Rabu, Mei 18, 2022
BerandaGaya HidupMenjemur Baju Basah dalam Rumah Berbahaya Bagi Kesehatan, Hati-hati!

Menjemur Baju Basah dalam Rumah Berbahaya Bagi Kesehatan, Hati-hati!

Menjemur baju basah dalam rumah bisa berbahaya bagi kesehatan. Saat musim hujan seperti sekarang ini mungkin kamu terpaksa harus menjemur pakaian di dalam ruangan rumah.

Tapi ternyata apa yang kamu lakukan itu akan berdampak buruk terhadap kesehatan kamu dan keluarga yang ada satu rumah denganmu.

Pasalnya, baju basah yang kamu jemur untuk dikeringkan dalam rumah bisa mengakibatkan ruangan menjadi bertambah lembab.

Hal ini karena udara dalam ruangan rumah akan menyerap sisa air yang terdapat pada baju tersebut. Kondisi tersebut tentunya akan memberikan dampak buruk buat kesehatan kamu dan penghuni lainnya yang ada dalam rumah.

Apalagi bagi mereka yang menderita penyakit asma, maka dampak dari menjemur baju dalam rumah bisa memperburuk kondisi penyakitnya tersebut.

Sebab, ruangan rumah yang lembab dapat mempercepat pertumbuhan jamur, sehingga keberadaannya pun semakin cepat berkembang.

Akibatnya sistem imunitas tubuh semakin lama akan terganggu kekebalannya. Kondisi ruangan rumah yang semakin lembab menjadi penyebab kesehatan kita terancam.

Baca Juga : Menjaga Kesehatan Paru-Paru, Begini Tips dan Caranya yang Simpel

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyakit berbahaya yang mengintai kesehatan ketika kamu menjemur pakaian basah dalam ruangan rumah.

Bahaya Menjemur Baju Basah dalam Rumah Bagi Kesehatan

Penyakit Paru-paru Basah

Bakteri dari baju yang masih basah bisa menjadi menyebabkan penyakit paru-paru basah. Jika baju yang masih basah kamu biarkan berlama-lama menggantung, hal ini dapat menjadi pemicu munculnya jamur, spora, hingga tungau debu.

Ketua penelitian pada National Aspergillosis Centre di Manchester, Professor David Denning mengatakan, menjemur baju dalam rumah bisa mengakibatkan udara dalam ruangan menjadi lembab.

Lingkungan yang lembab itu menjadi tempat untuk fungus berkembang biak. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan pernapasan lantaran akan memicu terjadinya infeksi paru.

David juga mengatakan, mungkin sebagian besar manusia bisa kebal terhadap keberadaan fungus yang berkembang dalam kondisi ruangan lembab. Atau punya imunitas tubuh baik guna melawan infeksi.

Namun, pada orang yang memiliki penyakit asma atau orang yang imun tubuhnya rendah, tentu fungus bisa menjadi penyebab pulmonary aspergillosis.

Baca Juga : Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan Tubuh, Waspadai!

Pengidapnya pun bisa menunjukkan berbagai gejala gangguan pernapasan, tergantung keparahan infeksinya. Mulai sesak nafas hingga batuk darah. Bahkan terkadang dapat menyebabkan kerusakan parah pada paru-paru.

Oleh sebab itu, David menyarankan jika kamu tidak sempat mengeringkan di luar baju yang masih basah, kamu bisa menjemurnya dalam rumah. Tapi dengan catatan ventilasi udara rumahnya bagus, serta jauh dari ruangan keluarga maupun tempat tidur.

Bisa Sebabkan Penyakit Kanker

Menjemur baju basah dalam rumah juga bisa menyebabkan penyakit kanker. Karena, zat cairan pada pewangi atau pelembut pakaian yang kamu tambahan saat mencuci baju sama bahayanya dengan zat kimia yang ada dalam detergen.

Wanginya memang tercium enak bahkan kita ingin menghirup wanginya itu berulang kali. Tetapi faktanya hal ini berbahaya terhadap kesehatan pernafasan lho,

Dampak buruk lainnya jika kamu mengeringkan baju dalam rumah yaitu bisa menurunkan kekebalan tubuh secara drastis.

Dalam sistem kekebalan tubuh, sel T merupakan komponen yang paling penting. Apabila sel T terganggu maka imunitas pun akan ikut terganggu, bahkan cenderung terus mengalami penurunan.

Baca Juga : Khasiat Black Garlic untuk Kesehatan, Bawang Hitam yang Anti Kanker

Kondisi tersebut membuat kamu menjadi rentan terkena berbagai jenis penyakit. Salah satunya penyakit yang tengah marak terjadi di dunia, seperti halnya Virus Corona.

Virus ini awalnya dari badan yang terasa tidak fit jadi penyakit rentan masuk, dan akan menginfeksi pada saluran pernapasan.

Berdasarkan penelitian, munculnya gejala Covid-19 dalam jangka waktu 2 hari hingga 2 minggu usai tubuh terpapar oleh Virus Corona.

Penyakit Asma

Menjemur baju basah dalam rumah akan membuat kelembaban ruangan semakin bertambah. Jika kamu memiliki riwayat penyakit asma kemudian menghirup jamur dan spora. Maka hal ini bisa memicu penyakit asma kamu kambuh.

Bahkan mereka yang sebelumnya tidak memiliki riwayat penyakit asma pun bisa jadi memilikinya apabila sering menghirup udara dalam ruangan yang berjamur.

Menjemur pakaian dalam ruangan rumah tidak hanya berbahaya bagi penderita penyakit asma, tapi juga pada bayi, anak-anak, lansia, penderita eksim, dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Alergi

Bahaya menjemur baju basah dalam rumah juga bisa menyebabkan alergi pada pernafasan. Alergi muncul lantaran zat dalam deterjen menempel pada baju. Secara tidak langsung zat tersebut kamu menghirupnya hingga baju kering.

Senyawa ini yang dapat memicu alergi pada sistem pernafasan. Seperti contohnya bronkitis dan sinusitis. Jadi, berhati-hatilah saat jemur baju basah dalam rumah. Karena penyakit ini bisa dengan cepat menyerang pada anak-anak. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -