Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Aki Motor Overcharge yang Paling Umum, Ini Penjelasannya!

Penyebab Aki Motor Overcharge yang Paling Umum, Ini Penjelasannya!

Penyebab aki motor overcharge memang penting untuk Anda ketahui. Biasanya salah satu penyebabnya adalah karena alternator mulai rusak. Pasalnya, alternator ini berguna untuk mensuplai tegangan listrik ke aki.

Sedangkan aki sendiri mempunyai peran yang sangat penting dalam sistem kelistrikan kendaraan. Jadi, harus selalu mendapat perawatan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda pengguna kendaraan untuk senantiasa merawat dan mengenali penyebabnya.

Baca Juga: Penyebab Aki Motor Tekor, Periksa Sebelum Memutuskan Menggantinya

Inilah Penyebab Aki Motor Overcharge yang Perlu untuk Anda Ketahui

Seperti yang kita ketahui bahwa overcharge sendiri adalah kondisi aki yang terlalu berlebihan memperoleh voltase listrik. Sementara itu, arus listrik yang asalnya dari aki berguna untuk memutar dinamo starter pada kendaraan.

Apabila aki tidak mampu untuk menyimpan daya, maka akan memutar starter motor dan hasilnya kendaraan tidak akan menyala.

Biasanya penyebab aki tidak dapat menyimpan setrum lagi karena beberapa hal, seperti kesalahan penggunaan kendaraan.

Air Aki Sudah Habis dalam Waktu Lama

Apabila menggunakan aki basah lalu membiarkannya telah diisi atau sampai kering, maka ini bisa memicu kerusakan.

Sebab air aki bukan merupakan jenis air biasa, namun air yang mengandung elektrolit sebagai proses penyimpanan muatan listrik.

Baca Juga: Jenis Ban Motor Terbaik dan Berkualitas untuk Berbagai Aktivitas

Usia Aki Sudah Sangat Lama

Penyebab aki motor overcharge yang kedua adalah karena usia akinya telah lama dan bahkan tidak ada penggantian sekalipun.

Biasanya aki pada kendaraan motor akan memiliki garansi selama satu tahun sesuai usia pakai sampai 3 tahun.

Pasalnya, aki dapat bertahan lama karena tergantung dari bagaimana cara perawatannya dan usia ini menjadi penyebab umum. Biasanya penurunan juga dapat terjadi pada bagian elemen-elemen dalam aki.

Belum lagi mengenai reaksi kimia dalam aki tersebut juga bisa melemah dengan sendirinya. Jika seluruh komponen pembentuk aki sudah mulai rusak, kemungkinan daya simpannya semakin berkurang.

Kiprok Bermasalah

Penyebab aki motor overcharge berikutnya adalah karena kiprok yang bermasalah. Nah, kiprok atau regulator sendiri merupakan komponen pada motor yang berguna untuk menstabilkan tegangan listrik ke aki.

Apabila listrik yang mengalir ke aki sangat besar, maka bisa menyebabkan overcharge dan semakin lama aki bisa menggelembung.

Baca Juga: Cara Engine Brake Motor Kopling, Pengertian dan Keefektifannya

Begitu juga apabila listrik yang mengalir sangat kecil, maka juga bisa menyebabkan aki tak mampu memperoleh pengisian daya.

Tidak hanya itu, melainkan kiprok juga berguna untuk mengubah arus AC dari spul kemudian menjadi arus DC.

Mungkin dari beberapa penjelasan mengenai penyebab aki motor overcharge yang sudah kita bahas itu bisa untuk Anda pahami.

Nah, sebagai pengguna kendaraan bermotor sangat penting bagi Anda selalu merawatnya agar tetap optimal selama berkendara.

Termasuk pada bagian aki yang memang sangat penting untuk Anda perhatikan demi kenyamanan dan keselamatan berkendara. (R10/HR-Online)

- Advertisment -