Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbedaan antara Sunscreen dan Sunblock, Jangan Salah saat Memilih

Perbedaan antara Sunscreen dan Sunblock, Jangan Salah saat Memilih

Perbedaan antara sunscreen dan sunblock mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Keduanya sering kali dianggap memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hanya beda istilahnya saja.

Padahal, keduanya mempunyai fungsi cukup berbeda. Untuk membedakannya kita harus tahu dulu fungsi masing-masing dari kedua lotion tersebut.

Merangkum dari berbagai sumber, meskipun sunscreen dan sunblock fungsinya hampir sama, tapi sesungguhnya memiliki perbedaan dalam bentuk melindungi kulit.

Bagi kita yang tinggal di Indonesia sebagai negara tropis, tentu setiap harinya kita banyak mendapatkan sinar matahari. Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati saat melakukan perawatan kulit.

Satu hal yang harus kita gunakan untuk perawatan kulit sehari-hari adalah sunscreen. Lotion ini berfungsi sebagai lapisan pelindung yang sangat penting untuk kulit agar terhindar dari dampak buruk paparan sinar matahari.

Baca Juga : Perawatan Kulit Alami yang Mudah dengan Khasiat Lidah Buaya

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai perbedaan kedua lotion perawatan kulit tersebut, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Apa Perbedaan Sunscreen dan Sunblock?

Sunscreen

Biasanya jenis sunscreen banyak digunakan sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Karena lotion yang satu ini mampu menyaring sinar UV (ultraviolet) dari matahari.

Bahkan sunscreen juga bisa menangkal lebih banyak sinar matahari. Hanya beberapa saja sinar matahari yang masuk. Jadi, proses tersebut membuat jenis lotion ini sifatnya cenderung lebih kimiawi.

Baca Juga : Perawatan Kulit Wajah dan Tubuh Tak Perlu Mahal, Pakai Air Garam Saja

Sunblock

Lalu, apa perbedaan sunscreen dan sunblock? Sunblock sendiri berfungsi untuk memantulkan sekaligus menangkal masuknya cahaya matahari ke bagian kulit.

Jadi sunblock ini bisa dikatakan sebagai sunscreen namun lebih fisikal. Karena biasanya sunscreen memiliki kandungan lebih encer ketimbang sunblock.

Bagi sebagian orang, kandungan dalam sunscreen biasa menimbulkan alergi. Oleh sebab itu, kita lebih aman jika menggunakan sunblock.

Perbedaan sunscreen dan sunblock sebenarnya tidak banyak. Keduanya sama-sama merupakan lotion untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari.

Baca Juga : Cara Meratakan Warna Kulit Sekaligus Memperbaiki Teksturnya

Pastikan Angka SPF

Hal paling penting buat kamu yaitu saat memilihnya. Sebelum membeli, kamu harus melihat dulu apakah lotion yang mau kamu pakai itu sudah memiliki perlindungan UVA, UVB atau tidak.

Selain itu, kamu juga harus memastikan dulu angka SPF yang ada dalam lotion cukup tinggi, yakni lebih dari 30 dan tahan air.

Pastikan pula kamu akan memakainya setiap hari guna menjaga kesehatan serta keremajaan kulit. Pasalnya, tabir surya penting untuk kamu gunakan sebagai upaya mencegah munculnya dampak buruk akibat paparan sinar matahari.

Itulah perbedaan sunscreen dan sunblock. Jadi, sekarang kamu jangan sampai salah pilih lagi. Sesuaikan dengan apa yang kamu butuhkan untuk merawat kulit agar tetap sehat. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -