Senin, Mei 16, 2022
BerandaTeknologiAplikasiPerbedaan Facebook dan Facebook Lite, Apa Saja?

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite, Apa Saja?

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite perlu Anda ketahui. Beberapa aplikasi tersedia dalam dua macam bentuk, yaitu versi asli dan versi lebih ringan atau lite.

Aplikasi versi lite ini berguna bagi Anda yang tidak memiliki ruang penyimpanan ponsel cukup banyak.

Tidak hanya dapat mengurangi ruang penyimpanan di ponsel. Aplikasi versi lite ini juga dapat mengurangi penggunaan data. Hal ini karena beberapa fiturnya tampak berkurang.

Facebook memiliki versi lainnya yang menawarkan sejumlah fitur berbeda dari Facebook asli. Facebook termasuk salah satu aplikasi yang menghadirkan versi lite. 

Saat ini Facebook menjadi aplikasi sosial media yang banyak digunakan di dunia. Pengguna aktif bulanan telah mencapai 2,6 miliar per Desember 2021.

Baca Juga: Menambah Lokasi Baru Instagram Melalui Facebook, Mudah Dilakukan!

Inilah Perbedaan Facebook dan Facebook Lite

Meta menjadi perusahaan induk telah menghadirkan layanan media sosial versi lebih ringan. Versi lite berguna untuk semakin menjangkau banyak kalangan. Berikut ini perbedaan Facebook asli dengan versi lite.

Ukuran File

Facebook Lite adalah aplikasi yang dirancang untuk HP dengan spesifikasi rendah. Bahkan kualitas jaringan internetnya juga rendah.

Versi Lite ini hanya memerlukan ruang penyimpanan internal kurang dari 10 MB. Berbeda dengan versi asli, terpantau pada App Store ukuran filenya mencapai lebih dari 200 MB.

Baca Juga: Cara Menyimpan Video dari Facebook Dengan atau Tanpa Aplikasi

Tampilan Sederhana

Pada aplikasi versi lebih ringan tampak cukup sederhana. Antarmuka (UI) versi Lite tersebut didesain agar dapat berjalan untuk seluruh perangkat dengan berbagai spesifikasinya.

Versi lite juga tidak mendukung banyaknya animasi atau efek, sehingga HP dengan spesifikasi rendah dapat membukanya secara lancar.

Fitur Aplikasi

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite lainnya terdapat pada fitur aplikasi. Facebook versi asli memiliki seluruh fitur untuk berbagai macam kepentingan.

Sedangkan pada versi lite, fitur aplikasi tidak tersedia seluruhnya. Namun hanya beberapa fitur utama saja yang tampak hadir pada versi lite.

Foto dan Video Tidak Muncul

Versi lite juga terdapat fitur untuk tidak menampilkan tinjauan gambar atau videonya dengan resolusi tinggi.

Berbeda pada versi asli, akan tetap menampilkan tinjauan gambar atau videonya. Adanya fitur tersebut, versi lite tidak memerlukan banyak paket internet Anda.

Jaringan Internet

Facebook Lite dapat berjalan lancar, meski hanya menggunakan jaringan 2G. Sedangkan pada versi asli harus menggunakan jaringan 4G.

Apabila Anda akan menggunakan versi lite, maka dapat mengunduhnya melalui Google Play Store.

Untuk semua HP berbasis sistem operasi (OS) Android, dapat mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut. Namun untuk iPhone, versi lite tidak tersedia di semua wilayah.

Baca Juga: Facebook Resmi Ganti Nama Menjadi Meta, Begini Kata Mark Zuckerberg!

Penggunaan Daya Baterai

Facebook versi asli memerlukan lebih banyak daya baterai daripada versi lebih ringan. Sehingga, versi  lite sangat tepat bagi Anda yang memiliki masalah dengan daya baterai ponsel.

Banyaknya perbedaan Facebook dan Facebook Lite perlu Anda ketahui. Sehingga dapat mempertimbangkan Facebook mana yang akan Anda gunakan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -