Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Hair Oil dan Hair Serum, Jangan Salah!

Perbedaan Hair Oil dan Hair Serum, Jangan Salah!

Ada beberapa produk perawatan rambut yang bisa kita gunakan di rumah. Agar tidak tertukar, simak terlebih dulu perbedaan hair oil dan hair serum.

Meski sama-sama merawat rambut, keduanya memiliki cara kerja dan penggunaan yang berbeda.

Rambut adalah bagian tubuh yang butuh perawatan. Setiap hari, rambut harus berhadapan dengan sinar matahari, debu, dan polusi udara bahkan peralatan styling. Produk-produk hair styling juga bisa membuat rambut menjadi kering dan kusam.

Tak hanya itu, rambut juga merupakan aset berharga bagi pria dan wanita. Kondisi dan tatanan rambut sangat berpengaruh pada keseluruhan penampilan.

Baca Juga: Body Lotion Wangi Tahan Lama, Kulit Cerah dan Lembab

Walaupun punya segudang aktivitas, kamu tetap perlu merawat rambut agar tetap good looking. Berikut perbedaan dua produk perawatan rambut yang perlu kamu perhatikan.

Ini Perbedaan Hair Oil dan Hair Serum

Untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut, kedua produk hair care ini sama-sama berpengaruh. Akan tetapi, keduanya memiliki ciri-ciri berbeda dan hasil yang tidak sama.

Tekstur Berbeda

Perbedaan hair oil dan hair serum bisa kita lihat dari teksturnya. Hair oil memiliki tekstur yang kental seperti minyak.

Tidak perlu khawatir rambut menjadi lengket, karena jenis minyak pada hair oil ini berasal dari ekstrak biji-bijian dan tumbuhan yang sangat ringan. Jenis hair oil yang populer salah satunya minyak biji bunga matahari.

Sementara itu, hair serum punya tekstur yang lebih cair. Hair serum merupakan cairan konsentrat yang mengandung banyak nutrisi untuk rambut, sehingga ia bisa menyerap ke setiap helai lapisan. Kandungan yang terdapat dalam serum rambut antara lain vitamin B, vitamin B, Zinc, dan keratin.

Manfaat dan Fungsinya

Karena hair oil mengandung jenis minyak baik, ia dapat menutrisi dan menjaga kelembaban rambut serta kulit kepala. Saat rambut kekurangan nutrisi, ia akan menjadi rapuh dan mudah rontok. Oleh karena itu, rambut butuh hair oil agar tetap sehat dan berkilau.

Namun, hair serum memiliki fungsi yang berbeda. Teksturnya yang cair membuat produk ini dapat melindungi rambut dari panas hair dryer atau alat styling. Formula inilah yang merupakan salah satu perbedaan hair oil dan hair serum.

Baca Juga: Serum Lokal dengan Centella Asiatica, Aman untuk Kulit Sensitif

Menggunakan hair serum bisa mencegah kerusakan yang disebabkan catok rambut. Pemakaian catok rambut memang cukup efektif dalam meluruskan atau merapikan rambutmu, apalagi penampilan bisa mempengaruhi mood.

Pastikan kamu memilih jenis catok rambut terbaik agar tidak memicu rambut bercabang.

Cara Pemakaian

Perbedaan hair oil dan hair serum juga terletak pada cara pemakaian. Hair oil atau minyak rambut sebaiknya dipakai sebelum keramas.

Oleskan hair oil pada kulit kepala, pijat perlahan-lahan menggunakan jari. Cara ini membantu hair oil menutrisi kulit kepala agar tidak kering dan mencegah ketombe.

Setelah itu, gunakan hair oil pada bagian batang hingga ujung rambut. Pastikan setiap helai rambut mendapatkan hair oil secara merata. Untuk memudahkan, kamu bisa memakai sisir kayu bergigi jarang.

Sedangkan untuk hair serum, sebaiknya dipakai sesudah keramas, terutama saat rambut setengah kering.

Bagi kamu yang suka memakai alat pengering, gunakan pada bagian pangkal hingga ke batang rambut. Biarkan bagian ujung rambut kering secara alami.

Usapkan serum rambut dari batang hingga ke ujung. Karena hair serum punya tekstur yang lebih cair, maka akan lebih cepat meresap.

Perbedaan hair oil dan hair serum ini terletak pada urutan pemakaian. Hair oil dipakai sebelum keramas. Sedangkan hair serum akan lebih efektif sesudahnya.

Cara Penyimpanan

Kedua produk ini biasanya menggunakan botol kaca gelap yang kedap udara. Oleh karena itu, simpan hair oil dan hair serum di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

Baca Juga: Produk Kecantikan yang Mengandung Kopi, Cerahkan Kulit Kusam

Usahakan untuk tidak membiarkan tutup botol terbuka dalam waktu lama, agar tidak terkontaminasi bakteri.

Apabila isi produk sudah mengalami perubahan dari segi warna dan tekstur, hentikan pemakaian agar tidak terjadi iritasi pada kulit kepala.

Setelah mengetahui perbedaan hair oil dan hair serum, akan lebih mudah bagi kamu untuk lebih memperhatikan kondisi rambut. Kesehatan dan keindahan rambut yang terjaga akan membuat penampilan jadi lebih baik. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -