Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruModel Atap Rumah Gunungan dengan Berbagai Jenis Pilihan

Model Atap Rumah Gunungan dengan Berbagai Jenis Pilihan

Model atap rumah gunungan memberikan kesan klasik dan tradisional. Sebab sudah banyak dilihat jika rumah adat khususnya Jawa banyak yang menggunakan atap ini.

Sama seperti pemilihan konsep, untuk bagian atapnya pun beragam. Anda bisa memilih berbagai jenis sesuai yang diinginkan. Apalagi kemajuan zaman yang modern membuat Anda lebih mudah mendapatkan informasi desain rumah.

Mengingat bagian atap rumah memiliki peran yang cukup penting, ada baiknya gunakan tips tepat. Sehingga atap akan mampu memfungsikan tugasnya dengan maksimal.

Baca Juga: Desain Eksterior Rumah Type 36, Ciptakan Tempat Tinggal yang Hangat

Atap rumah menjadi salah satu eksterior yang penting untuk dipikirkan. Selain fungsinya untuk melindungi, ternyata desainnya juga mempengaruhi tampilan rumah itu sendiri.

Sebenarnya untuk pemilihan desain atap cukup beragam. Namun sayangnya di Indonesia sendiri belum banyak yang menggunakan varian berbeda. Sebagian besar pembangunan menggunakan desain atap yang terlihat seragam.

Padahal jika Anda pikirkan atap memberi pengaruh besar pada setiap tempat tinggal. Bagi Anda yang sedang membangun rumah, ada banyak pilihan atap rumah. Salah satunya yaitu model atap rumah gunungan.

Model atap rumah ini terkesan klasik. Namun jika penerapan desain interior dan eksteriornya tepat, justru membuat tampilan keren dan menarik.

Mengenal Model Atap Rumah Gunungan dan Jenis Lainnya

Saat membangun rumah, ada baiknya jika Anda memilih berbagai desain yang hendak diterapkan. Mulai dari konsep rumah, bagian interior, hingga eksteriornya.

Begitu juga dengan memilih atap rumah menjadi salah satu yang cukup sulit untuk dilakukan. Selain sebagai komponen untuk melindungi rumah, bentuknya juga membantu mempercantik tampilan rumah. Sehingga gaya tampilan yang akan tercipta sesuai dengan selera masing-masing pemiliknya.

Jika berbicara tentang atap rumah gunungan, mampu membangun karakteristik dari model bangunan. Dengan pemilihan atap tepat juga dapat memberikan kesan elegan dan berkelas.

Anda perlu memilih atap rumah yang mampu melindungi dari berbagai macam bahaya cuaca. Agar tidak bingung memilih, berikut ini ada beberapa jenis atap sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Keunikan Rumah Adat Joglo dan Bagiannya yang Belum Banyak Diketahui

Desain Gergaji

Salah satu cara melihat dan menentukan bagian atap rumah, sebaiknya tahu apa saja jenisnya. Sebab fungsinya yang cukup penting, membuat Anda harus memperhatikan pemilihan desainnya.

Ada banyak model atap rumah desain gergaji. Model atap rumah gunungan ini banyak digunakan oleh kaum muda milenial. Selain desainnya unik, juga membantu menciptakan tampilan menarik untuk rumah bergaya minimalis.

Dari segi fungsinya, atap ini bisa memberikan fungsi pada beberapa bagian. Hal ini termasuk bisa menciptakan loteng sebagai tempat penyimpanan barang.

Pelana

Selain desain yang cukup populer, sebaiknya Anda mengenal salah satu jenis atap rumah yang satu ini. Model atap rumah gunungan menjadi yang cukup populer.

Namun Anda bisa memilih jenis pelana yang cukup menarik. Atap ini familiar di Indonesia. Selain sederhana dan aman, cocok untuk diterapkan pada berbagai desain rumah.

Atap pelana memiliki bentuk dua bidang miring yang ujung atasnya bertumpu pada satu garis lurus. Biasanya garis lurus tersebut sering disebut dengan bumbungan.

Ada banyak keunggulan dari jenis atap pelana. Atap akan mudah mendeteksi kebocoran yang sering muncul pada bumbungan. Selain itu, daya serap radiasi dan panas cukup tepat untuk Anda yang hidup di area tropis.

Anda bisa memasang atap dengan mudah. Selain itu, bagian pinggir atap bisa Anda buatkan talang. Sehingga air akan mengalir melaluinya.

Limasan

Model atap rumah gunungan ini banyak masyarakat pilih. Umumnya masyarakat menggunakannya untuk rumah adat.

Baca Juga: Konsep Rumah Tiny House, Ukuran Mungil Namun Tetap Nyaman

Ada baiknya jika Anda mengetahui lebih jauh. Atap limasan banyak terlihat pada rumah khas Betawi. Kedua jenis atap tersebut adalah atap khas Betawi pada rumah panggung dan datar. Atap rumah ini tampak unik jika Anda lihat dari sudut bagian atas. 

Atap Datar

Untuk pemilihan jenis atap yang modern untuk rumah masa kini yaitu atap datar. Desain atap rumah modern saat ini banyak dijadikan pilihan dan justru menjadi trend di kalangan masyarakat luas.

Rumah dengan desain atap yang tepat membuat tampilan rumah semakin menarik dan estetik. Salah satu yang cukup populer yaitu model atap rumah gunungan. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)