Selasa, Januari 25, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Tengkorak Pria dan Wanita Menurut Medis

Perbedaan Tengkorak Pria dan Wanita Menurut Medis

Perbedaan tengkorak pria dan wanita nyata adanya. Beberapa perbedaannya antara lain di ukuran dan berat tengkorak.

Tengkorak adalah tulang pembentuk struktur kepala manusia. Fungsi dari tulang satu ini sangatlah penting karena menyangkut pusat kehidupan, otak.

Namun, siapa sangka bahwa tengkorak pada wanita dan pria memiliki perbedaan. Berikut pembahasannya.

Baca Juga: Fungsi Tulang Tengkorak, Kenali Lebih Dalam Si Pelindung Otak

Inilah Perbedaan Tengkorak Pria dan Wanita

Tulang tengkorak pada dasarnya berguna sebagai tempat untuk melekatkan otot wajah dan melindungi organ otak. Terdapat dua bagian pada tengkorak, yaitu neurocranium dan viscerocranium.

Neurocranium adalah tulang yang mengelilingi otak. Sedangkan viscerocranium adalah bagian yang menyusun tulang wajah.

Untuk jumlahnya sendiri, tulang tengkorak manusia terdiri dari 22 susunan tulang. Mandibula atau rahang bawah menjadi satu-satunya bagian tengkorak yang dapat bergerak bebas.

Dari fungsi dan jumlah pembentuknya mungkin baik wanita dan pria memiliki tengkorak yang sama. Akan tetapi, juga memiliki perbedaan di tulang tengkoraknya.

Pria memiliki tengkorak yang jauh lebih berat daripada milik wanita. Wanita memiliki tengkorak dari depan ke belakang dengan rata-rata 171 milimeter dan 140 milimeter dari sisi kiri ke kanan.

Di sisi lain, ukuran tengkorak pria cenderung lebih besar, yaitu 176 milimeter dari depan ke belakang dan 145 milimeter dari kiri ke kanan. Meski begitu, ternyata wanita memiliki tengkorak yang lebih tebal.

Jika tebal tulang tengkorak pada pria rata-rata hanya 6,5 milimeter, maka wanita memiliki rata-rata ketebalan tulang tengkorak mencapai 7,1 milimeter.

Hal tersebut dibuktikan lewat penelitian di Rumah Sakit Pusat Tianjin Keempat. Pada penelitian tersebut mereka menggunakan pemindai kepala canggih sebagai alat.

Baca Juga: Fosil Aneh di Peru, Rongga Mata di Tengkorak Memanjang

Data-data yang dihasilkan menyebut bahwa perbedaan tengkorak pria dan wanita berada di karakteristiknya. Selain ukurannya, ada beberapa perbedaan lainnya, yaitu sebagai berikut:

  • Pria memiliki tulang dahi yang agak miring serta surut. Sedangkan wanita memiliki dahi lebih vertikal.
  • Kubah tengkorak pria lebih bulat dan wanita memiliki bentuk pipih.
  • Lempeng tipani wanita lebih kecil dan kurang bulat. Sedangkan pada pria lebih besar dan bulat.

Apa Penyebabnya?

Pada dasarnya, tulang yang menopang tubuh wanita dan pria memang memiliki perbedaan. Hal tersebut tentunya berhubungan dengan fungsi tulangnya.

Baca Juga: Contoh Tulang Keras, Fungsi, Pengertian dan Ciri-cirinya

Perbedaan struktur tulang tersebut bisa terjadi karena adanya perbedaan waktu perkembangan tulang. Pada wanita, perkembangan tulang di dalam tubuh terjadi cenderung lebih cepat dari pria.

Wanita sudah mengalami perkembangan tulang secara lengkap pada usia 18 tahun. Sedangkan untuk pria, mereka membutuhkan waktu hingga usia 21 tahun untuk tumbuh secara sempurna.

Wanita juga cenderung memiliki tulang yang lebih kecil dan halus. Karena itulah, tulang pada pria umumnya lebih berat dan besar daripada milik wanita.

Dengan mengetahui perbedaan tengkorak pria dan wanita, maka para ahli juga akan meneliti apakah perbedaan tersebut berpengaruh terhadap benturan.

Tujuannya adalah untuk bisa menciptakan vehicle safety yang lebih sesuai sehingga dapat memberikan keamanan ekstra. (R10/HR-Online)

- Advertisment -