Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Mobil Tidak Bisa di Spooring Hingga Waktu yang Tepat

Penyebab Mobil Tidak Bisa di Spooring Hingga Waktu yang Tepat

Penyebab mobil tidak bisa di spooring salah satunya karena kaki-kaki mobil sudah dalam keadaan rusak. Melakukan spooring roda mobil secara berkala menjadi salah satu kewajiban yang perlu Anda lakukan.

Sama seperti komponen lain, tentu memerlukan yang namanya perawatan. Berikan perawatan secara rutin agar komponen mobil bisa berfungsi dengan maksimal.

Spooring yang dilakukan secara berkala ini akan membantu meluruskan atau menyelaraskan kaki-kaki mobil agar tetap terjaga. Namun, ada saja penyebab yang bisa mengakibatkan spooring tidak bisa dilakukan.

Spooring roda mobil bisa saja mengalami kegagalan karena beberapa faktor. Karena itulah sebagai pemilik kendaraan, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu spooring dan penyebab mobil tidak bisa di spooring.

Padahal peran roda atau kaki pada mobil cukup penting. Hal ini bertujuan agar kondisi kendaraan bisa stabil. Untuk itu, sebagai pemilik mobil harus rajin melakukannya secara rutin.

Baca juga: Penyebab Mobil Tersendat-Sendat Saat Jalan, Wajib Diperhatikan

Fungsi dan Penyebab Mobil Tidak Bisa di Spooring

Spooring mobil adalah mengembalikan kondisi kendaraan agar tetap dalam kondisi stabil saat berkendara.

Jika Anda telat bahkan tidak melakukannya, justru mengakibatkan kendaraan tak dapat berfungsi secara maksimal.

Untuk waktu yang perlu Anda lakukan pun bisa terungkap melalui beberapa tanda tertentu yang muncul. Spooring akan menyeimbangkan kembali bagian mobil yang kurang stabil.

Terutama pada bagian roda yang khususnya kanan dan kiri agar selaras. Bahkan keausan dari ban mobil juga bisa merata. Itulah mengapa spooring penting untuk dilakukan.

Dengan melakukan hal tersebut, pastinya akan membantu meningkatkan kenyamanan pengendara. Pada umumnya, spooring terjadi untuk menyeimbangkan bagian ban dan setir mobil.

Dengan melakukan spooring, keduanya akan memberikan performa yang optimal dan dapat terkendali secara baik.

Saat setir mobil sulit Anda kendalikan, tentu dapat membahayakan keselamatan. Untuk itulah, segera lakukan spooring. Sebab spooring bisa membantu memperbaiki kaki-kaki mobil yang rusak.

Baca juga: Penyebab Mobil Injeksi Boros Bisa Jadi Tanda Kerusakan pada Mesin

Pengertian Spooring Mobil

Penyebab mobil tidak bisa di spooring bisa karena kondisinya sudah rusak. Spooring itu sendiri perlu Anda lakukan ketika posisi setir tidak sama seperti posisi roda. Hal ini mengakibatkan laju kendaraan menjadi kurang stabil dan seimbang.

Sebaiknya jika kondisinya sudah tidak enak, segeralah melakukan spooring. Pastikan Anda setel posisi roda agar lebih ideal. Sehingga laju kendaraan akan jauh lebih seimbang.

Cara Melakukan Spooring

Banyak penyebab mobil tidak bisa di spooring. Tidak hanya saat kondisi ban sudah rusak saja. Akan tetapi, bisa saja karena Anda terlambat melakukannya setelah sekian lama kendaraan perlu di spooring.

Spooring ban menjadi salah satu proses yang bisa Anda lakukan untuk menstabilkan kendaraan. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengatur front wheel alignment.

Cara ini berkaitan pada bagian sudut caster roda bagian depan dan camber. Anda perlu melakukannya secara rutin.

Sebab cara ini menjadi salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan sebagai salah satu perawatan kaki-kaki mobil.

Waktu yang Tepat untuk Spooring

Spooring memang menjadi salah satu kewajiban pemilik mobil yang perlu dilakukan. Biasanya spooring harus segera dilakukan ketika kondisinya sudah tidak nyaman Anda kendarai.

Sehingga mobil akan terasa kurang prima dan justru mengakibatkan kecelakaan. Selain dengan adanya tanda tersebut, biasanya bengkel profesional menyarankan untuk melakukan spooring setiap jarak tempuh 20.000 km.

Dengan melakukan spooring secara berkala, membuat kondisi ban dan kaki menjadi lebih awet. Sehingga tidak akan muncul penyebab mobil tidak bisa di spooring.

Penyebab Spooring Gagal

Tujuan spooring memang dapat dilakukan agar kondisi roda dan stir mobil dalam keadaan stabil. Namun ada juga penyebab spooring mobil gagal yaitu karena kondisinya sudah rusak.

Bagian bushing-bushing yang telah rusak dan power steering bermasalah mengakibatkan roda jadi oblak. Jika dalam kondisi ini spooring tetap Anda lakukan, maka hasilnya tidak akan bisa.

Justru hal ini akan berdampak pada gagalnya setelan antara roda dengan setir. Inilah yang menjadi salah satu masalah mengapa spooring mobil tidak bisa Anda lakukan.

Mengingat spooring cukup penting, ada baiknya jika Anda melakukannya secara rutin. Bahkan perlu Anda ketahui apa saja penyebab mobil tidak bisa di spooring. (R10/HR Online)

- Advertisment -