Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Bintang Kejora, Cahaya Keperakan yang Stabil dari Venus

Pengertian Bintang Kejora, Cahaya Keperakan yang Stabil dari Venus

Pengertian bintang kejora menjadi salah satu pembahasan yang menarik. Sebenarnya bintang kejora, bintang pagi, atau Venus bukanlah bintang, melainkan planet

Lantas, mengapa kita menyebutnya bintang? Apakah bintang kejora hanya akan terlihat ketika pagi hari atau di waktu lain juga? Agar tidak merasa bingung, simak penjelasan berikut.

Mengenal Pengertian Bintang Kejora

Pada mulanya, istilah bintang kejora dan bintang petang hanya berlaku untuk planet yang paling terang saja, yaitu Venus.

Planet yang satu ini jauh lebih mempesona daripada bintang sebenarnya di langit. Venus tidak tampak berkelap-kelip, namun bersinar dengan cahaya keperakan yang stabil. 

Baca Juga: Ciri Planet Jupiter dan Fakta Menarik di Dalamnya

Fakta Venus adalah bintang pengembara karena terlihat jelas bagi para pengamat langit kuno. Mereka memperhatikan gerakan Venus terhadap bintang-bintang latar belakang, yakni dari timur di pagi hari ke langit barat di sore hari. 

Di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, Nicolas Camille Flammarion, astronom Prancis menyebut Venus sebagai cahaya malam di langit. 

Mengutip Universe Today, pengertian bintang kejora merupakan julukan untuk Venus. Pasalnya, orbit Venus berada di dalam orbit Bumi. 

Jadi, berbeda dengan planet luar, Venus relatif dekat dengan Matahari di langit. Ketika ia berada di satu sisi Matahari, maka akan membantu Matahari di langit. 

Kemudian akan menjadi terang setelah Matahari terbenam, ketika langit cukup gelap untuk terlihat. 

Venus terlihat terang beberapa menit setelah Matahari terbenam. Inilah saat Venus dipandang sebagai The Evening Star. 

Ketika Bintang Malam Dianggap Sebagai Bintang Kejora

Venus bukanlah satu-satunya bintang yang berkeliaran di langit, karena ada planet lain yang dapat dilihat dengan mata telanjang. 

Faktanya, Jupiter telah memenuhi syarat untuk berstatus bintang malam. Sebab, planet tersebut berada di atas cakrawala selama jam-jam malam (prime-time).

Kemudian Mars menjadi planet berikutnya yang melintasi meridian selatan saat Matahari terbit. Planet Merah tersebut menjadi bintang pagi. 

Begitu pula dengan Merkurius dan Venus, mereka tidak pernah terlalu jauh dengan Matahari di langit. Kedua planet ini sebelumnya mempunyai identitas ganda atau dua nama.

Pasalnya, astronom tidak menyadari jika mereka muncul secara bergantian di satu sisi Matahari, kemudian muncul lagi di sisi lain. 

Pengertian Merkurius sebagai Apollo ketika bersinar sebagai bintang kejora. Kemudian disebut Merkurius saat muncul di langit malam. 

Sedangkan Venus merupakan Fosfor di pagi hari dan Hesperus di malam hari. Merkurius dan Venus mendapat sebutan planet inferior karena mengorbit Matahari lebih dekat daripada Bumi. 

Perpanjangan tersebut mengacu pada sudut antara Matahari dan planet. Secara umum, saat Venus mempunyai elongasi barat dari matahari, itulah pengertian bintang kejora. Lalu dengan pemanjangan timur, itu adalah bintang malam.

Baca Juga: Fakta Bintang Sirius, Bintang Paling Terang di Jagat Raya Bersuhu Panas 

Transisi di Oposisi

Aturan seperti ini diperluas ke planet yang mengorbit Matahari di luar orbit kita. Sebutan planet superior antara lain Mars, Jupiter, dan Saturnus. 

Saat planet superior terletak di langit yang sama dengan Matahari, ia berada pada konjungsi. Sementera itu sebuah planet superior bergerak dari konjungsi dengan Matahari, hanya satu hari sebelum oposisinya. Pengertian bintang kejora adalah saat planet superior berhadapan langsung dengan Matahari di langit. 

Pada oposisi, bintang kejora terbit saat Matahari terbenam dan terbenam ketika Matahari terbit. Sehingga bintang kejora sering dianggap sebagai bintang malam. Terbit di langit ketika siang hari berakhir. 

Jupiter dan Saturnus akan menjadi bintang malam saat tiba di oposisi. Kemudian Mars dan Saturnus akan terlihat di langit malah jauh sebelum tanggal oposisi mereka.

Baca Juga: Penampakan Planet Venus, Kapan Terlihat Terang di Langit Malam 2022?

Pengertian waktu terbaik mengamati bintang kejora adalah sesaat sebelum Matahari terbit. Kemudian Venus juga sebagai bintang sore yang dapat kita amati dengan baik setelah Matahari terbenam. 

Venus menjadi planet kedua yang paling dekat dengan Matahari, sedangkan Bumi berada pada urutan ketiga. Susunan tersebut membuat kita tidak mungkin melihat Venus di tengah malam. 

Pasalnya, Venus tidak pernah menjelajah sangat jauh dari Matahari selama orbitnya. Karena itulah hanya terlihat ketika fajar dan senja. 

Pengertian bintang kejora merupakan planet Venus dengan kecerahan yang dapat kita apresiasi dengan mata telanjang. Terutama ketika fajar dan senja, susunan ronanya di langit begitu indah. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -