Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Spesies dan Contohnya Dalam Klasifikasi Makhluk Hidup

Pengertian Spesies dan Contohnya Dalam Klasifikasi Makhluk Hidup

Pengertian spesies dan contohnya menurut taksonomi biologi. Taksonomi sendiri adalah sebuah klasifikasi makhluk hidup.

Spesies hanyalah satu dari banyaknya klasifikasi makhluk hidup yang ada. Proses pengklasifikasian makhluk hidup juga berbeda antara tumbuhan dan hewan.

Baca Juga: Fosil Spesies Callichimaera Perplexa Bermata Besar 95 Juta Tahun

Inilah Pengertian Spesies dan Contohnya

Saat mempelajari biologi, kata spesies tentunya sudah bukan sesuatu yang asing lagi. Apa sebenarnya arti spesies itu sendiri?

Spesies adalah salah satu dasar klasifikasi yang ada di dalam ilmu biologi. Klasifikasi spesies lebih mengacu kepada kelompok-kelompok organisme yang memiliki kesamaan secara fisik.

Organisme-organisme dalam spesies juga saling bertukar genetik. Sehingga, kedua organisme dapat melakukan reproduksi dan menghasilkan keturunan.

Spesies menjadi tingkatan taksonomi yang paling rendah. Nama organisme dalam spesies biasanya terdiri dari dua suku kata saja. Seperti contohnya genus osa, spesiesnya Rosa multiflora, Rosa alba, dan lain-lain.

Baca Juga: Pengertian Ordo dan Contohnya Dalam Biologi, Ini Dia!

Contoh Spesies

Sebuah referensi pada tahun 2014 lalu mengungkap bahwa setidaknya terdapat 325.000 spesies tumbuhan, 1.600.000 hewan, dan 160.000 mikroorganisme.

Jumlah tersebut tentunya sudah bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Hal itu karena antar spesies bisa saja melakukan reproduksi silang.

Jika dua jenis organisme yang masih dalam satu lingkup spesies melakukan persilangan, maka hasil peranakan dari mereka berdua akan membentuk spesies baru.

Di masa depan, mungkin saja spesies akan bertambah lebih cepat karena adanya kemajuan teknologi.

Arti kata spesies juga merujuk kepada sekelompok organisme yang memiliki persamaan di sisi fisiologisnya. Sebagai contoh manusia.

Spesies manusia saat ini adalah homo sapiens. Namun, setiap manusia memiliki ciri yang berbeda. Jika mereka melakukan reproduksi, maka keturunannya akan berbeda juga.

Keturunan yang berbeda tersebut tentunya masih termasuk ke dalam spesies homo sapiens. Hanya saja, ciri dari diri keturunan tersebut berbeda dari induknya.

Baca Juga: Gurita Cincin Biru Viral di Media Sosial, Hewan Mematikan!

Pengertian spesies dan contohnya di biologi adalah sebagai berikut.

  • Felidae, di dalamnya ada kucing, cheetah, singa dan semua yang masih dalam keluarga sama.
  • Palmae, ada salak, nipah kurma, dan kelapa. Semua itu berada di dalam satu keluarga palem-paleman yang sama.

Contoh lainnya ada Solanaceae atau terong-terongan, Zingiberaceae sebagai jahe-jahean, dan Papilionaceae yaitu kacang-kacangan.

Cara Menuliskan Nama Spesies

Dalam dunia ilmiah, penulisan suatu nama tidak bisa sembarang. Terdapat panduan dan cara khusus yang sudah paten.

Begitupun dalam menulis nama spesies. Ada cara ilmiah yang wajib kamu ketahui agar tidak terjebak dan berakhir salah.

Jika menggunakan tulisan tangan atau manual, maka nama dari spesies harus menggunakan garis bawah. Selanjutnya, ketika diketik maka tulisan harus bercetak miring.

Gaya atau cara penulisan sangat penting. Bahkan, meski nama dan pengejaan benar, jika cara penulisannya salah maka akan tetap salah.

Jadi, selain mengetahui pengertian spesies dan contohnya, kamu juga harus paham cara penulisannya yang baik dan benar. (R10/HR-Online)

- Advertisment -