Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruMobil Tidak Bisa Masuk Gigi, Ternyata Ini Dia Penyebabnya

Mobil Tidak Bisa Masuk Gigi, Ternyata Ini Dia Penyebabnya

Mobil tidak bisa masuk gigi bisa karena berbagai faktor yang menyebabkannya mengalami hal tersebut. Salah satu tipe mobil yang sudah banyak digunakan masyarakat saat ini yaitu tipe manual.

Dengan mengendarai mobil tipe manual, tentu membutuhkan oper gigi agar kendaraan dapat melaju dalam kecepatan sesuai yang diinginkan.

Biasanya saat mengawali aktivitas berkendara, pengemudi meletakkan tangan kiri pada tuas transmisi dengan dibarengi kaki menginjak pedal kopling. Saat mesin hidup dan akan melaju, tuas transmisi harus berpindah pada posisi netral ke 1.

Seiring injakan gas, perlahan kendaraan bergerak. Cara ini yang biasanya dilakukan ketika berkendara dengan mobil manual. Untuk itu, mengendarai mobil tipe manual memang tidak bisa Anda anggap sepele.

Anda harus bisa menguasai banyak hal, termasuk oper gigi. Dengan memindahkan tuas transmisi tersebut, tentu membantu Anda bisa berkendara dengan nyaman.

Namun yang namanya juga komponen kendaraan, tidak bisa lepas dari yang namanya masalah. Ada saja kondisi yang bisa membuat Anda merasa panik. Salah satunya mobil tidak bisa masuk gigi.

Jika kondisi ini Anda alami, tentu membuat kendaraan tidak dapat melaju. Bisa saja juga terjadi ketika mobil berada pada posisi gigi yang sama, maka akan melaju terus tanpa mau berganti posisi gigi.

Jika masalah ini terjadi, akan mengakibatkan berbagai masalah. Bisa saja timbul kecelakaan atau bahkan sesuatu hal buruk yang tidak dapat Anda inginkan.

Agar bisa mencegah bahkan mengatasinya, ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Dengan demikian, Anda akan lebih cepat dan mudah dalam mengatasi ketika kondisi ini terjadi.

Baca juga: Penyebab Mobil Tidak Bisa di Spooring Hingga Waktu yang Tepat

Inilah Penyebab Mobil Tidak Bisa Masuk Gigi

Memiliki kendaraan roda empat seperti mobil harus bisa melakukan perawatan dengan tepat. Sebaiknya Anda selalu lakukan pengecekan secara rutin dan mengatasi masalah sebelum parah.

Seperti halnya ketika persneling tidak bisa masuk. Hal ini karena kondisi gigi yang keras sehingga tidak bisa masuk atau oper gigi. Jika masalah ini Anda alami, bisa saja menimbulkan banyak masalah baru.

Salah satunya, kendaraan tidak bisa menstabilkan kecepatannya. Bahkan risiko timbulnya kecelakaan pun bisa saja terjadi. Jika persneling atau gigi transmisi mobil manual tidak bisa masuk, jangan anggap sepele.

Ada baiknya Anda segera melakukan pengecekan untuk tahu penyebabnya. Jika sudah, barulah Anda dapat mengatasinya dengan tepat. Pastikan Anda selalu melakukan service berkala pada semua komponen kendaraan.

Hal ini bertujuan agar kondisi mobil tetap prima saat Anda gunakan. Banyak faktor yang mengakibatkan masalah ini terjadi. Faktor tersebut perlu Anda amati dengan seksama.

Selain kondisi mobil yang sudah tua, masih banyak penyebab lainnya. Berikut ini ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan mobil sulit masuk gigi. Sebaiknya Anda tahu untuk dapat segera melakukan tindakan yang tepat.

Baca juga: Gas Mobil Tidak Stabil, Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kanvas Kopling Tipis

Banyak penyebab yang dapat mengakibatkan mobil tidak bisa masuk gigi. Salah satunya yaitu kanvas kopling tipis.

Ketika masalah ini terjadi karena kanvasnya sudah tipis, tentu cara mengatasinya juga berbeda dengan masalah lainnya.

Jika kondisi ini Anda alami, membuat tenaga yang diteruskan kurang maksimal. Ada gejala awal yang dapat menimbulkan masalah ini terjadi.

Umumnya kendaraan akan berjalan ketika putaran mesin tinggi. Jika hal ini yang menjadi penyebabnya, solusi tepat mengganti kanvas kopling dengan yang baru.

Free Play Terlalu Besar

Mengalami kondisi mobil yang bermasalah itu sudah biasa. Namun untuk dapat mencegahnya, Anda harus bisa melakukan perawatan secara berkala. Apalagi ketika mobil tidak bisa masuk gigi.

Salah satu penyebabnya yaitu free play pada bagian kopling yang terlalu besar. Jika hal ini terjadi, bisa membuat gigi percepatan rusak atau bahkan mengeluarkan bunyi kasar.

Jika free play pada kopling terlalu besar, maka bisa mengakibatkan masalah ini Anda alami. Adapun solusi yang bisa Anda atasi yaitu dengan penyetelan ulang.

Anda bisa atur baut adjuster untuk dapat memperkecil free play. Pastikan terlebih dulu mengetahui sistem penggerak kopling yang ada pada jenis mobil Anda. Barulah Anda bisa mengatasi mobil tidak bisa masuk gigi. (R10/HR Online)

- Advertisment -