Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Starter Motor Lemah Ternyata Bukan Hanya Karena Aki Saja

Penyebab Starter Motor Lemah Ternyata Bukan Hanya Karena Aki Saja

Penyebab starter motor lemah akan mengakibatkan Anda kesulitan saat menyalakan kendaraan. Apalagi jika Anda sedang terburu-buru dan hal tersebut terganggu pastinya membuat jengkel.

Untuk dapat mencegah serta mengatasinya, ada baiknya jika Anda tahu penyebabnya terlebih dulu. Mungkin untuk pemilik kendaraan bermotor sudah tahu komponen hingga fungsinya.

Sehingga dapat melakukan perawatan secara tepat. Setiap komponen sepeda motor memiliki peran yang tidak sama. Namun semua perlu segera teratasi guna membuat kinerjanya kembali optimal.

Masalah yang sering terjadi pada sepeda motor juga cukup beragam. Hal ini penanganannya tidak sama. Seperti halnya dengan starter motor lemah.

Hal ini bisa menjadi masalah yang cukup sering dialami pemilik sepeda motor. Apalagi mengingat komponen tersebut penting keberadaannya.

Sehingga ketika bermasalah harus menjadi perhatian khusus bagi pemiliknya. Meski mesin masih bisa menyala dengan cara diengkol, namun menggunakan starter adalah cara cepat saat hendak berkendara.

Agar dapat terhindar dari masalah tersebut, sebaiknya Anda juga perlu tahu penyebab starter motor lemah.

Sehingga tidak akan kesulitan ketika masalah ini terjadi. Dengan mengetahui penyebabnya, membantu Anda lebih mudah dan cepat dalam mengatasi.

Baca juga: Penyebab Motor Injeksi Brebet saat Digas, Kenali Lebih Awal Gejalanya

Mengetahui Penyebab Starter Motor Lemah

Menggunakan starter pada sepeda motor tentu membantu Anda lebih mudah ketika hendak menyalakan kendaraan. Sehingga komponen ini menjadi salah satu yang penting untuk diandalkan.

Selain itu, cara menggunakannya cukup mudah jika dibandingkan dengan engkol. Bahkan pentingnya lagi dengan komponen tersebut juga akan mendeteksi jika terjadi kerusakan pada komponen lain.

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk tahu penyebabnya agar dapat mengatasinya secepat mungkin.

Lantas apa saja penyebab starter motor lemah? Simak ulasan selengkapnya.

Bendik Motor Lemah

Bendik menjadi salah satu komponen yang penting keberadaannya. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengalirkan aliran listrik ke dinamo starter. Komponen tersebut mampu bekerja saat tombol starter Anda fungsikan.

Lokasi bendik berada tidak jauh dengan mesin. Letaknya cukup strategis antara aki dengan dinamo starter.

Jika masalah ini yang Anda alami, maka terjadi karena kedua kutub kotor. Hal ini juga akan mengakibatkan arus listrik menjadi terhalang.

Baca juga: Penyebab Motor Mati Saat Panas Bisa Diakibatkan Beberapa Hal Sepele

Dinamo Rusak

Penyebab starter motor lemah selanjutnya bisa karena bagian dinamonya yang bermasalah. Ketika dinamo yang bermasalah, tentu akibat areng atau kul staternya sudah habis.

Adapun ciri cirinya ketika sudah mulai rusak yaitu terdengar bunyi krek antara area dinamo starter. Ketika dinamo starter rusak atau lemah, Anda bisa pukul-pukul menggunakan gagang obeng.

Jika sudah tidak berfungsi, pertanda harus menggantinya dengan yang baru. Jika tidak, Anda juga bisa menggantinya satu set bersama dinamo.

Tombol Stater Rusak atau Kotor

Memiliki kendaran sepeda motor dapat menyiasati berbagai masalah yang bisa saja terjadi. Anda pun juga perlu tahu penyebab starter motor lemah.

Salah satu penyebab yang sering terjadi yaitu tombol starter kotor atau bahkan rusak. Biasanya masalah ini sering terjadi pada motor tua. Jika tidak, karena pemilik kendaraan sering membongkar bagian saklar kanan.

Untuk dapat mengatasinya, sebaiknya segera cek kondisi starter apakah kotor, berkarat, atau perlu diganti dengan yang baru.

Bongkar dan bersihkan kotoran yang menempel. Jika masih saja tidak berfungsi, segera periksa komponen lainnya.

Cek Aki Motor

Ada baiknya melakukan pengecekan aki sepeda motor secara rutin. Hal ini perlu Anda lakukan untuk dapat mengetahui seberapa prima kondisi komponen tersebut.

Aki memiliki peran yang penting dalam sistem kelistrikan sepeda motor, termasuk starter. Saat starter nyala, maka aki bekerja ekstra keras.

Sehingga ketika kondisinya lemah, kemungkinan besar stater tidak dapat berfungsi. Untuk dapat mencegah timbulnya penyebab starter lemah, Anda harus sering melakukan pengecekan pada aki motor.

Selain untuk starter, aki juga memiliki peran vital bagi sistem kelistrikan kendaraan. Memiliki sepeda motor yang starternya bermasalah terkadang membuat jengkel.

Apalagi ketika motor untuk hal yang penting. Untuk mencegah dan mengatasinya, sebaiknya Anda tahu apa saja penyebab starter motor lemah. Dengan demikian, berkendara secara aman bisa Anda rasakan setiap saat. (R10/HR Online)

- Advertisment -