Selasa, Januari 25, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab CVT Cepat Panas, Salah Memilih Pelumas!

Penyebab CVT Cepat Panas, Salah Memilih Pelumas!

Penyebab CVT cepat panas bisa dikarenakan berbagai faktor. Mengingat pentingnya CVT (Continous Variable Transmission) membuat Anda harus memahaminya.

Selain itu, Anda perlu tahu apa fungsi hingga perannya terhadap kendaraan. Continous Variable Transmission ini merupakan salah satu komponen yang bisa Anda temukan pada mobil tipe matic.

Sebenarnya ada beberapa jenis transmisi pada mobil, namun salah satunya yaitu CVT. Dimana CVT memiliki keunggulan dari jenis transmisi lainnya.

Dari transmisi CVT yaitu perpindahan terasa lebih halus tanpa hentakan sekalipun. Bahkan CVT juga dapat menyesuaikan dengan mesin yang bekerja lebih ringan.

Hal ini terjadi karena rasio transmisi tersebut terus berubah. Terjadinya transmisi CVT pada mobil matic melalui perubahan diameter driven pulley yang mengikuti putaran mesin.

Baca juga: CVT Motor Matic, Gejala Kerusakan dan Cara Merawatnya

Selanjutnya tersambung dengan sabuk yang terbuat dari baja. Tidak hanya pada kendaraan roda empat tipe matic saja, CVT juga bisa Anda temukan pada kendaraan roda dua.

Motor matic juga memiliki transmisi CVT yang bisa berfungsi dengan baik. Namun namanya juga komponen kendaraan, tentu akan mengalami kerusakan setelah pemakaian cukup lama.

Begitu juga dengan sistem transmisi CVT. Salah satu yang bisa terjadi yaitu kendaraan akan terasa panas. Tidak hanya pada bagian mesin saja yang bisa mengakibatkan kendaraan overheat.

Namun CVT tidak bekerja maksimal saat dikendarai. Penyebab CVT cepat panas pun bisa mengakibatkan kinerjanya kurang optimal. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan pelumas yang tidak tepat.

Sehingga CVT akan mudah panas. Ketika kondisi ini Anda alami, ada baiknya untuk segera mengetahui penyebabnya. Hal ini bertujuan agar penanganan CVT panas juga bisa segera Anda lakukan.

Pahami Penyebab CVT Cepat Panas pada Kendaraan Matic

Seperti yang sudah banyak terlihat jika kendaraan matic justru menjadi pilihan. Selain mudah untuk dikendarai, tentu banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan.

Bahkan siapa saja bisa dengan mudah mengendarai motor matic. Dalam setiap kendaraan memiliki komponen guna memaksimalkan kinerjanya. Begitu juga dengan kendaraan matic.

Salah satu yang memiliki peran penting yaitu CVT (Continous Variable Transmission). Pentingnya ada sistem transmisi CVT membuat kendaraan dapat bekerja dengan optimal.

Baca juga: Ciri V-Belt Putus pada Motor Matic, Apa Tanda dan Penyebabnya?

Bahkan Anda juga perlu tahu apa sebenarnya penyebab CVT panas. Bukan hanya mesin yang panas, namun CVT juga bisa mengalaminya. Hal ini tentu membuat Anda merasa kurang nyaman dalam berkendara.

Salah satu penyebab CVT cepat panas bisa karena lintasan sering stop and go. Hal ini sering terjadi pada area perkotaan yang rawan kemacetan.

Sehingga mengakibatkan Anda melakukan pengereman dan gas secara mendadak bahkan sering. Penyebab inilah yang sering memicu CVT panas. Sehingga membuat berkendara terasa kurang nyaman.

Penggunaan Pelumas yang Kurang Tepat

Ada beberapa penyebab CVT cepat panas. Selain digunakan berkendara di area perkotaan, penyebabnya juga bisa karena penggunaan pelumas yang kurang tepat.

Sebagai pemilik kendaraan, ada baiknya jika Anda selalu memperhatikan berbagai komponen. Dengan mengetahuinya, membantu Anda lebih mudah dalam perawatan.

Begitu juga dalam pemberian pelumas pada motor matic. Sebaiknya gunakan pelumas sesuai standar kendaraan.

Salah satu kelebihan jika Anda menggunakan pelumas yang tepat yaitu kendaraan akan lebih ringan dikemudikan.

Bahkan pelumas yang standar juga membuat mesin lebih dingin. Hal ini berdampak pada kondisi mesin yang bandel dan lebih enteng tarikannya.

Pastikan Anda memilih pelumas dengan teknologi Heat Protection Formula dan Synthetic yang tepat. Cara ini bisa membantu Anda mencegah CVT panas lebih cepat.

Bahkan dengan mengetahui standar berkendara juga akan membantu Anda lebih mudah dalam mencegah timbulnya CVT motor matic yang cepat panas.

Lakukan cara berkendara motor matic yang tepat guna mencegah komponen cepat bermasalah. Termasuk bagian mana serta waktu yang tepat Anda dalam melepas dan kontrol gas saat berkendara.

Memiliki kendaraan sendiri memang jauh lebih nyaman. Salah satu yang banyak terpilih yaitu kendaraan tipe matic. Meski banyak keunggulannya, namun Anda juga perlu melakukan perawatan pada semua komponen.

Salah satunya yaitu mengetahui apa saja faktor penyebab CVT cepat panas. Sehingga dengan mudah untuk melakukan pencegahan sebelum timbul masalah. (R10/HR Online)

- Advertisment -