalu sebagai antiseptik dan anti inflamasi.

Tea tree oil menjadi salah satu bahan utama dalam skincare jerawat, perawatan tubuh, bahkan produk pembersih rumah tangga. Meskipun namanya tea tree, namun jenis oil ini bukan untuk membuat minuman teh. 

Beberapa manfaat tea tree oil yang paling umum adalah mengobati jerawat dan menghilangkan ketombe.

Baca Juga: Serum Lokal dengan Centella Asiatica, Aman untuk Kulit Sensitif

Apabila kamu punya masalah dengan bau badan, tea tree juga bisa menjadi pengganti deodoran. Sebagian orang juga memakai minyak ini untuk menghilangkan gatal-gatal.

Beberapa Manfaat Tea Tree Oil

Ada banyak brand skincare yang mengeluarkan produk tea tree, di antaranya The Body Shop, Moriganic, Some By Mi, Safi, dan Lave.

Produk skincare yang mengandung tea tree bisa menghilangkan jerawat pada ibu hamil dan menyusui tanpa efek samping karena terbuat dari bahan vegan.

Selain itu, minyak ini juga bisa kamu gunakan untuk rambut dan tubuh. Berikut ini adalah manfaat dan khasiatnya.

Mengobati Jerawat

Manfaat tea tree oil dalam mengobati jerawat sama hebatnya dengan salicylic acid dan benzoyl peroxide.

Tea tree bersifat antiseptik yang bekerja membunuh bakteri penyebab jerawat. Bedanya, tea tree bekerja lebih ringan dan tidak menimbulkan efek samping seperti kulit kering dan mengelupas.

Baca Juga: Kandungan Skincare untuk Jerawat, Teliti Sebelum Membeli

Skincare mengandung tea tree juga lebih aman bagi remaja, ibu hamil, dan menyusui karena berasal dari tumbuhan.

Pemilik kulit berminyak sangat membutuhkan kandungan tea tree dalam perawatan kulit sehari-hari, karena bisa mengontrol kelebihan sebum.

Tak hanya itu, tea tree juga memberikan aroma relaksasi yang menenangkan dan bisa melepas stres.

Meredakan Gatal-gatal

Saat kulit terkena gigitan serangga, maka kita cenderung mengalami gatal-gatal dan kemerahan.

Pada kulit bayi yang masih sensitif, gejala kemerahan ini akan berlangsung lama dan membuat si kecil tidak bisa tidur nyenyak. Untungnya, manfaat tea tree oil bisa membantu meredakan gatal akibat gigitan nyamuk.

Oleskan produk tea tree oil pada area kulit yang mengalami kemerahan. Kamu bisa menggunakan kapas atau cotton bud agar isi di dalam produk tidak terkontaminasi.

Kemerahan dan gatal-gatal akan segera membaik. Tak hanya itu, aroma yang berasal dari tea tree bisa mengusir nyamuk dengan mudah.

Menghilangkan Ketombe

Selain mengobati jerawat dan meredakan gatal, manfaat tea tree oil untuk kulit kepala juga terbilang efektif.

Ada macam-macam hair oil untuk merawat kulit kepala, dan tea tree adalah salah satunya. Menggunakan tea tree oil bisa melembabkan kulit kepala, menghilangkan ketombe, bahkan mencegah adanya kutu.

Caranya, aplikasikan tea tree oil pada kulit kepala sambil pijat perlahan-lahan agar kandungannya meresap.

Baca Juga: Pantangan Bagi Kulit Sensitif, Jangan Lakukan Ini!

Kemudian keramas seperti biasa menggunakan shampoo. Setelah itu, kulit kepala jadi bebas ketombe dan gatal-gatal.

Beberapa produk shampoo juga sudah ada yang mengandung tea tree dalam komposisinya, karena bahan ini cukup efektif dalam mengangkat kotoran yang menempel pada rambut.

Pengganti Deodoran

Sebagian orang tidak suka menggunakan deodoran karena memiliki aroma yang tak disukai atau menyebabkan ketiak hitam.

Namun, manfaat tea tree oil dalam menghilangkan bau badan ini bisa menjadi alternatif. Tea tree mengandung zat anti mikroba yang mencegah adanya bakteri penyebab bau badan.

Gunakan tea tree oil pada area ketiak malam hari sebelum tidur. Akan lebih efektif jika dioleskan sesudah mandi.

Biarkan semalaman, lalu bilas keesokan paginya. Jika kamu melakukannya secara rutin, tea tree oil bisa menghilangkan bau badan akibat keringat berlebih. Selain itu, ketiak tidak akan menjadi hitam seperti saat masih pakai deodoran.

Itulah manfaat tea tree oil yang bisa kamu gunakan untuk perawatan wajah dan tubuh. Kandungan yang terdapat di dalamnya membuat minyak ini lumayan ampuh dalam mengatasi berbagai keluhan, mulai dari jerawat, ketombe, gatal-gatal, bahkan bau badan.

Agar tea tree oil bekerja dengan baik, simpan di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari. Hentikan penggunaan apabila terjadi iritasi pada kulit. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -