Jumat, Januari 21, 2022
BerandaTeknologiSmartphoneMengatasi iPhone Tidak Bisa Dicas dengan Cara Aman, Simak Tipsnya!

Mengatasi iPhone Tidak Bisa Dicas dengan Cara Aman, Simak Tipsnya!

Mengatasi iPhone tidak bisa dicas dapat Anda lakukan dengan beberapa tips mudah. Masalah ini dapat saja terjadi pada perangkat iPhone kesayangan Anda.

Meskipun terkenal dengan beragam kelebihan atau keunggulan, akan tetapi bukan berarti perangkat ini tidak pernah mengalami masalah fungsi. Salah satunya yang mungkin saja terjadi pada ponsel iPhone Anda adalah charger yang tidak masuk atau daya baterai yang tidak bertambah selama proses pengecasan.

Hal ini dapat terjadi dengan berbagai alasan. Namun bagi para pengguna iPhone yang mengalami masalah ini, tidak perlu khawatir. Karena terdapat beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Dicas

Banyak hal yang dapat menyebabkan perangkat iPhone tidak dapat melakukan pengisian daya. Mulai dari penggunaan atau pengisian baterai yang terlalu lama.

Perlu Anda ketahui bahwa melakukan pengecasan pada iPhone atau bahkan jenis ponsel lainnya yang terlalu lama justru akan mengurangi masa pakai baterai dari biasanya.

Bahkan kesalahan fatal yang sering terjadi adalah sering pasang cabut pengisian. Hal ini dapat menyebabkan lubang charge iPhone menjadi longgar sehingga menyebabkan kesulitan melakukan pengisian baterai.

Mungkin juga ponsel Anda gunakan saat proses pengisian baterai berlangsung. Hal ini juga bisa menyebabkan penurunan kualitas baterai iPhone bahkan menjadikannya tidak dapat melakukan pengisian daya. Apapun alasan yang dapat menyebabkan perangkat iPhone tidak dapat mengisi daya, untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat simak beberapa tips berikut ini.

Baca Juga: Pengaturan Bluetooth iPhone Tidak Sama Seperti Perangkat Android

Cek Kabel USB dan Adaptor

Apabila Anda menggunakan kabel atau adaptor dalam keadaan rusak, tentu hal ini dapat menyebabkan iPhone Anda tidak mau mengisi daya saat proses pengecasan. Maka aksesoris yang Anda gunakan untuk mengisi daya harus dalam keadaan bagus serta memenuhi standar Apple.

Untuk dapat benar-benar yakin apakah aksesori tersebut mempunyai sertifikasi dari Apple, maka Anda dapat mengunjungi situs produkses atau Anda dapat memeriksa secara manual book pada produk tersebut. Ini dapat menjadi cara untuk mengatasi iPhone yang tidak bisa dicas secara efektif dan efisien.

Cek Port USB atau Charge iPhone Anda

Setelah Anda melakukan pengecekan terhadap kabel serta adaptor ternyata tidak mengalami masalah, maka kemungkinan terdapat masalah pada portnya. Cek port USB port atau charger yang Anda gunakan, apakah terjadi kerusakan atau dalam keadaan kotor sehingga menyebabkan perangkat iPhone Anda tidak dapat mengisi daya.

Maka sebelum melakukan pengecasan, pastikan port iPhone Anda dalam keadaan bersih. Jika port tersebut dalam keadaan kotor, maka keluarkan debu dengan meniup lubang port dengan menggunakan vacuum cleaner mini. Hindari membersihkan port dengan menggunakan tusuk gigi atau jarum, karena hal ini justru akan membuat port iPhone menjadi rusak.

Lakukan Factory Reset iPhone

Apabila perangkat iPhone tidak dapat dicas, maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reset ulang perangkat. Namun jika dengan cara ini perangkat iPhone tetap tidak dapat melakukan pengisian daya, maka Anda dapat coba reset atau factory reset iPhone.

Dengan melakukan factory reset akan menghapus semua setingan serta error yang terjadi pada perangkat iPhone. Hal ini dapat Anda lakukan karena mungkin salah satu penyebab perangkat tidak dapat melakukan pengisian daya karena adanya error pada perangkat iPhone.

Akan tetapi, sebelum melakukan factory reset, pastikan keseluruhan data iPhone telah Anda backup ke layanan iCloud atau komputer. Dalam melakukan factory reset memiliki cara yang berbeda-beda sesuai dengan tipe atau model iPhone.

Baca Juga: iCloud iPhone Tidak Berfungsi, Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Gunakan Sumber Listrik Terbaik

Cara mengatasi iPhone tidak bisa dicas selanjutnya adalah pastikan Anda menggunakan sumber listrik terbaik. Untuk hasil terbaik bisa menggunakan sumber listrik dari stop kontak.

Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan sumber listrik dari powerbank atau perangkat lain seperti laptop. Selain itu, pastikan selalu menggunakan adapter serta kabel asli dan original dari Apple. Apabila menggunakan adapter dan kabel dari pihak ketiga, pastikan itu sesuai dengan standar Apple.

Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan dalam mengatasi iPhone tidak bisa dicas adalah melakukan restore DFU (Device Firmware Update). Terdapat kemungkinan lain yang menyebabkan permasalahan ini terjadi seperti masalah pada perangkat lunak iPhone. Akan tetapi ini merupakan proses lanjutan dan hanya orang yang memiliki keahlian teknis yang bisa melakukannya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -