Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Ordo dan Contohnya Dalam Biologi, Ini Dia!

Pengertian Ordo dan Contohnya Dalam Biologi, Ini Dia!

Pengertian ordo dan contohnya masuk ke dalam salah satu materi umum biologi. Bahkan materi ini pasti sudah kamu pelajari sejak bangku Sekolah Dasar.

Ordo dalam biologi adalah sebuah sistem taksonomi hewan dan tumbuhan. Tujuan terciptanya ordo adalah untuk mengidentifikasi organisme yang berbeda menjadi beberapa kategori.

Baca Juga: Urutan Taksonomi Hewan dari Tingkat Tertinggi ke Rendah

Mengenal Pengertian Ordo dan Contohnya

Ratusan tahun lalu, kelompok makhluk hidup hanya terbagi menjadi dua kategori, yaitu hewan dan tumbuhan. Sekarang pengelompokkan tersebut menjadi lebih luas lagi.

Klasifikasi makhluk hidup atau taksonomi adalah sistem yang Carl Linnaeus kembangkan. Sistem ini juga terkenal dengan nama ordo.

Ordo mengklasifikasikan organisme dengan sistem binomial nomenklatur atau tata nama ganda berdasarkan spesiesnya.

Melalui tata nama ganda tersebut, kelompok kecil dari suatu organisme ciri-ciri yang sama akan menyusun sebuah kelompok baru lebih besar.

Ada beberapa contoh dari ordo di dalam biologi. Berikut daftarnya.

Ordo Hewan

Sesuai namanya, ordo hewan berarti mengklasifikasikan hewan berdasarkan ciri tertentu. Ada banyak sekali jenis ordo hewan, seperti mamalia. Berikut contoh dari ordo mamalia.

Ordo Artiodactyla

Jenis ordo mamalia pertama ini berisi mamalia yang berkuku genap atau mencerna makanannya dalam perut empat blik.

Contohnya adalah jerapah, rusa, sapi, bison, llama, unta dan lain sebagainya

Ordo Carnivora

Sub ordo kedua ini terdiri dari hewan yang memakan daging. Ada dua subordo dari karnivora, yaitu Canidae dan Felidae.

Contoh hewan di dalam Canidae adalah anjing, rubah, serigala, beruang dan lainnya yang memiliki ciri khas moncong panjang.

Sedangkan Felidae adalah mereka yang memiliki cakar bisa ditarik, seperti kucing, singa, macan tutul dan lain sebagainya.

Ordo Cetacea

Pengertian ordo dan contohnya dari Cetacea adalah hewan jenis paus bergigi. Ciri utamanya adalah gigi kerucut teratur dan memiliki permukaan tulang tidak beraturan. Selain paus, contoh hewan lainnya adalah lumba-lumba.

Ordo Primata

Primata adalah klasifikasi hewan yang memiliki moncong lebih panjang, seperti tikus pohon, gorila, simpanse dan manusia.

Baca Juga: Urutan Taksonomi Tumbuhan Lengkap Beserta Penjelasannya

Ordo Tumbuhan

Tumbuhan juga memiliki ordo mereka sendiri. Salah satunya adalah ordo tumbuhan berbunga atau Angiospermae.

Tumbuhan berbunga adalah jenis vaskuler yang paling dominan di seluruh dunia.

Amborellales

Tumbuhan dalam ordo ini memiliki satu anggota saja, yaitu Amborella trichopoda. Tumbuhan Amborella berasal dari Kaledonia Baru, tepatnya barat daya Samudra Pasifik.

Nymphaeales

Ordo tumbuhan berbunga selanjutnya ini terdiri dari tiga tumbuhan air, yaitu Hydatellaceae, Nymphaeaceae (bunga lili air), dan Cabombaceae.

Tetapi, sebuah studi filogenetik menyebut bahwa tumbuhan di dalam genus Nymphaea mencapai lebih dari 90 jenis.

Baca Juga: Gurita Cincin Biru Viral di Media Sosial, Hewan Mematikan!

Rosales

Ordo tumbuhan bunga Rosales adalah saudara dari Clade maupun Dagales. Ada sekitar 7.700 spesies di dalam ordo Rosales. Rosales terdiri dari sembilan famili dengan ciri khas seperti mawar.

Pengertian ordo dan contohnya tersebut hanyalah sebagian kecil dari jumlah keseluruhannya. Masih banyak jenis ordo hewan maupun tumbuhan di dunia biologi. (R10/HR-Online)

- Advertisment -