Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita PangandaranPetani Ikan di Langkaplancar Pangandaran Sukses Budidaya Ikan Bawal

Petani Ikan di Langkaplancar Pangandaran Sukses Budidaya Ikan Bawal

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Petani ikan di Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, sukses budidaya ikan bawal merah air tawar.

Nano salah seorang petani ikan mengatakan, selama ini para petani ikan di wilayah Langkaplancar mendapatkan benih ikan bawal dari luar wilayah, yaitu dari Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya.

“Sebelumnya di sini belum ada yang sukses membudidayakan ikan jenis ini, jadi selalu memasok dari luar daerah,” ujar Nano Senin (31/1/2022).

Baca juga: Duh, Warga Pangandaran Jadi Korban Kerusuhan di Sorong Papua

Lanjutnya, budidaya ikan bawal merah ini merupakan percobaan yang pertama kalinya.

“Namun alhamdulilah sukses, semua telur ikan menetas dan tumbuh sehat, meski hanya memakai media ember dan jerigen,” katanya.

Nano berharap, kedepan tidak ada lagi warga Langkaplancar yang kesulitan untuk mendapatkan benih ikan jenis bawal merah.

Jika di wilayah Langkaplancar persediaan pembenihan sudah banyak, Nano yakin masyarakat atau para petani ikan di wilayah Langkaplancar tidak akan ada lagi yang memasok dari luar daerah.

“Keunggulan memelihara ikan jenis bawal merah air tawar adalah lebih cepat besar, tahan terhadap penyakit dan pasarnya gampang, karena hampir semua orang suka ikan jenis bawal ini,” pungkas petani ikan asal Langkaplancar ini. (Enceng/R8/HR Online/Editor Jujang)