Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita TasikmalayaPohon Raksasa di Tasikmalaya Tumbang Timpa Odong-odong

Pohon Raksasa di Tasikmalaya Tumbang Timpa Odong-odong

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Sebuah pohon raksasa di Tasikmalaya, Jawa Barat, tumbang menimpa mobil odong-odong yang tengah melintas di Jalan Ibrahim Haji, Minggu (09/01/2022) sore.

Pohon jenis angsana berukuran besar yang tumbang itu berusia sekitar 30 tahunan. Beruntung, saat kejadian kendaraan odong-odong sedang tidak ada penumpang, hanya sopirnya saja.

Meski sempat jalan untuk meminta pertolongan, namun sopir odong-odong bernama Solihin (37) itu akhirnya jatuh pingsan di rumah warga.

Solihin langsung dibawa warga menuju ke RSUD dr. Sukarjo, Kota Tasikmalaya, karena mengalami luka berat.

Petugas BPBD Kota Tasikmalaya, Polisi, TNI dan warga berupaya mengevakuasi pohon raksasa yang tumbang usai hujan deras dan angin kencang.

Agus Farid, salah seorang warga yang sempat menolong korban mengatakan, pohon raksasa tumbang itu tumbang saat hujan besar dan angin kencang sekitar jam 15:00 WIB.

Pada waktu kejadian kondisi jalanan lagi banjir. Sedangkan, mobil tayo atau odong-odong itu posisinya sedang melaju sangat pelan. Tiba-tiba pohon itu langsung tumbang menimpa mobil odong-odong.

“Supirnya langsung lari ke depan rumah saya dalam kondisi kepala terluka dan tak berselang lama langsung pingsan. Karena memang tertimpa atap mobil. Tadi cuma satu orang supirnya saja, dan saat pingsan langsung datang ambulans membawanya ke rumah sakit,” terang Agus kepada HR Online.

Baca Juga : Banjir di Wilayah Kota Tasikmalaya Akibat Drainase Kecil

Sebelum Tumbang Kondisi Pohon Raksasa Sudah Miring

Ia juga mengatakan, pada saat kejadian kondisi jalan sedang sepi. Selain itu, pohon angsana berukuran besar yang tumbang itu memang dari awalnya sudah miring.

Menurut Agus, selain akibat angin kencang, kondisi tanah yang menahan pohon raksasa itu sudah mengecil karena terhimpit trotoar jalan. Usia pohon pun sudah sekitar 30 tahunan.

Sementara itu, Yano Ibnur, petugas BPBD Kota Tasikmalaya mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari warga mengenai adanya pohon raksasa di Tasikmalaya yang tumbang menimpa mobil odong-odong.

“Setelah mendapat laporan tersebut, kami langsung menuju ke TKP. Benar saja pohon tersebut tumbang menimpa mobil odong-odong. Tidak ada korban jiwa, hanya saja sopir mobil ini mengalami luka berat sehingga dilarikan ke rumah sakit,” terangnya.

Yano menambahkan, pada saat evakuasi, petugas BPBD terkendala oleh mesin pemotong lantaran ukuran pohonnya besar sekali.

“Karena pohon yang tumbang ini berada di jalan nasional, sehingga harus buru-buru memotongnya agar arus lalu lintas kendaraan bisa normal kembali,” pungkasnya. (Apip/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -