Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruMode Murni Xiaomi, Fitur Keamanan dari Aplikasi Berbahaya

Mode Murni Xiaomi, Fitur Keamanan dari Aplikasi Berbahaya

Mode Murni Xiaomi yang ada di MIUI versi China telah diuji. Meski demikian, pihaknya tidak memperbaharui progres pengembangan mode tersebut hingga saat ini.

Sebenarnya Mode Murni tersebut sudah dianggap terhapus. Namun ketika pengguna MIUI di China memperhatikan, Xiaomi secara sembunyi-sembunyi meluncurkan fungsionalitasnya.

Bahkan mode tersebut ada pada ponsel pintar tanggal 15 Januari 2022 kemarin. Secara garis besar, mode di MIUI ini mampu membantu menjaga keamanan online.

Dapat mencegah pengguna unduh aplikasi berbahaya di internet. Berita ini melansir dari situs Gizmochina pada tanggal 17 Januari 2022. Seperti yang sudah masyarakat ketahui jika ponsel Android kini semakin dibutuhkan.

Hal ini terjadi karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan dengan perangkat canggih tersebut. Bahkan untuk menunjang kebutuhan penggunanya, kini perusahaan smartphone berinovasi memberikan fitur terbaik.

Seperti halnya Mode Murni Xiaomi yang beritanya akan membantu mengurangi aplikasi berbahaya. Xiaomi sedang mengerjakan fitur baru MIUI yang akan rilis September 2022.

Sehingga mampu meningkatkan keamanan bagi penggunanya. Meski belum juga resmi bisa Anda gunakan, namun tidak ada paksaan dalam penggunaan fitur bagi penggunanya.

Baca Juga: Sistem Operasi MIUI 13 Dikabarkan Segera Rilis, Simak Bocorannya!

MIUI Mode Murni Xiaomi

Mode Murni merupakan mode penginstalan yang akan datang saat pengguna tidak memiliki opsi melakukan sideload aplikasi.

Dengan fitur baru Xiaomi ini, akan membantu mencegah penginstalan aplikasi berbahaya pada smartphone.

Menurut perusahaan smartphone satu ini, 40% aplikasi yang telah terinstal pada ponsel menjalankan MIUI tidak pernah lolos keamanan perusahaan. Bahkan hampir 10% dari aplikasi tersebut masih berbahaya.

Untuk mencegah adanya masalah tersebut, kini Xiaomi menguji Mode Murni di MIUI 12.5. Meski fitur ini berfungsi untuk mencegah hal yang buruk, namun dari perusahaan tidak memaksa para penggunanya.

Jadi, bagi Anda pengguna Xiaomi tidak harus menggunakan mode tersebut. Anda bisa menggunakannya atau menonaktifkan Mode Murni tersebut.

Baca Juga: HP Xiaomi 12 Debut Perdana di China, Flagship Pertama untuk 2022

Fitur Mode Murni yang Menjadi Sorotan

Mode Murni Xiaomi mampu membantu mendeteksi adanya aplikasi yang tidak Anda inginkan. Spesifikasi dari mode ini yakni adanya menu sistem saat berfungsi. Ada 4 fitur yang menjadi sorotan.

Untuk fitur pertama yaitu kemampuan dalam mendeteksi virus. Bahkan termasuk trojan horse atau malware yang tersembunyi dalam aplikasi. Sedangkan untuk fitur yang kedua yaitu deteksi privasi.

Fitur ini berfungsi untuk mendeteksi bila aplikasi secara tak sadar mengumpulkan data pribadi pengguna tanpa persetujuan. Pada fitur ketiga yaitu deteksi kompatibilitas.

Adapun kegunaan dari fitur tersebut yaitu mendeteksi ketika aplikasi kompatibel dengan telepon. Sehingga membuat aplikasi terinstal lantas mencegah terjadinya crash dan bug.

Pada fitur terakhir atau keempat yaitu pratinjau manual. Sehingga mengizinkan aplikasi Mode Murni Xiaomi dalam memasang, mendeteksi, dan menguji. Hal ini membantu mengkonfirmasi kompatibilitas dan keamanannya.

Baca Juga: Mode Hemat Kuota Google Meet HP Hadir dengan Beragam Manfaat

Cara Aktifkan Mode Murni

Setelah Anda tahu beberapa fitur menonjol dari Mode Murni, kini juga ada cara untuk mengaktifkannya. Ada dua metode untuk mengaktifkan Mode Murni di MIUI.

Pada metode pertama saat instal aplikasi sebelum pemeriksaan oleh Safe Mode, pilih akun Mode Murni. Hal ini bisa Anda lakukan untuk pemeriksaan keamanan pada aplikasi.

Sedangkan untuk metode yang kedua yaitu setelah masuk pada instal aplikasi MIUI, ketuk pengaturan.

Anda bisa menemukannya pada bagian sudut kanan atas kemudian klik Mode Murni. Selanjutnya Anda bisa ketuk tombol aktifkan sekarang untuk hidupkan Mode Murni Xiaomi.

Jika aplikasi ini lolos aman dari pihak Xiaomi, pengguna dapat melanjutkannya. Namun untuk aplikasi yang belum masuk tinjauan atau masih memiliki risiko tinggi, pengguna tidak akan dapat menginstalnya.

Bagi pengguna Xiaomi dengan fitur tersebut dan mempercayainya, bisa masuk pada pengaturan > Mode Murni > otoritas penginstalan untuk melanjutkan.

Namun ketika Anda hendak menonaktifkan fitur tersebut, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Masuk penginstalan aplikasi MIUI sudut kanan atas, pilih pengaturan > Mode Murni dan klik matikan sekarang. Dengan langkah ini, secara otomatis Mode Murni Xiaomi akan mati. (R10/HR-Online)

- Advertisment -