Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Massa Jenis Fisika Lengkap dengan Contoh dan Rumusnya

Pengertian Massa Jenis Fisika Lengkap dengan Contoh dan Rumusnya

Pengertian massa jenis adalah sebuah identitas atau rapatan dalam pengukuran massa pada setiap satuan volume benda.

Semakin besar massa jenisnya, maka massa setiap volume suatu benda juga kian besar. Benda di sekitar kita tentu memiliki ukurannya sendiri-sendiri.

Mulai dari benda padat, cair, maupun gas tetap memiliki volume. Pengertian massa sendiri adalah ukuran dari banyaknya materi dalam suatu benda.

Baca Juga: Daya Dalam Fisika: Pengertian, Rumus dan Macam-Macamnya

Memahami Pengertian Massa Jenis

Di dalam fisika, terdapat istilah berat, massa, maupun massa jenis. Semua istilah tersebut termasuk ke dalam sifat fisika.

Kali ini kita akan membahas lebih dalam apa itu massa jenis dalam fisika. Massa jenis pada dasarnya adalah sebuah ukuran dari seberapa padat massa suatu benda atau zat.

Dengan massa jenis, kita bisa mendapat gambaran banyaknya ruang yang suatu benda atau zat gunakan (volume) dan berkaitan jumlah materi di benda tersebut (massa).

Berikut contoh keadaan benda dalam air berdasarkan besar dan kecil massa jenis.

  1. Terapung

Suatu benda yang terapung di dalam berarti memiliki massa jenis lebih kecil dari massa jenis air. Benda yang terapung sebagian atau setengahnya berarti berada di atas permukaan cairan.

Baca Juga: Osilasi Harmonik Sederhana Fisika dengan Contoh di Kehidupan Nyata

  1. Melayang

Benda juga bisa melayang di atas air. Artinya, massa jenis benda tersebut sama dengan massa jenis air.

Maksud dari melayang adalah seluruh bagian suatu benda berada di dalam cairan. Saat benda tidak bergerak ke atas atau ke bawah (melayang), membuat gaya ke atas (Fa) sama dengan gaya berat (W).

  1. Tenggelam

Menurut pengertian massa jenis, keadaan benda di air adalah tenggelam. Benda yang massa jenisnya lebih besar dari yang dimiliki cairan akan tenggelam ke dasar.

Hal itu karena benda mengalami gaya total ke bawah yang tidak sama dengan nol. Saat benda berada di dalam cairan dan terus bergerak ke bawah hingga menyentuh dasar, membuat gaya ke atas (Fa) lebih kecil dari gaya berat (W).

Umunyam sistem perhitungan menggunakan dasar kerapatan air 1,00 g/ml pada 4oC. Dasar tersebut memudahkan untuk menghitung apakah suatu larutan bercampur atau tidak.

Pengecualian ketika larutan ionik, seperti garam, larut dalam air karena keduanya bersifat polar.

Begitu juga dengan minyak yang non polar, tidak bisa larut dalam air meskipun kerapatannya tak jauh berbeda.

Baca Juga: Pengertian Fisika Kuantum Beserta Fakta Menariknya, Multiuniverse?

Rumus Massa Jenis

Di dalam fisika, kamu akan bertemu dengan berbagai rumus, salah satunya massa jenis. Meski massa jenis benda berbeda, bahan penyusunnya memiliki ukuran yang sama.

Pasalnya, massa jenis sangat bergantung pada besar massa dan volume. Massa jenis suatu zat bisa kamu tentukan secara sistematis melalui persamaan berikut ini.

P = m/v

Keterangan:

P = massa jenis (kg m-3)

m = massa zat (kg)

V = volume zat (m3)

Rumus dari pengertian massa jenis tersebut juga bisa menggunakan satuan g cm-3 karena merupakan hasil konversi dari kg m-3. (R10/HR-Online)

- Advertisment -