Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Kencing Terasa Sakit, Hati-hati Infeksi Saluran Kemih

Penyebab Kencing Terasa Sakit, Hati-hati Infeksi Saluran Kemih

Penyebab kencing terasa sakit yang biasanya dialami oleh pria maupun wanita terjadi akibat beberapa faktor. Rasa tidak nyaman, nyeri dan panas saat buang air kecil adalah gejala utama infeksi pada saluran kencing.

Ginjal menyaring darah dan menghasilkan urine yang kemudian dikeluarkan tubuh lewat saluran kemih. Melalui buang air kecil, tubuh mengeluarkan urine untuk membuang sisa-sisa metabolisme, seperti racun dan urea.

Lantas, bagaimana kalau pada saat kencing kita merasakan sakit, apakah berbahaya? Sakit saat buang air kecil kerap terjadi pada sebagian orang.

Bahkan, hal itu sering kali orang mengaitkannya dengan penyakit serius yang kemudian menimbulkan perasaan takut.

Meski merasakan sakit saat buang air kecil, namun jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa itu adalah tanda adanya penyakit kelamin ataupun penyakit serius lain.

Karena, ada beberapa penyebab yang bisa membuat rasa nyeri saat kencing. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasannya yang perlu kamu ketahui.

Kenali 10 Penyebab Kencing Terasa Sakit

Baca Juga : Penyebab dan Gejala Infeksi Saluran Kemih yang Patut Diwaspadai

Sering Menahan Buang Air Kecil

Jika kamu sering menahan buang air kecil, bisa jadi hal ini yang menyebabkan kamu merasa nyeri saat kencing.

Kebiasaan ini bisa mengakibatkan urine menumpuk pada kantung kemih dan ginjal. Jika kamu membiarkannya terlalu lama maka akan menyebabkan rasa sakit ketika pipis.

Dehidrasi

Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab kencing terasa sakit. Jika kamu merasa nyeri pada saat pipis dan warna air seni yang keluar terlihat kecoklatan, itu tandanya tubuh kamu kekurangan air.

Beraktivitas memicu keringat keluar dari tubuh. Jika tubuh kekurangan asupan air maka akan menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil.

Infeksi Saluran Kemih

Faktor ketiga yang menjadi penyebab kencing terasa sakit yaitu adanya infeksi pada bagian saluran kemih. Ada beberapa faktor yang menjadi pemicunya.

Masuknya bakteri escherichia coli pada saluran uretra saat kencing di tempat umum yang tidak terjaga kebersihannya bisa menjadi salah satu penyebab infeksi saluran kencing.

Selain itu, infeksi saluran kemih/kencing bisa juga terjadi akibat iritasi ketika berhubungan intim, atau karena sembelit.

Baca Juga : Bahaya Sering Menahan Kencing, Bisa Infeksi Hingga Ginjal

Infeksi Ginjal

Apabila infeksi saluran kencing dibiarkan begitu saja, lama-lama bakteri akan bergerak menuju ke bagian ginjal.

Jika hal ini terjadi, tentu saja ginjal juga bakal mengalami infeksi dan menyebabkan rasa nyeri pada saat kencing akan semakin parah.

Kalau yang menjadi penyebab sakit kencing adalah karena infeksi ginjal, kamu akan mengalami gejala lainnya seperti demam, mual, badan kedinginan, muntah, dan urin yang keluar berwarna gelap.

Radang Prostat

Penyebab kencing terasa sakit yang berikutnya yaitu adanya peradangan pada prostatitis atau kelenjar prostat pada pria.

Selain buang air kecil terasa nyeri, rasa panas, perih, dan tidak nyaman saat kencing juga merupakan gejala terjadinya peradangan pada prostat.

Gangguan Uretra

Uretra merupakan saluran yang mengalirkan urine keluar dari dalam tubuh. Uretra termasuk organ bagian tubuh yang rawan mengalami peradangan.

Letak uretra pada pria berada antara anus dan skrotum. Sedangkan pada wanita terletak antara bukaan vagina dan anus.

Terjadinya peradangan pada uretra juga dapat menjadi penyebab kencing terasa sakit. Atau bisa juga akibat penyempitan uretra. Gejala lainnya yang muncul yaitu sering merasa ingin pipis.

Baca Juga : Penyakit Radang Panggul, Kenali Penyebab dan Ciri-Cirinya Ini!

Radang Panggul

Penyakit radang panggul bisa menjadi penyebab kencing terasa sakit pada wanita. Penyakit ini menyerang rahim, leher rahim, ovarium, dan saluran tuba.

Peradangan yang terjadi pada panggul merupakan infeksi serius. Kondisi ini berawal dari vagina yang kemudian berpindah ke bagian organ reproduksi.

Efek Samping Obat Tertentu

Beberapa obat dapat menimbulkan efek samping buang air kecil jadi terasa sakit. Seperti obat antibiotik dan obat untuk kanker.

Oleh sebab itu, jangan sembarangan mengganti atau menghentikan obat. Sebaiknya konsultasikan dengan layanan kesehatan jika obat yang kamu minum menimbulkan efek samping kencing sakit.

Iritasi Produk Kewanitaan

Terkadang penyebab kencing sakit bukan dari adanya infeksi atau penyakit, tapi iritasi akibat dari penggunaan produk khusus area kewanitaan.

Seperti misalnya lotion, sabun, pembalut, tisu, hingga detergen bisa mengiritasi jaringan alat vital wanita yang jenis kulitnya sensitif.

Aktivitas yang Berkaitan dengan Genital

Seringnya terjadi gesekan antara genital dengan benda keras saat beraktivitas juga bisa menjadi penyebab sakit saat buang air kecil.

Seperti contohnya sering bersepeda, yang mana area luar genital terus menerus bergesekan dengan sadel yang keras.

Adanya gesekan ini bisa menyebabkan bagian luar genital mengalami luka, sehingga menimbulkan rasa nyeri ketika buang air kecil.

Itulah 10 penyebab kencing terasa sakit. Jika kondisi tersebut tak juga mereda, bahkan terasa semakin parah, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -