Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita BisnisPerbedaan Capital Gain dan Dividen dari Beberapa Sudut dalam Investasi

Perbedaan Capital Gain dan Dividen dari Beberapa Sudut dalam Investasi

Perbedaan capital gain dan dividen perlu investor ketahui. Sebab keduanya merupakan sumber keuntungan yang bisa investor dapatkan. Untuk secara umum tentu keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Mulai dari segi periode, perhitungan, hingga cara mendapatkannya. Pada dunia investasi ada banyak sekali istilah penting untuk dipelajari. Apalagi bagi investor pemula.

Ada baiknya cari tahu hal-hal yang berkaitan dengan dunia investasi. Termasuk kedua istilah tersebut.

Baca Juga: Net Buy dan Net Sell Saham Membantu Memaksimalkan dalam Analisa

Apa Perbedaan Capital Gain dan Dividen

Dalam dunia investasi saham ada yang namanya keuntungan dan kerugian. Semua dapat investor alami. Jika berbicara akan hal ini, tentu bersangkutan dengan keduanya.

Keduanya sama-sama bisa menghasilkan keuntungan. Meski demikian, ada perbedaan antara keduanya. Agar lebih jelas, ada baiknya tahu pengertian dari dividen dan capital gain.

Bagi Anda investor pemula, bisa tahu tentang perbedaan keduanya. Dividen itu sendiri adalah pembayaran yang perusahaan bayarkan dari keuntungan yang ada.

Keuntungan tersebut juga sengaja investor berikan. Sedangkan untuk capital gain itu sendiri keuntungan yang terealisasikan saat penjualan saham dengan harga tinggi jika banding dari harga belinya terlebih dulu.

Dari pengertiannya pun sudah berbeda, ada baiknya jika Anda juga tahu dari segi perbedaannya.

Baca Juga: Saham Batu Bara Melonjak, Buah dari Kebijakan Ekspor Pemerintah?

Sifat Pendapatan

Jika Anda lihat dari waktu perolehan, tentu ada perbedaan antara dividen dan capital gain. Untuk dividen sendiri sifat pendapatannya pasif. Sedangkan untuk capital gain aktif.

Dividen cenderung pasif karena investor tidak sering melakukan trading. Sehingga pendapatannya hanya dari laba yang perusahaan bagikan.

Berbeda dengan capital gain, akibat keaktifan investor dalam trading. Untuk dapat memperoleh keuntungan besar, investor harus terus aktif.

Waktu Perolehan

Perbedaan dividen dengan capital gain selanjutnya dapat terlihat dari waktu perolehan. Untuk dividen sendiri biasanya baru bisa investor dapatkan setahun sekali.

Besarnya pendapatan tersebut ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham. Capital gain akan membagikan hasil dengan jangka waktu yang tidak ada batasan.

Capital gain bisa Anda peroleh sewaktu-waktu saat investor menjual saham kala harga mengalami kenaikan.

Baca Juga: Budidaya Jahe Merah Hasil Melimpah Kualitas Baik, Ini Cara Mudahnya

Sumber Perolehan

Sebenarnya dividen dan capital gain memang dua hal yang tidak sama, meski keduanya mendapatkan keuntungan. Apalagi dari sumber perolehannya, dividen menjadi hak untuk para investor.

Namun untuk pembagiannya tidak bersifat mutlak. Sehingga pembagian tersebut bisa diberikan atau tidak sesuai kebijakan perusahaan.

Dividen akan didapatkan dari laba perusahan. Sedangkan untuk capital gain dari keuntungan atas selisih harga jual saham. Harga tersebut bisa saja mengalami kenaikan atau bahkan penurunan.

Keuntungan dari selisih antara harga jual dan beli inilah yang namanya dengan capital gain. Jika dilihat secara jelas, perbedaan dividen dan capital gain akan tampak. Hanya saja, keduanya merupakan dua hal yang sama. (R10/HR-Online)

- Advertisment -