Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruOli Rembes dari Blok Mesin Motor, Cari Tahu Apa Saja Penyebabnya

Oli Rembes dari Blok Mesin Motor, Cari Tahu Apa Saja Penyebabnya

Oli rembes dari blok mesin sering dialami oleh pemilik kendaraan. Agar dapat segera mengatasinya, lebih baik cari tahu penyebabnya terlebih dulu. Melakukan perawatan pada kendaraan tentu menjadi kewajiban bagi pemiliknya.

Selain mempengaruhi kinerja komponen kendaraan, risiko timbulnya masalah pun sedikit berkurang.

Jika perawatan secara rutin Anda lakukan juga membantu meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.

Setiap komponen kendaran memiliki fungsi hingga cara perawatan yang tidak sama. Namun dengan tujuan yang sama, yaitu menunjang kinerja kendaraan secara optimal.

Seiring pemakaiannya, mobil juga bisa mengalami masalah kapan saja. Hal ini juga bisa terjadi ketika Anda berada di perjalanan sekalipun.

Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, sebelum berkendara Anda lakukan pengecekan setiap komponen.

Tidak hanya pada bagian mesin saja, akan tetapi sebaiknya lakukan pengecekan pada semua komponen.

Banyak sekali pemilik kendaraan yang mengeluh semakin lama kendaraannya mengalami ketidaknyamanan.

Salah satu masalah tersebut akibat Anda kurang melakukan perawatan secara berkala. Padahal jika tidak dilakukan justru mempengaruhi kinerja komponen yang berakibat timbulnya kerusakan.

Salah satunya yaitu oli rembes dari blok mesin. Masalah ini menjadi salah satu yang sering terjadi jika Anda tidak melakukan perawatan secara rutin.

Selain itu, untuk bisa mengatasi lebih cepat, mengetahui penyebabnya juga dapat mencegah hal ini terjadi.

Baca juga: Filter Oli Mobil, Ketahui Fungsi dan Waktu Ideal untuk Mengganti

Inilah Penyebab Oli Rembes dari Blok Mesin Motor

Masalah bisa terjadi pada kendaraan yang sudah mengalami masa pakai cukup lama. Apalagi jika kondisi kendaraan yang sudah tua, pastikan Anda selalu memberikan perawatan pada komponen secara rutin.

Masalah bisa terjadi kapan dan di mana saja. Bahkan juga bisa terjadi pada bagian komponen vital sekalipun.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik kendaraan yaitu oli rembes pada bagian mesin.

Oli itu sendiri menjadi komponen yang berfungsi penting pada kendaraan. Karena fungsinya penting, pastikan selalu dalam kondisi baik dan mampu bekerja secara optimal.

Takaran dan kualitas oli juga menjadi salah satu perhatian khusus. Anda tidak bisa menyepelekan keberadaannya begitu saja.

Jika oli mesin bocor, maka membuat takarannya berkurang. Bahkan jika tidak Anda tangani, bisa-bisa oli habis.

Bila tidak segera Anda atasi, lama-kelaman akan mengakibatkan kerusakan pada bagian dalam mesin. Saat oli rembes dari blok mesin bisa saja terjadi karena beberapa faktor.

Sebaiknya Anda cari tahu penyebabnya untuk bisa mengatasinya dengan cepat. Berikut ada beberapa penyebab yang bisa membuat masalah ini muncul. Simak uraiannya.

Baca juga: Tanda Oli Mobil Kurang, Jangan Anggap Sepele Karena Mesin Bisa Rusak

Blok Mesin Retak

Salah satu penyebab oli rembes dari blok mesin yaitu karena bagian blok mesin mengalami keretakan. Sebenarnya masalah ini bisa saja Anda alami, namun tidak menyadarinya dengan cepat.

Keretakan terjadi tidak hanya karena benturan. Akan tetapi, masalah ini bisa saja terjadi karena pemakaian oli yang tidak sesuai dengan jenisnya. Sebaiknya pilih oli dengan spesifikasi yang tepat pada tipe kendaraan.

Pilih kekentalan yang pas. Jika terlalu kental, mengakibatkan mesin sulit bergerak. Hal ini akan mengakibatkan performa mesin menjadi menurun.

Sedangkan jika terlalu encer, justru oli akan mengakibatkan masalah pada bagian mesin. Kondisi tersebut mengakibatkan stress engine yang mengakibatkan blok mesin pecah.

Seal Rusak

Sebenarnya mengatasi oli rembes dari blok mesin tidaklah sulit. Akan tetapi, ada baiknya jika Anda melakukannya setelah tahu penyebab yang menimbulkan kerusakan. Salah satu yang bisa terjadi yaitu seal rusak.

Seal berbahan karet berbentuk lingkaran ini biasanya berfungsi untuk menahan rembesan oli. Jika kerusakan seal ringan, masih bisa teratasi dengan mengambilnya.

Namun sebaiknya Anda ganti dengan yang baru agar komponen dapat berfungsi secara optimal.

Packing Mesin Bocor

Packing merupakan komponen sepeda motor yang memiliki karakter cukup keras dan kaku, namun mampu menahan rembesan oli. Setiap blok mesin tentu memiliki komponen yang satu ini.

Ketika komponen tersebut mengalami kerusakan, segera ganti dengan komponen baru. Jika masih kesulitan mencari yang sama, maka bisa menggantinya dengan sealer berwarna merah karena tahan panas.

Sayangnya, sealer ini hanya digunakan sekali pakai saja. Dengan mengetahui beberapa penyebab oli rembes dari blok mesin sejak awal, penanganannya juga lebih cepat. Hal ini sebaiknya Anda lakukan sejak dini. (R10/HR Online)

- Advertisment -