Selasa, Januari 25, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Galaksi Black Eye, Galaksi Spiral yang Relatif Terisolasi

Pengertian Galaksi Black Eye, Galaksi Spiral yang Relatif Terisolasi

Pengertian galaksi Black Eye adalah galaksi spiral yang relatif terisolasi. Jaraknya 17 tahun cahya di konstelasi Coma Berenices agak utara.

Galaksi Black Eye disebut juga galaksi Mata Hitam, galaksi Putri Tidur, atau galaksi Mata Jahat. Kemudian diberi nama Messier 64, M64, ataupun NGC 4826.

Baca Juga: Proses Terbentuknya Galaksi Masih Menjadi Misteri, Simak Teorinya

Penemu galaksi ini adalah Edward Pigott pada Maret 1779. Secara independen dari Johann Elert Bode pada April tahun yang sama serta tahun berikutnya oleh Charles Messier.

Ketahui Pengertian Galaksi Black Eye dan Letaknya

Mengutip laman Messier Objects, galaksi Mata Hitam ini mempunyai magnitudo tampak 9,36. Kemudian terletak pada jarak 24 juta tahun cahaya dari Bumi. 

Messier 64 ini menempati area seluas 10,71 x 5,128 menit busur. Berdasarkan diameter linier adalah 70.000 tahun cahaya. 

Ini menjadi objek populer di kalangan astronom amatir. Bagaimana tidak, intinya terlihat terang meskipun di teleskop kecil. 

Pengertian galaksi Black Eye mudah terungkap berkat teleskop 4 inci yang menunjukkan inti galaksi besar dan terang. Sementara teropong hanya mampu mengungkap sepetak cahaya samar dan tidak teratur.

Untuk jalur debu akan mudah terlihat dengan teleskop 6 inci. Sedangkan instrumen 8 inci mengungkap wilayah terluar galaksi, terlihat sebagai lingkaran besar enbulositas tipis. 

Tidak terlalu mudah untuk menemukan galaksi ini. Karena terletak satu derajat di timur laut bintang 35 Comae Berenices. 

Baca Juga: Struktur Maggie di Bima Sakti, Filamen Hidrogen yang Aneh

Messier 64 terletak 19 derajat barat dan sedikit utara Arcturus. Waktu terbaik untuk mengamatinya yakni dari lintang utara selama musim semi.

Properti Messier 64

Dari pengertian galaksi Black Eye, dapat astronom simpulkan kemungkinan memiliki dua piringan yang berputar berlawanan dengan massa kira-kira sama.

Hal tersebut sebagai akibat penggabungan dengan galaksi satelit yang lebih kecil dalam orbit retrograde. Kemudian terjadi pertambahan awan gas secara terus-menerus dari lingkungan antarbintang. 

Jalur gelap penghalang cahaya wilayah pusat galaksi mungkin material dari galaksi yang lebih kecil. Lalu belum menetap di bidang orbit galaksi yang lebih besar. 

Cakram bagian dalam M64 radiusnya kira-kira 3.000 tahun cahaya. Membentang sekitar 40.000 tahun cahaya bergesekan dengan cakram luar. Selanjutnya berputar ke arah berlawanan dengan kecepatan 300 km/s.

Penggosokan dua piringan berputar berlawanan ini menghasilkan ledakan intens. Gas piringan bertabrakan dan dikompresi ini sebagai aktivitas dari pembentukan bintang.

Sedangkan gas antarbintang di wilayah luar galaksi berputar dalam arah yang berlawanan dari gas dan bintang-bintang di piringan dalam. Pengertian galaksi Black Eye untuk semua bintangnya berputar ke arah yang sama. 

Sisi Terdekat Galaksi Black Eye dengan Bumi

Pengertian galaksi Black Eye adalah sebagai anggota Grup Canes Venatici I atau M94. Sekelompok kecil galaksi lepas di dalam Gugus Super Virgo.

Galaksi Black Eye memiliki pita debu gelap besar spektakuler di depan wilayah tengahnya yang terang.

Detail halus pita gelap terungkap dengan teleskop luar angkasa Hubble. Pita debu ini akan membantu astronom memperkirakan sisi M64 mana yang terdekat dengan kita. 

Tampaknya itu adalah sisi selatan galaksi. M64 menjadi rumah bagi sekitar 100 miliar bintang dengan kecepatan 408 km/s.

Baca Juga: Teleskop Luar Angkasa Tercanggih yang Bantu Ilmuwan, Apa Saja?

Sejauh ini, belum ada supernova yang terdeteksi di dalamnya. Pasalnya, Messier 64 tidak mengandung variabel Cepheid yang diketahui. 

Kandungan tersebut tidak biasa untuk galaksi sedekat ini, menurut perkiraan hanya 24 juta tahun cahaya dari Bumi. 

Aktivitas Pembentukan Bintang di Messier 64

Aktivitas ini pertama kali berkembang di luar. Kemudian secara bertahap berhenti dan tidak mulai lagi hingga materi baru mulai terakumulasi.

Berikutnya akan mengalir kembali dari bintang yang berevolusi oleh ledakan supernova, nebula planet, atau angin bintang. 

Jika sudah ada cukup materi baru, pembentukan bintang-bintang baru mulai kembali. Di galaksi Black Eye, pembentukan bintang gelombang kedua tampaknya sudah mencapai area di mana jalur debu gelap muncul. 

Wilayah tengah M64 merupakan sumber emisi radio yang lemah. Sumber sinar-X lunak telah terdeteksi di nukleus. Kemungkinan besar berasal dari wilayah sirkum nuclear langsung dari nukleo galaksi aktif. 

Gerakan non-rotasi piringan gas molekular bagian dalam tidak memberi makan inti secara signifikan.

Sehingga memberikan pengertian galaksi Black Eye sebagai piringan menghasilkan tingkat pembentukan bintang yang kuat. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -