Jumat, Januari 21, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Gear Motor Cepat Habis Karena Kotoran yang Menempel

Penyebab Gear Motor Cepat Habis Karena Kotoran yang Menempel

Penyebab gear motor cepat habis bisa terjadi karena pemakaiannya. Bahkan masih banyak faktor yang mengakibatkan hal ini terjadi. Semua komponen sepeda motor hadir dengan berbagai fungsi yang berbeda.

Bahkan memiliki masa pemakaian yang berbeda-beda pula. Seiring penggunaannya, tentu membuat beberapa komponen perlu perawatan hingga penggantian.

Ada baiknya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara, Anda perlu melakukan pengecekan secara rutin. Hal ini membantu Anda mendapatkan performa kendaraan yang maksimal.

Salah satu komponen pada sepeda motor yang memiliki peran penting yaitu gear. Komponen yang satu ini hampir sama dengan lainnya yaitu akan aus dan perlu diganti secara berkala.

Selain jangka waktu yang bisa menjadi patokan, Anda juga dapat melihatnya dari kondisi fisik. Sebab seiring pemakaian sepeda motor yang selalu digunakan, tentu membuat komponen tersebut cepat aus.

Baca juga: Gear Depan Motor Goyang, Beberapa Kebiasaan Ini Jadi Penyebabnya

Selain bagian mesin, gear juga penting untuk Anda perhatikan. Jika kondisinya memang sudah tidak lagi memungkinkan, perlu ganti gear dengan yang baru.

Sebab jika kondisi gear sudah aus akan membuat berkendara menjadi kurang nyaman. Bahkan justru bisa menimbulkan masalah yang besar hingga kecelakaan.

Untuk itu, sebagai pemilik kendaraan, Anda perlu tahu apa saja penyebab gear motor cepat habis. Sehingga Anda akan bisa lebih berhati-hati dalam berkendara. Selain itu, cara memperbaikinya juga jauh lebih cepat.

Ketahui Penyebab Gear Motor Cepat Habis

Gear bekerjasama dengan rantai agar bisa membuat sepeda motor berjalan dengan bantuan komponen lainnya. Seiring pemakaiannya, gear dan rantai perlu diganti.

Sebab gear akan aus dan tidak memberikan kinerja secara optimal. Ausnya gear sepeda motor biasanya karena tumpukan kotoran yang sering menempel dan tidak dibersihkan.

Hal ini terjadi karena kondisi cuaca yang tidak menentu. Sehingga motor akan lebih cepat kotor karena debu, lumpur, pasir ketika panas, dan hujan.

Ada dua bagian gear pada sepeda motor yaitu depan dan belakang. Namun yang mudah mengalami keausan yaitu gear bagian depan.

Mengingat hanya sepeda motor jenis bebek dan sport yang memilikinya, tentu Anda harus hati-hati. Letak gear depan yang tersembunyi memang sering terabaikan.

Sehingga kondisinya kurang diperhatikan. Hal ini mengakibatkan gear banyak menumpuk kotoran. Bagi Anda yang enggan untuk membersihkannya, justru akan menjadi salah satu penyebab gear motor cepat habis.

Apalagi komponen tersebut tertutup cover pelindung. Untuk itu, agar komponen tetap terjaga, periksa kondisinya secara berkala.

Ada baiknya jika Anda juga membersihkan gear bagian depan guna membuat komponen lebih awet.

Baca juga: Gear Belakang Motor, Jangan Sembarangan Mengganti Ukurannya

Gear Aus Karena Kotoran

Pemakaian sepeda motor yang terlalu sering juga membuat Anda perlu melakukan perawatan secara rutin. Bahkan termasuk pada gear sepeda motor. Komponen yang satu ini memiliki fungsi cukup vital.

Tanpa adanya komponen tersebut, tentu sepeda motor tidak bisa berjalan. Salah satu penyebab gear motor cepat habis yaitu karena kotoran yang menempel.

Satu set gear terdiri dari gear bagian belakang, rantai, dan bagian depan. Semua memiliki masa pemakaian.

Namun selain masa pemakaian, komponen tersebut juga bisa segera Anda ganti karena beberapa faktor.

Salah satunya karena gear bagian depan yang sering mengalami keausan lebih cepat. Kebiasaan buruk pengendara bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Membiarkan kotoran menumpuk dan Anda jarang membersihkannya. Apalagi bagian gear depan yang tersembunyi sering tidak kita perhatikan.

Padahal kotoran yang terlalu banyak menempel sering menjadi pengganggu pada area tersebut. Jika terjadi secara terus-menerus akan menjadi penyebab gear aus lebih cepat.

Cara Merawat Gear Depan Sepeda Motor

Agar gear sepeda motor tetap berfungsi dengan baik, berikan perawatan yang tepat. Sehingga penyebab gear motor cepat habis tidak Anda alami.

Anda bisa berikan perawatan yang simpel. Cukup bongkar dulu bagian covernya dan copot gear bagian depan.

Anda bisa melepas dan membersihkannya secara sempurna. Sebab jika komponen tersebut tidak Anda bersihkan, akan terlalu sulit hilang.

Anda bisa membersihkan gear menggunakan bensin. Selanjutnya berikan pelumas penetrant sebelum terpasang kembali.

Jika kondisinya sudah aus, akan menimbulkan suara berisik. Karena itu dengan membersihkan kotoran yang menempel, mengurangi penyebab gear motor cepat habis. (R10/HR Online)

- Advertisment -