Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Busi Motor Basah, Bisa Berakibat Kurangnya Kinerja Komponen

Penyebab Busi Motor Basah, Bisa Berakibat Kurangnya Kinerja Komponen

Penyebab busi motor basah bisa karena beberapa faktor. Hal ini perlu Anda perhatikan agar tidak mengganggu performa kendaraan.

Seperti yang sudah banyak diketahui jika sepeda motor memiliki berbagai komponen untuk membuat kendaraan dapat berfungsi dengan optimal.

Bahkan berbagai komponen tersebut saling berkesinambungan untuk bisa bekerja. Salah satu komponen motor yang cukup vital keberadaannya yaitu busi.

Busi pada kendaraan menjadi salah satu komponen penting. Jika komponen tersebut bermasalah, akan mengakibatkan kondisi sepeda motor kurang optimal.

Meski komponen tersebut berukuran kecil, namun fungsinya cukup besar pada sepeda motor. Busi membantu proses pembakaran sebagai pemantik api yang kemudian dilanjutkan ke mesin.

Karena fungsinya cukup penting, ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan secara rutin. Apabila busi bermasalah, tentu akan mengurangi kenyamanan berkendara.

Bahkan akibatnya cukup fatal. Kendala yang bisa Anda dapatkan yaitu kendaran tiba-tiba mogok atau susah dinyalakan. Salah satu yang bisa terjadi yaitu busi basah.

Penyebab busi motor basah perlu Anda ketahui agar bisa diatasi dengan tepat. Masih banyak pemilik motor yang kurang paham akan terjadinya hal ini.

Padahal dengan mengetahui penyebabnya, mencegah dan mengatasinya cukup cepat. Untuk itu, pemilik motor bisa melakukan pengecekan secara rutin guna membantu Anda lebih mudah dalam perawatannya.

Baca juga: Ciri Busi Motor Mati, Bisa Terjadi karena Berbagai Faktor Penyebabnya

Inilah Penyebab Busi Motor Basah yang Sering Terjadi

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang cukup banyak dipilih untuk memudahkan saat bepergian.

Sepeda motor akan bekerja dengan optimal jika setiap komponennya dalam kondisi yang baik. Sehingga komponen dapat berfungsi secara optimal.

Busi menjadi komponen vital yang membantu sistem pengapian. Namun seiring penggunaannya yang lama, tentu perlu Anda lakukan pengecekan secara rutin.

Hal ini bertujuan agar tahu dan paham apa yang perlu Anda lakukan ketika busi bermasalah. Salah satu yang memang sering dialami yaitu busi basah. Anda bisa cek melalui kondisi fisiknya.

Jika kondisinya dalam keadaan bagus, tentunya bagian elektroda tempat pemantik api kering. Bahkan bebas dari sisa pembakaran.

Namun sayangnya, sering sekali busi mengalami kerusakan karena basah. Lantas apa saja penyebab busi motor basah? Simak ulasanya berikut ini:

Oli Masuk pada Ruang Pembakaran

Salah satu yang bisa menjadi penyebab busi motor basah yaitu oli masuk pada ruang pembakaran. Sebenarnya kondisi ini jarang sekali terjadi. Akan tetapi, akan berakibat fatal pada kendaraan Anda.

Apalagi bagi Anda yang memiliki sepeda motor tipe 2 tak. Secara teori, oli tidak mungkin dapat masuk dalam ruang pembakaran. Kondisi ini bisa saja terjadi karena suatu hal.

Hal yang bisa terjadi yaitu adanya kebocoran pada bagian silinder. Bisa juga karena ring piston motor telah aus. Jika hal ini terjadi, ada baiknya jika Anda mengganti dengan komponen baru.

Baca juga: Efek Tidak Ganti Busi Motor dan Ciri-Ciri Masalah yang Perlu Diperhatikan

Sistem Pengapian Bermasalah

Ada banyak penyebab busi motor basah yang bisa Anda alami. Salah satu yang bisa saja terjadi yaitu pada sistem pengapian. Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang menggunakan sistem pengapian CDI.

Sistem yang satu ini akan membuat proses induksi pada koil berlangsung secara singkat dan cepat. Komponen CDI memiliki peran yang cukup penting.

Sehingga ketika terjadi masalah, akan mempengaruhi kinerja busi. Hal ini mengakibatkan busi tidak menyala. Pasalnya, ada proses pencampuran antara udara dengan bahan bakar dalam ruang pembakaran.

Karena penyebab tersebut, busi motor akan basah. Percikan api yang harusnya bisa busi produksi akan terhambat proses pembakarannya sehingga tidak akan bekerja sempurna.

Busi Tidak Berfungsi Maksimal

Berbagai masalah yang terjadi pada busi tentu akan berpengaruh pada sistem pengapian sepeda motor. Masalah yang bisa Anda alami yaitu busi basah.

Akibat jika kondisi ini terjadi yaitu pembakaran akan mengalami proses pembakaran terhambat. Sehingga mengakibatkan bensin yang berada dalam ruang bakar mengembun.

Bahkan bisa mengakibatkan ujung busi basah. Busi menjadi komponen yang cukup penting pada sebuah sepeda motor.

Karena alasan inilah mengapa Anda harus melakukan perawatan secara rutin. Apalagi ada banyak masalah yang bisa terjadi, termasuk penyebab busi motor basah. (R10/HR Online)

- Advertisment -