Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TasikmalayaPohon Besar Roboh Timpa 3 Mobil di Alun-alun Singaparna Tasikmalaya

Pohon Besar Roboh Timpa 3 Mobil di Alun-alun Singaparna Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Sebuah pohon Tangongo berukuran besar di Alun-alun Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, roboh pada Jumat pagi (14/1/2022).

Pohon besar yang tumbang karena diduga lapuk termakan usia tersebut, juga menimpa 3 kendaraan yang sedang parkir serta melintas di jalan itu.

Ketiga kendaraan tersebut antara lain 2 angkutan kota yang tengah parkir, dan 1 truk yang tengah melintas.

Sontak, pohon besar yang roboh secara mendadak itu menimbulkan kepanikan. Terutama untuk pengemudi serta penumpang angkutan kota.

Beruntung korban selamat tanpa luka sedikitpun, hanya alami shock. Sedangkan 2 angkutan kota juga tidak penyok, karena batang pohon tertahan oleh truk kontainer.

Wakil Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Ayatullah mengatakan, kemungkinan pohon tumbang karena sudah lapuk usia.

“Pohon yang tumbang ini usianya 20 tahun lebih. Warga juga udah minta berkali-kali untuk memangkas untuk memotong pohon ini,” katanya kepada HR Online di lokasi, Jumat (14/1/2022).

Sementara Kasat Lantas Polres Tasikmalaya, AKP Ryan Faisal menambahkan, proses evakuasi pohon besar yang roboh tersebut melibatkan kepolisian serta Tagana Kabupaten Tasikmalaya.

“Sedangkan untuk memotong batang dan ranting pohon menggunakan gergaji mesin,” ucapnya.

Akibat pohon tumbang, arus lalu lintas jalur provinsi penghubung Tasikmalaya dengan Garut sempat tersendat. Sehingga, pihak kepolisian terpaksa melakukan pengalihan arus lalu lintas agar tidak macet parah.

“Kejadian terjadi saat jam ramai, atau sekitar pukul delapan lebih. Jadi sempat hambat arus lalu lintas, sehingga kami alihkan ke jalur alternatif. Tapi sekarang sudah lancar lagi setelah kami evakuasi pohonnya,” ujarnya. (Apip/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -