Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TerbaruNFC iPhone Tidak Berfungsi, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi!

NFC iPhone Tidak Berfungsi, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi!

NFC iPhone tidak berfungsi dapat terjadi karena beberapa hal. Saat ini fitur NFC sudah banyak tersemat pada smartphone keluaran terbaru, begitu pula untuk iPhone.

Near Field Communication (NFC) adalah salah satu fitur yang tersemat di perangkat smartphone keluaran terbaru dengan berbagai manfaat.

Saat ini dengan maraknya penggunaan e-money, maka NFC dapat kita manfaatkan untuk melakukan pengecekan saldo. Bahkan dapat pula untuk mengisi saldo.

Selain itu, NFC juga memiliki manfaat lain seperti memindai berbagai otentikasi produk melalui perangkat iPhone. Namun dalam penggunaannya, fitur ini sering tidak berfungsi.

Ini juga dapat terjadi pada perangkat iPhone. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kita ulas apa penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga: Manfaat NFC pada HP Oppo, Kirim File Sampai Pambayaran Digital

Pahami Penyebab NFC iPhone Tidak Berfungsi

Penggunaan NFC sudah sering kita saksikan di iklan, baik pada media online atau elektronik. Meskipun demikian, tidak sedikit pengguna smartphone, terutama iPhone yang belum mengetahui fungsi atau menggunakan teknologi NFC.

Near Field Communication merupakan sebuah protokol yang menghubungkan dua buah perangkat elektronik dalam jarak yang sangat dekat.

Apabila telah berada dalam jarak dekat, maka 2 perangkat elektronik tersebut tetap tidak dapat berfungsi, lalu apa sebenarnya yang terjadi?

Kasus ini sebenarnya sering terjadi pada beberapa tipe ponsel iPhone. Saat tidak berfungsi atau tidak dapat kita aktifkan, maka kita tak bisa melakukan pengecekan saldo e-money, top up e-money, atau pembayaran melalui NFC.

Maksimal jarak yang dapat terdeteksi oleh NFC adalah sejauh 4 cm. Apabila lebih dari jarak tersebut hingga kita dekatkan dengan jarak yang dekat pada bagian ponsel, fitur NFC ini tetap tidak bekerja.

Tentu terjadi adanya masalah pada NFC di ponsel tersebut. Adapun beberapa penyebab fitur NFC iPhone tidak berfungsi antara lain:

Baca Juga: Kegunaan Siri di iPhone, Simak Pengertian dan Cara Pakainya!

NFC Terlalu Jauh dan Tidak Tepat

Sama halnya dalam penggunaan bluetooth yang mempunyai batas jangkauan, fitur NFC juga mempunyai batas jangkauan sama.

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya bahwa jarak aman untuk jangkauan fitur NFC dengan perangkat lain adalah 4 cm.

Jika jarak lebih dari itu, maka dapat Anda pastikan fitur NFC tidak bisa kita gunakan. Oleh karena itu, sebelum mengaktifkan fitur ini, pastikan kedua perangkat berdekatan sesuai jarak yang telah direkomendasikan.

Selanjutnya coba untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut, apabila terjadi getaran antara kedua perangkat, hal ini menunjukkan proses pengiriman file siap untuk Anda lakukan.

Hal yang perlu kita perhatikan adalah dalam penempatan kartu e-money yang kurang tepat. Ini juga dapat menyebabkan NFC iPhone tidak berfungsi.

Sebaiknya langsung tempelkan kartu e-money pada bagian belakang ponsel, tepat di tengah-tengah.

Karena pada bagian ini merupakan posisi paling ideal supaya NFC dapat bekerja dengan baik. Sebaiknya jangan letakkan kartu e-money pada bagian depan layar atau samping karena ini dapat mengakibatkan fitur tidak bekerja secara baik.

Daya Baterai yang Tidak Mencukupi

Faktor penyebab fitur NFC iPhone tidak berfungsi selanjutnya adalah daya baterai perangkat yang melemah sehingga tak memungkinkan fitur NFC untuk aktif pada perangkat.

Daya baterai yang lemah dapat mempengaruhi kinerja beberapa aplikasi smartphone sehingga menjadi lebih dibatasi.

Dengan demikian, cek atau isi terlebih dahulu saldo e-money Anda sebelum daya baterai ponsel Anda mulai habis.

Baca Juga: Cek Kesehatan Baterai pada Perangkat Mobile, Performa Lebih Maksimal

Perangkat iPhone Tidak Support NFC

Ini tentu menjadi salah satu penyebab utama NFC iPhone tidak berfungsi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa fitur NFC memang hanya tersemat pada smartphone keluaran terbaru. Sedangkan untuk smartphone versi lama kebanyakan belum mendukung fitur ini.

Reboot Perangkat iPhone

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan saat fitur NFC tidak aktif pada perangkat iPhone Anda adalah dengan melakukan reboot.

Hal yang mungkin terjadi adalah adanya error pada fitur NFC karena seringnya diaktifkan serta dinonaktifkan.

Oleh karena itu, reboot atau restart perangkat dapat menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah fitur NFC iPhone tidak berfungsi. (R10/HR-Online)

- Advertisment -