Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Bearing Motor Listrik Rusak Mengurangi Kinerja Komponen

Penyebab Bearing Motor Listrik Rusak Mengurangi Kinerja Komponen

Penyebab bearing motor listrik rusak cukup beragam. Untuk mengatasinya tentu Anda harus tahu lebih dulu penyebab yang ditimbulkan. Seperti yang sudah banyak diketahui jika komponen ini memiliki fungsi penting.

Bearing atau bantalan tersebut menjadi salah satu bagian dari elemen mesin. Fungsinya yang cukup penting membuat Anda harus pintar dalam merawatnya.

Bantalan harus kuat untuk dapat memungkinkan poros serta elemen mesin lainnya bekerja dengan optimal. Sebenarnya komponen yang satu ini mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Hampir semua benda yang berputar memiliki bearing. Bahkan tanpa Anda sadari, bearing tersebut membantu perputaran hingga tidak mengalami gesekan secara berlebih.

Begitu juga dengan motor. Bantalan ini memang memiliki peran penting pada setiap jenis kendaraan. Apalagi yang cukup baru di Indonesia yaitu motor listrik. Bearing pada motor listrik juga bisa mengalami yang namanya masalah.

Untuk itu, sebaiknya Anda selalu melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin. Bahkan dengan melakukan perawatan, membantu komponen tersebut dapat berfungsi dengan optimal.

Mengetahui apa saja penyebab bearing motor listrik rusak juga membantu mengatasinya jauh lebih cepat. Apalagi ketika Anda sedang berada dalam perjalanan. Tentu melakukan pengecekan membuat perjalanan lebih aman dan nyaman.

Baca juga: CVT Motor Matic Bergetar, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kenali Penyebab Bearing Motor Listrik Rusak yang Sering Terjadi

Seperti yang sudah Anda ketahui jika komponen pada kendaran memiliki fungsi cukup penting. Bahkan termasuk bearing atau bantalan. Bearing memang sering juga disebut dengan laher pada bagian roda motor.

Perannya yang penting membuat pemilik kendaraan harus melakukan pengecekan secara berkala. Anda harus bisa perhatikan komponen tersebut yang menghubungkan antara komponen kaki dengan as roda.

Dengan adanya komponen bearing, membantu roda dapat berputar bebas. Bahkan mampu meningkatkan kestabilan saat dijalankan. Seiring pemakaiannya, maka dampak terhadap komponen pun semakin terasa.

Komponen akan memiliki kinerja yang kurang optimal. Bahkan kondisi jalan yang tidak dapat terprediksi pun akan berdampak pada bearing.

Sehingga mengharuskan Anda untuk lebih memperhatikan kendaraan lengkap dengan komponen di dalamnya. Motor listrik menjadi salah satu jenis kendaraan yang banyak beredar di Indonesia.

Selain ramah lingkungan, motor listrik nyatanya lebih aman dalam berkendara. Namun yang namanya masalah tentu bisa siapa saja yang mengalaminya.

Termasuk bearing pada motor listrik. Berikut ini ada beberapa penyebab yang umum terjadi ketika bearing motor listrik rusak. Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Penyebab Busi Motor Basah, Bisa Berakibat Kurangnya Kinerja Komponen

Bobot Berlebih

Ada banyak penyebab bearing motor listrik rusak, salah satunya akibat bobot berlebih. Tidak sedikit pemilik kendaraan yang kurang memperhatikan muatan berkendara.

Padahal justru karena muatan yang berlebih menjadi salah satu penyebab bearing rusak. Beban yang berlebih pada kendaraan, dampaknya pada bearing.

Apalagi ketika membawa beban berlebih sepeda motor harus melewati jalan berlubang atau rusak.

Hal ini akan mengakibatkan komponen tersebut cepat bermasalah. Bahkan bearing bisa pecah jika kendaraan berjalan dengan kecepatan tinggi.

Air

Ternyata air juga bisa menjadi penyebab bearing motor listrik rusak. Tidak semua bahan metal tahan terhadap korosi. Untuk itu, ketika bearing terkena air, maka bisa saja terjadi karat.

Karat akan mudah timbul pada komponen yang tidak tahan terhadap air. Air dapat masuk melalui genangan, air hujan, atau bahkan yang bercampur lumpur dan pasir.

Pemasangan Bearing Tidak Standar

Saat pemasangan bearing, tentu tidak bisa sembarangan. Anda harus berhati-hati dan memilih standar yang sudah ditentukan.

Jika terjadi kesalahan saat pemasangan, misal terlalu longgar akan berdampak pada cincin bagian luar yang menimbulkan gesekan dengan poros. Sedangkan jika pemasangan terlalu erat, mengakibatkan ventilasi atau celah kurang.

Hal ini mengakibatkan suhu bantalan akan cepat meningkat. Bahkan dapat menimbulkan konsentrasi tegangan berlebih.

Suspensi

Beberapa hal yang dapat mengakibatkan bearing rusak mungkin terkadang tidak kita sadari. Padahal jika salah satu suspensi tidak bekerja maksimal juga bisa menjadi penyebabnya.

Hal tersebut akan mengakibatkan pengaruh pada bagian roda. Roda akan miring dan tidak bekerja secara maksimal.

Sehingga kenyamanan berkendara dan sistem keselamatan pengendara juga akan berkurang. Masih banyak sekali penyebab bearing motor listrik rusak. (R10/HR Online)

- Advertisment -