Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaTeknologiAplikasiMode Terbatas TikTok, Apa dan Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

Mode Terbatas TikTok, Apa dan Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

Mode Terbatas TikTok atau memiliki istilah Restricted Mode hadir dengan tujuan menyaring konten yang ditampilkan. Sehingga akan aman ditonton oleh anak-anak serta remaja.

Dengan kata lain, fitur ini akan menandai konten untuk usia 17 tahun keatas dan tidak dapat muncul pada halaman Home di aplikasi TikTok.

Hal ini tentunya membuat anak-anak dan remaja dapat menikmati konten yang aman sesuai dengan usianya.

Baca Juga: Aplikasi Nationality Challenge Viral di TikTok, Begini Cara Buatnya!

Mengenal Mode Terbatas TikTok

TikTok merupakan salah satu aplikasi video singkat yang resmi rilis bulan September 2016 silam. Aplikasi ini berhasil dikembangkan oleh vendor teknologi ternama yakni Beijing ByteDance Technology sehingga membuatnya cukup populer di kalangan masyarakat hingga saat ini.

Melalui TikTok, para pengguna dapat membuat sebuah video pendek yang sangat menarik dengan berbagai filter serta efek cukup keren.

Tidak sedikit anak-anak di bawah umur yang menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu, untuk menjaga keamanan penggunaan aplikasi ini agar tetap positif dan aman, TikTok pun menghadirkan fitur mode Terbatas.

Bagi pengguna yang mengaktifkan fitur ini, maka konten yang tersedia akan tersaring serta sesuai, terutama bagi anak-anak.

Baca Juga: Game Emoji Mix di Tiktok Sedang Trend, Begini Cara Buatnya

Ketentuan Penggunaan Mode Terbatas TikTok

Secara default, mode terbatas TikTok ini akan dalam kondisi nonaktif. Sehingga pada saat pengguna hendak menggunakan fitur mode Terbatas ini, maka harus lebih dahulu mengaktifkannya.

Perlu Anda ketahui bahwa hanya pengguna atau pemilik akun yang mengetahui kata sandi atau password akun saja yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini.

Oleh karena itu, untuk menyalakan serta mematikan fitur ini, harus memasukan kata sandi sebagai bukti pemilik akun yang sah.

Baca Juga: Spiral Betty, Website Buat Foto Unik yang Viral di Tiktok

Langkah Mengaktifkan Mode Terbatas

Berikut ini beberapa langkah mudah untuk mengaktifkan mode Terbatas pada aplikasi TikTok.

  1. Langkah pertama, pada aplikasi TikTok, silakan menu profile yang berikon orang. Menu ini berada di bagian kanan bawah layar.
  2. Selanjutnya, pilih menu Options dengan ikon tiga baris pada bagian kanan atas layar
  3. Langkah berikutnya pada menu pop-up yang telah muncul, pilih menu Setting and privacy.
  4. Kemudian cari serta pilih menu Digital Wellbeing
  5. Lalu masuk pada menu Restricted Mode
  6. Silakan tekan tombol Turn on Restricted Mode
  7. Langkah mengaktifkan mode Terbatas selanjutnya adalah atur passcode yang Anda manfaatkan sebagai kunci
  8. Berikutnya, Anda dapat konfirmasi kembali passcode yang telah Anda buat, kemudian tekan tombol Next. Anda akan menuju ke halaman Home dengan fitur mode Terbatas yang telah aktif.

Untuk dapat mengetahui apakah mode Terbatas TikTok ini sudah aktif atau belum bisa terlihat dari tulisan yang ada pada layar. Jika tulisan Restricted Mode pada saat mengakses konten sudah ada, maka fitur ini aktif. (R10/HR-Online)